Peningkatan Hasil Belajar Matematika Siswa SD melalui Model Pembelajaran Berbasis Masalah Berbantuan Media Konkret

Authors

  • Elvira Putri Ayu Arimbi Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya
  • Suharmono Kasiyun
  • Nikmahatus Romadhona
  • Cholidah Machbul

Keywords:

Model Pembelajaran berbasis Masalah, Hasıl Belajar, Media Pembelajaran Konkret

Abstract

Konsep matematika yang sulit dipahami mengakibatkan objek matematika yang abstrak memerlukan media nyata untuk merepresentasikan materi pelajaran yang dipelajari. Berdasarkan kegiatan observasi yang dilangsungkan di SD Negeri Karangbong tepatnya pada kelas IV-B diketahui bila materi luas bangun datar pada pelajaran matematika memiliki hasil belajar yang rendah. Guna mengoptimalkan hasil belajar siswa pada materi matematika luas bangun datar, maka dalam studi ini diterapkan model pembelajaran berbasis masalah dengan bantuan media puzzle kubus. Penelitian tindakan kelas kolaboratif digunakan sebagai metode pada studi yang dijalankan. Observasi, tes, dan kuesioner adalah tiga teknik pengumpulan data yang diaplikasikan. Data penelitian dianalisis dengan teknik kuantitatif dan kualitatif. Nilai rata-rata kelas pada kegiatan pembelajaran pra siklus yaitu 46,84. Setelah mendapat perlakuan, terjadi kenaikan nilai rata-rata kelas yakni menjadi 70. Secara khusus, nilai rata-rata naik menjadi 85,78 pada siklus dua. Penelitian tindakan kelas ini dianggap berhasil karena mampu untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa. Kondisi tersebut terbukti melalui presentase keberhasilan pada siklus satu yang mencapai 68,42% dari 19 peserta didik yang ada di kelas. Sedangkan pada siklus dua presentase keberhasilan meningkat hingga mencapai 94,73% dari jumlah keseluruhan peserta didik yang ada di kelas.

References

Dharmawan, B., Sulasmono, B. S., & Setyaningtyas, E. W. (2019). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas 4 Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah. Jurnal Pendidikan Tambusai, 3(2), 773-779.

Firmansyah, D. (2021). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Materi Luas dan Keliling Bangun Datar Persegi dan Persegi Panjang melalui Pembelajaran Berbasis Masalah pada Siswa Kelas IV SDN 1 Baharu Selatan. CENDEKIA: JURNAL ILMIAH PENDIDIKAN, 9(2), 173-189.

Istiqaman, N., Nurmi. (2014). Penerapan Pembelajaran Konstruktivisme dengan Model Siklus Belajar 5E Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Fisika Kelas VII C SMP Negeri 4 Woha Tahun Pelajaran 2014/2015. Jurnal Pendidikan MIPA. 4(2). 2088-0294.

Kesumawati, N. (2008). Pemahaman Konsep Matematik dalam Pembelajaran Matematika. Semnas Matematika dan Pendidikan Matematika, 2(3), 231-234.

Malik, R. (2014). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Materi Luas Persegi dan Persegi Panjang Kelas III Sdn Jeruk II Surabaya (Doctoral dissertation, State University of Surabaya).

Nurrita, T. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal misykat, 3(1), 171-187.

Tafonao, Talizaro. (2018). Peran Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan. 2(2). 2549-1725. http://journal.univetbantara.ac.id/index.php/komdik/article/view/113/101

Trianto. (2007). Model-Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Downloads

Published

2023-06-15

How to Cite

Elvira Putri Ayu Arimbi, Suharmono Kasiyun, Nikmahatus Romadhona, & Cholidah Machbul. (2023). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Siswa SD melalui Model Pembelajaran Berbasis Masalah Berbantuan Media Konkret . PROSIDING NATIONAL CONFERENCE FOR UMMAH, 2(1), 97–102. Retrieved from https://conferences.unusa.ac.id/index.php/NCU2020/article/view/1103