Implementasi Nilai-Nilai Pancasila bagi Peserta Didik di Sekolah Dasar

Authors

  • Candra Mahardika Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya
  • Nafiah Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya

Keywords:

pendidikan, implementasi nilai-nilai pancasila, peserta didik

Abstract

Pendidikan merupakan suatu hal yang harus di dapat oleh setiap warga negara perkotaan sampai pelosok desa maupun pedalaman. Saat ini dalam menyambut era digitalisasi Indonesia harus sejak awal menanamkan nilai-nilai pancasila pada peserta didik agar faham tentang pancasila yang menjadi dasar negara kesatua republik Indonesia. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui implementasi nilai-nilai pancasila pada peserta didik di SD Negeri Sidosermo 1 Surabaya. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif yaitu metode yang menekankan pada makna, penalaran, definisi tertentu, dan menggambarkan apa adanya mengenai obyek yang di teliti. Pada teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data yang peneliti gunakan antara lain reduksi data yaitu pemilihan data yang penting. Penyajian data yaitu merangkai beberapa data menjadi satu dan memilihnya sesuai dengan yang di butuhkan. Penarikan kesimpulan yaitu mengumpulkan bukti yang ada kemudian di deskripsikan secara cermat dan sistematis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa SD Negeri Sidosermo 1 Surabaya dalam mengimplementasikan nilai-nilai pancasila yaitu melalui kegiatan pembelajaran agama, mata pelajaran Pkn dan mata pelajaran yang lainnya yaitu dengan mengajarkan serta menanamkan sila-sila pancasila dan pengimplementasinya dalam kegiatan di sekolah baik di dalam kelas maupun di luar kelas.

References

Asmaroini, Ambiro Puji. (2016). Implementasi Nilai-Nilai Pancasila Bagi Siswa Di Era Globalisasi. Citizenship Jurnal Pancasila Dan Kewarganegaraan, 4.2, 440 (https://doi.org/10.25273/citizenship.v4i2.1077).

Hidayat, Nur. (2015). Peran Dan Tantangan Pendidikan Agama Islam Di Era Global. El- Tarbawi, 8.2, 131–45 (https://doi.org/10.20885/tarbawi.vol8.iss2.art).

Judiani, Sri (2010). Implementasi Pendidikan Karakter Di Sekolah Dasar Melalui Penguatan Pelaksanaan Kurikulum. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 16.9, 280 (https://doi.org/10.24832/jpnk.v16i9.519).

Kalidjernih, Freddy K. (2019). Media Kajian Kewarganegaraan Terhadap Revitalisasi Pancasila. Jurnal Civics, 16.1, 103-10.

Mufaizin. (2016). Metode Pendidikan Islam Perspektif Hadits. Edupedia 3.1: 55- 66.

Maemunah. (2018). Kebijakan Pendidikan Pada Era Revolusi Industri 4.0. Lembaga Penelitian Dan Pendidikan (LPP) Mandala. September, 1-9.

Meria, Aziza. (2015). Model Pembelajaran Agama Islam Bagi Anak Tunagrahita Di SDLB YPPLB Padang Sumatera Barat. 11.2, 355–80.

Oktaviani Hidayat, Dewi, Inggi Eltariant, Rahmat Kevin Priyatna, and Sindi Agustina Fernanda. Implementasi Nilai-Nilai Pancasila Dalam Mencegah Degradasi Moral Terhadap Isu Sara Dan Hoax. Jurnal Rontal Keilmuan PKN, 1945.

Oktifuadi, Khoirrosyid. (2019). No Title No Title. Journal of Chemical Information and Modeling, 53.9, 1689–99 (https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004).

Wahyono, Imron. (2018). Implementasi Nilai-Nilai Pancasila Dalam Kegiatan Pembelajaran Di SDN 1 Sekarsuli. the Implementation of Pancasila’ S Values in Learning Activities in SDN 1.

Downloads

Published

2023-06-15

How to Cite

Mahardika, C., & Nafiah. (2023). Implementasi Nilai-Nilai Pancasila bagi Peserta Didik di Sekolah Dasar. PROSIDING NATIONAL CONFERENCE FOR UMMAH, 2(1), 552–557. Retrieved from https://conferences.unusa.ac.id/index.php/NCU2020/article/view/1157