Upaya Meningkatkan Keaktifan Peserta Didik melaluı Model Project Based Learnıng Kelas IV UPT SDN 166 Gresık

Authors

  • Fatimah Az Zahroh Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya
  • Nafiah Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya
  • Endang Retno Setyaningsih UPT SDN 166 Gresik
  • Muhammad Rois Ubaidillah UPT SDN 166 Gresik

Keywords:

Pembelajaran, project based learning, keaktifan peserta didik

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk memahami peningkatan aktivitas peserta didik melalui penggunaan model pembelajaran berbasis proyek (Project Based Learning atau PjBL) di kelas IV UPT SD Negeri 166 Gresik. Penelitian ini menerapkan metode penelitian tindakan kelas kolaboratif (PTKK) dengan melibatkan dua siklus dalam pelaksanaannya. Siklus pertama dilakukan dalam satu sesi atau pertemuan, sementara siklus kedua juga dilakukan dalam satu sesi atau pertemuan. Data penelitian dikumpulkan melalui observasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan menggunakan persentase dan refleksi pada setiap siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model Project Based Learning menghasilkan peningkatan keaktifan peserta didik dengan persentase rata-rata pada siklus pertama sebesar 59% dan siklus kedua sebesar 71%. Dari data persentase tersebut, dapat disimpulkan bahwa penerapan model Project Based Learning (PjBL) memiliki efektivitas dalam meningkatkan keaktifan peserta didik. Temuan ini menunjukkan bahwa PjBL dapat menjadi alternatif yang baik bagi para guru dalam memilih model pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik peserta didik, karena dapat memotivasi partisipasi aktif dan keterlibatan mereka dalam proses pembelajaran.

References

Andriani, L. H., Aras, L., & Fitri, M. (2022). Peningkatan Keaktifan Dan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas I Melalui Model Project Based Learning (PJBL). Global Science Education Journal, 103-109.

Anggraini, D. P., & Wulandari, S. S. (2021). Analisis Penggunaan Model Pembelajaran Project Based Learning Dalam Peningkatan Keaktifan Peserta didik. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran, 292-299.

Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik . Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Hardinata, V., Budiana, N., Rizal, M. S., Dewi, P. K., Widodo, W., Abadi, M., . . . Ribusanah, M. H. (2021). Artikel Kolaborasi Dosen dan Mahapeserta didik. Malang: Media Nusa Creative.

Husamah, Restian, A., & Widodo, R. (2019). Pengantar Pendidikan. Malang: Universitas Muhammadiyah Malang.

Kalsum, U. (2022). Problem Based Learning. Lombok Tengah: Pusat Pengembangan Pendidikan dan Penelitian Indonesia.

Parnawi, A. (2020). Penelitian Tindakan Kelas. Sleman: CV Budi Utama.

Primartadi, A., Suyitno, Widiyatmoko, Kurniawan, A., & Yosep, E. (2022). Meningkatkan Keaktifan Belajar Peserta didik Dengan metode Project Based Learning. Jurnal Taman Vokasi, 173-179.

Sari, R. T., & Angreni, S. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Upaya Peningkatan Kreativitas Mahapeserta didik. Varia Pendidikan, 79-83.

Triwiyanto, T. (2014). Pengantar Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Downloads

Published

2023-06-15

How to Cite

Zahroh, F. A. ., Nafiah, Setyaningsih, E. R., & Ubaidillah, M. R. (2023). Upaya Meningkatkan Keaktifan Peserta Didik melaluı Model Project Based Learnıng Kelas IV UPT SDN 166 Gresık. PROSIDING NATIONAL CONFERENCE FOR UMMAH, 2(1), 301–306. Retrieved from https://conferences.unusa.ac.id/index.php/NCU2020/article/view/1123