Peningkatan Hasil Belajar IPAS Materi Wujud Zat melalui Pendekatan Kontekstual pada Siswa Kelas IV SDN Jemirahan

Authors

  • MUHAMMAD BAHARUDIN ADENAN UNIVERSITAS NAHDLATUL ULAMA SURABAYA
  • M. Syukron Djazilan
  • Kaiyan
  • Safaatun

Keywords:

pendekatan kontektual, hasil belajar, ilmu pengetahuan alam dan social (IPAS)

Abstract

Penelitian memuat mengenai bertujuan untuk mengetahui dampak pendekatan kontektual
terhadap hasil belajar siswa bila di terapkan kedalam pembelajaran ilmu pengetahuan alam dan sosial atau
IPAS. Tujuan penelitian ini rumuskan karena adanya kasus masih adanya peserta didik yang memiliki hasil
belajar yang rendah pada kelas IV di SDN Jemirahan. Maka peneliti mencoba menerapkan pembelajaran
yang menggunakan pendekatan kontektual. Penelitian ini menggunakan metode penelitian yakni penelitian
tindakan kelas. Metode ini menerapkan teori kurt lewin sebagai pedoman dalam melaksanakan penelitian
tindakan kelas. Hasil penelitian ini menunjukkan hasil belajar peserta didik mengalami peningkatan dalam
aspek pengetahuan, keterampilan dan afektif bila menggunakan pendekatan kontektual dari pada hasil
belajar sebelumnya. Adanya hasil penelitian ini membuat peneliti menyimpulkan bahwasannya
pendekatan kontektual dapat meningkatkan hasil belajar IPAS materi wujud zat dikelas IV SDN
Jemirahan.

References

Alimuddin, J. (2023). IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DI SEKOLAH DASAR IMPLEMENTATION OF KURIKULUM MERDEKA IN ELEMENTARY. 4(02), 67–75.

Anjelia Wulandari. (2022). PENGEMBANGAN MODUL IPA MUATAN PERUBAHAN ENERGI BERBASIS PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) PADA SISWA KELAS III SD NEGERI 117 PALEMBANG. 2(3), 1084–1088.

Arhalifi, Witarsa, R., & Nurmalina. (2023). Analisis Pembelajaran Jaring Bangun 3 Dimensi pada Siswa Kelas 5 Sekolah Dasar. Journal of Education Research, 4(1), 171–177.

Dasi, N. L. K., & Putra, S. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran E-Komik Berbasis Pendekatan Kontekstual Pada Materi Perubahan Wujud Benda Muatan IPA Kelas V SD. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(3), 354. https://core.ac.uk/download/pdf/322599509.pdf

Machali, I. (2022). Bagaimana Melakukan Penelitian Tindakan Kelas Bagi Guru ? 1(2).

Muharam, A., Mustikaati, W., Wulandari, A., Nurbaiti, N., & Prabowo, S. A. (2023). Implementasi Pendekatan Pembelajaran Kontekstual dan Konstruktivisme pada Kelas VI SDIT Cendekia. Journal on Education, 5(2), 1820–1825. https://doi.org/10.31004/joe.v5i2.822

Rahayu, D., & Iswati, D. (2022). PENGARUH PENDEKATAN KONTEKSTUAL TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN DESKRIPSI SISWA KELAS V SD INPRES 33 KABUPATEN SORONG. Frasa, 3(1), 48–58.

Tanalinal Khasna, F., Amelia Ramadhaniyah Ahmad, R., & Nuriyah. (2022). Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Melalui Metode Eksperimen Dengan Pendekatan Kontekstual Di Kelas Ii Sd Kota Kupang Tahun Ajaran 2021/2022. Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata, 3(2), 353–358. https://doi.org/10.51494/jpdf.v3i2.782

Wicaksono, A. G., Jumanto, J., & Irmade, O. (2020). Pengembangan media komik komsa materi rangka pada pembelajaran IPA di sekolah dasar. Premiere Educandum : Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, 10(2), 215. https://doi.org/10.25273/pe.v10i2.6384

Widiastuti, N. L. G. K., & Priantini, D. A. M. M. O. (2022). Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Kontekstual pada Muatan Pelajaran IPA. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 5(1), 147–160. https://doi.org/10.23887/jippg.v5i1.45530

Downloads

Published

2023-11-30

How to Cite

MUHAMMAD BAHARUDIN ADENAN, M. Syukron Djazilan, Kaiyan, & Safaatun. (2023). Peningkatan Hasil Belajar IPAS Materi Wujud Zat melalui Pendekatan Kontekstual pada Siswa Kelas IV SDN Jemirahan. PROSIDING NATIONAL CONFERENCE FOR UMMAH, 2(2), 133–140. Retrieved from https://conferences.unusa.ac.id/index.php/NCU2020/article/view/1161