Meningkatkan Kemampuan Membaca Melalui media dan Permainan Wayang pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di SDN Jemirahan Jabon

Authors

  • Erni Nur Layly Alfiani UNUSA
  • Kaiyan
  • Sukron Djazilan
  • Safaatun

Keywords:

meningkatkan kemampuan membaca

Abstract

Kemampuan merupakan modal awal siswa untuk menggali ilmu pengetahuan yang akan
dikembangkan dalam pendidikan selanjutnya. Untuk menciptakan pembelajaran yang aktif dalam kegiatan
membaca perlu melibatkan siswa secara aktif dalam belajar, suasana belajar yang menyenangkan serta
penggunaan media yang tepat. Tujuan dari tindakan ini adalah, a). ingin mengetahui penerapan media dan
permainan wayang dalam meningkatkan kemampuan membaca pada mata pelajaran bahasa Indonesia, b).
ingin mengetahui kemampuan membaca pada mata pelajaran bahasa Indonesia, setelah menggunakan
media dan permainan wayang ?. Penelitian ini mnggunakan penelitian tindakan sebanyak dua putaran.
Setiap putaran melalui tahap perencanaan,pelaksanaan,pengamatan dan refleksi: sasaran penelitian ini
adalah siswa kelas 1 SDN Jemirahan kecamatan Jabon, data diperoleh dari hasil tes formatif dan lembar
observasi kegiatan belajar mengajar. Dari analisis diperoleh peningkatan kemampuan membaca dari siklus
I sampai siklus II, ketuntasan kemampuan membaca siswa pada siklus I (70,27%) dan siklus II (97,14%),
peningkatan mencapai 26,87%. Simpulan dari penelitian ini adalah penggunaaan media dan permainan
wayang dapat meningkatkan kemampuan membaca siswa kelas 1 SDN Jemirahan kecamatan Jabon serta
dapat digunakan sebagai salah satu alternative pembelajaran bahasa Indonesia yang menyenangkan.

References

Ii, B. A. B. (1994). Amir Mertosedono, Sejarah Wayang, Asal-Usul, Jenis dan Cirinya (Semarang; Dahara Prize,

, hal . 28 12. 12–42.

Ii, B. A. B., & Belajar, P. (2022). kerangka Teoritis. 7–25.

Maliasih, Hartono, & Nurani, P. (2017). Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Kognitif Melalui

Metode Teams Games Tournaments dengan Strategi Peta Konsep Pada Siswa SMA. Jurnal Profesi Keguruan,

(2), 222–226.

Ramli AR, M. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Menurut Konsep Teknologi Pembelajaran. Journal of

Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.

Santoso, I. (2008). Hakikat Keterampilan Membaca Teks Bahasa Jerman. Pelatihan Penyusunan Modul Keterampilan

Membaca Di SMA Bagi Guru Bahasa Jerman Se DIY Dan Jawa Tengah, 9.

http://staffnew.uny.ac.id/upload/132238393/pengabdian/Hakikat+Keterampilan+Membaca+Teks+Bahasa+Jerma

n.pdf

Wahyuni, S. (2015). Menumbuh. Diksi, 17(1), 179–189.

https://journal.uny.ac.id/index.php/diksi/article/viewFile/6617/5677

Downloads

Published

2023-11-30

How to Cite

Erni Nur Layly Alfiani, Kaiyan, Sukron Djazilan, & Safaatun. (2023). Meningkatkan Kemampuan Membaca Melalui media dan Permainan Wayang pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di SDN Jemirahan Jabon. PROSIDING NATIONAL CONFERENCE FOR UMMAH, 2(2), 210–215. Retrieved from https://conferences.unusa.ac.id/index.php/NCU2020/article/view/1176