Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik melalui Model Project Based Learning (PjBL) Kelas IV UPT SDN 166 Gresik

Authors

  • Ananda Lavida Rahmadia Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya
  • Nafiah Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya
  • Endang Retno Setyaningsih UPT SD Negeri 166 Gresik
  • Muh. Rois Ubadillah UPT SD Negeri 166 Gresik

Keywords:

Hasil Belajar, Model Pembelajaran, Project Based Learning (PjBL)

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas IV di UPT SDN 166 Gresik dengan penerapan model Project Based Learning (PjBL). Penelitian ini menggunakan metode tindakan kelas kolaboratif yang melibatkan 19 siswa, dan dilaksanakan dalam dua siklus. Data dikumpulkan melalui observasi dan dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Keberhasilan penelitian diukur berdasarkan peningkatan rata-rata nilai peserta didik dalam kelas dari siklus I dan II. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model PjBL secara positif mempengaruhi hasil belajar peserta didik di mana terjadi peningkatan rata-rata nilai peserta didik dari 60 pada pra siklus menjadi 68 pada siklus I dan 92 pada siklus II. Terjadi peningkatan signifikan dalam persentase pencapaian hasil belajar siswa dari 63,1% pada siklus pertama menjadi 100% pada siklus kedua, sehingga hipotesis penelitian dapat diterima. Dapat disimpulkan bahwa model PjBL merupakan alternatif model pembelajaran yang efektif dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik dan dapat digunakan oleh guru.

References

Alfiyah, Z. N., Hartatik, S., Nafiah, N., & Sunanto, S. (2021). Analisis Kesulitan Belajar Matematika Secara Daring Bagi Peserta didik Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 3158–3166. https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/1297

Chaerul Abas, Deni Darmawan, Akhmad Margana. 2017. “Pengaruh Aktivitas Blogging Dalam Model Pembelajaran Project Base Learning Terhadap Hasil Belajar Peserta didik.” Jurnal Teknologi Pembelajaran 2(2):278–88.

Dinda, N. U., & Sukma, E. (2021). Analisis Langkah-Langkah Model Project Based Learning (PjBL) pada Pembelajaran Tematik Terpadu di Sekolah Dasar Menurut Pandangan Ahli (Studi Literatur). Journal of Basic Education Studies, 44-62.

Dwitagama, D., Kusumah, W. (2012). Mengenal Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta:PT.Indeks.

Fahadah, S. E., Nurika, & Lutfiya, F. (2021). Penerapan PjBL (Project Based Learning) Daring untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Profesi Keguruan UNNES, 198-208.

Sagala, Syaiful. 2010. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Septiani, E., Zainal, Z., & Tawil, T. (2022). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas V melalui Model Pembelajaran Project Based Learning. Pinisi Journal PGSD , 123-131.

Sherly, Dharma, E., & Sihombing, H. B. (2020). Merdeka belajar: kajian literatur. UrbanGreen Conference Proceeding Library, 1.

Sudjana, Nana. (2017). Penilaian Hasil Proses Belajar Mangajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Downloads

Published

2023-06-15

How to Cite

Rahmadia, A. L., Nafiah, Setyaningsih, E. R., & Ubadillah, M. R. (2023). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik melalui Model Project Based Learning (PjBL) Kelas IV UPT SDN 166 Gresik. PROSIDING NATIONAL CONFERENCE FOR UMMAH, 2(1), 365–370. Retrieved from https://conferences.unusa.ac.id/index.php/NCU2020/article/view/1133