Penggunaan Metode Penemuan Terbimbing Berbantuan LKPD sebagai Scaffolding untuk Meningkatkan Keterampilan Membuat Komik Anak SD Kelas IV

Authors

  • Muhammad Wafiq Arzaaq Salam Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya
  • Akhwani Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya
  • Muhammad Liswanto SDN Krian 4 Sidoarjo

Keywords:

Komik, Scaffolding, Penemuan terbimbing

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatkan keterampilan membuat komik pada peserta didik kelas IV SDN Krian 4 melalui penggunaan metode penemuan terbimbing berbantuan LKPD sebagai scaffolding. Penelitian dilakukan selama dua siklus menggunakan model penelitian spiral. Dari hasil penelitian ditemukan peningkatan keterampilan peserta didik dalam membuat komik pembelajaran. Hasil tersebut dibuktikan dengan meningkatnya nilai rata-rata dari hasil penilaian portfolio dan penilaian kinerja. Peningkatan keterampilan membuat komik tertinggi terjadi pada siklus kedua dengan nilai rata-rata 8,6 untuk penilaian portfolio dan 8,8 pada penilaian kinerja. Hasil penelitian ini dapat dijadikan referensi untuk dikembangkan dan diterapkan pada topik atau pembasahan muatan pelajaran lain.

References

Dewi, T. A., & Wardani, N. S. (2019). Peningkatan hasil belajar tematik melalui pendekatan problem based learning siswa kelas 2 SD. Jurnal Riset Teknologi dan Inovasi Pendidikan, 2(1), 234–242.

Kurniawati, E., Oktradiksa, A., & Shalikhah, N. D. (2021). Discovery Learning Model For Improving The Students’ Critical Thinking Skills: A Narrative Review. Al-Bidayah : jurnal pendidikan dasar Islam, 13(2), 345–366. https://doi.org/10.14421/al-bidayah.v13i2.691

Lestari, I. D., Mulyono, H., & Hartono. (2019). Peningkatan keterampilan menulis narasi melalui model scaffolded writing dengan gambar seri pada siswa kelas III sekolah dasar.

Martiana, I. (2021). Pemberian bantuan berupa scaffolding untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa kelas V SDN 01 Pedawang. Action Research Journal, 1(1), 2808–5159.

Matuk, C., Hurwich, T., Spiegel, A., & Diamond, J. (2019). How Do Teachers Use Comics to Promote Engagement, Equity, and Diversity in Science Classrooms? Research in Science Education. https://doi.org/10.1007/s11165-018-9814-8

Rahmawati, I. (2014). Penerapan Metode Penemuan Terbimbing melalui Pemberian Bantuan (Scaffolding) untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa Sekolah Dasar. Pendas, 07(03), 211–306.

Santrock, J. W. (2014). Child development (14 ed.). McGraw-Hill Education.

Swiyadna, I. M. G., Wibawa, I. M. C., & Sudiandika, I. K. A. (2021). Efektivitas Model Problem Based Learning Berbantuan LKPD Terhadap Hasil Belajar Muatan Pelajaran IPA. MIMBAR PGSD Undiksha, 9(2), 203–210. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD

Downloads

Published

2023-06-15

How to Cite

Salam, M. W. A., Akhwani, & Liswanto, M. (2023). Penggunaan Metode Penemuan Terbimbing Berbantuan LKPD sebagai Scaffolding untuk Meningkatkan Keterampilan Membuat Komik Anak SD Kelas IV. PROSIDING NATIONAL CONFERENCE FOR UMMAH, 2(1), 455–460. Retrieved from https://conferences.unusa.ac.id/index.php/NCU2020/article/view/1102