Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Simetri Lipat dan Simetri Putar pada Peserta Didik Kelas III SDN Kalirungkut I/264 Surabaya

Authors

  • Siti Yunita Yunita Unusa
  • Suharmono Kasiyun
  • Yuni Purwanti
  • Emy Rochmawati Masturiyaningsih

Keywords:

Model Pembelajaran Kooperatif tipe Make A Match, Simetri lipat dan simetri putar, hasil belajar matematika

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran
matematika materi simetri lipat dan simetri putar di kelas III SDN Kalirungkut I/264 Surabaya dengen
penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Make A Match. Penelitian ini merupakan Penelitian
Tindakan Kelas (PTK) dengan terdapat dua siklus di dalamnya. Tahap pada penelitian ini adalah
perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Penelitian ini memiliki subjek peserta didik kelas III-A
SDN Kalirungkut I/264 Surabaya yang berjumlah 31 peserta didik. Tehnik analisis data pada penelitian ini
adalah kuantitatif untuk menganalisis tes hasil belajar peserta didik. Pada penelitian ini peserta didik
mengalami peningkatan persentase peserta didik yang tuntas pada siklus I mencapai angka 57,14% dan
pada siklus II sebesar 80,00%. Hal ini membuktikan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe
Make A Match pada materi simetri lipat dan simetri putar pada pembelajaran matematika materi simetri
lipat dan simetri putar sudah cukup efektif.

References

Fauhah, H., & Rosy, B. (2020). Analisis Model Pembelajaran Make A Match Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 9(2), 321–334. https://doi.org/10.26740/jpap.v9n2.p321-334

Ferdiana, V., & Mulyatna, F. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Match terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa. Prosiding Seminar Nasional Sains, 1(1), 442–446. http://www.proceeding.unindra.ac.id/index.php/sinasis/article/view/4079

I Putu Ade, dkk. (2022). Panduan Lengkap Penelitian Tindakan Kelas (PTK) (Pertama). Deepublish Publisher. https://www.google.com.lb/books/edition/Panduan_Lengkap_Penelitian_Tindakan_Kela/5RF2EAAAQBAJ?hl=id&gbpv=1&dq=video+adalah&pg=PA74&printsec=frontcover

Meilani, D., & Aiman, U. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Make a Match Berbasis 4C Berbantuan Media Kartu Bilangan Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 4146–4151.

Purnomo, C. (2021). Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Match Untuk Meningkatkan Hasil Belajar. Journal of Education and Religious Studies, 1(02), 53–57. https://doi.org/10.57060/jers.v1i02.22

Riana, N. K. I., Tegeh, I. M., & Pudjawan, K. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Make A Match dengan Berbantuan Media Kartu Berpasangan Terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 4(3), 388. https://doi.org/10.23887/jppp.v4i3.27425

Wulandari, K. E., Suarni, K., & Renda, N. T. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Make A Match Berbasis Penilaian Portofolio Terhadap Hasil Belajar IPA. Journal of Education Action Research, 2(3), 240–248.

Downloads

Published

2023-11-30

How to Cite

Yunita, S. Y., Suharmono Kasiyun, Yuni Purwanti, & Emy Rochmawati Masturiyaningsih. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Simetri Lipat dan Simetri Putar pada Peserta Didik Kelas III SDN Kalirungkut I/264 Surabaya . PROSIDING NATIONAL CONFERENCE FOR UMMAH, 2(2), 185–190. Retrieved from https://conferences.unusa.ac.id/index.php/NCU2020/article/view/1172