Penerapan Media Pembelajaran Gambar Seri untuk Meningkatkan Kemampuan Menuliskan Kembali pada Materi Teks Cerita Fiksi Kelas IV UPT SDN 187 Gresik
Keywords:
menuliskan kembali, gambar seri, cerita fiksiAbstract
Penelitian ini dikategorikan dalam penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menerapkan media
belajar berupa gambar seri. Penerapan media ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan peserta didik
dalam menulis kembali cerita fiksi pada peserta didik kelas IV di UPT SDN 187 Gresik. Penelitian ini
dilakukan dalam dua siklus dengan beberapa tahapan, antara lain: tahap perencanaan, tindakan, observasi
dan refleksi dalam setiap siklus. Setiap siklus peneliti menggunakan pengumpulan data dalam bentuk non
tes dan tes. Berdasarkan dari hasil data yang diperoleh, peneliti melakukan analisis terhadap data yang
disajikan dalam bentuk kuantitatif maupun kualitatif.. Pada pelaksanaan pembelajaran ini peserta didik
terlihat sangat antusias, karena peserta didik secara berkelompok mendengarkan dan menyimak cerita fiksi
dalam bentuk video kemudian mendiskusikan gambar seri sesuai dengan urutan cerita. Selanjutnya peserta
didik dapat menggunakan urutan pada gambar seri sebagai alat bantu untuk menuliskan kembali cerita
fiksi sesuai dengan susunan katanya sendiri. Hasil dari penelitian menunjukkan ada peningkatan
ketuntasan belajar klasikal dalam menuliskan kembali cerita fiksi pada siklus 1 yaitu sebesar 78,26%
meningkat menjadi 86,96% pada siklus 2.
References
Agustien, Relis, Nurul Umamah dan Sumarno. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi Dua
Dimensi Situs Pekauman di Bondowoso dengan Model Addie Mata Pelajaran Sejarah Kelas X IPS. Jurnal
Edukasi. 1(1). 19-23
Badan Standar Nasional Pendidikan. (2016). Pedoman Penilaian Hasil Belajar Peserta Didik. Jakarta: Kementerian
Pendidikan dan Kebudayaan.
Hesirina, Andani dkk,. (2012). Penggunaan Gambar Seri dalam audio visual untuk Meningkatkan Kemampuan
Bercerita. (Online), (http:// Hesirina.wordpess.com//2012/03/penggunaan-gambar seri.html), diakses 22 April
Kemendikbud. (2022). Keputusan Kepala Badan Standar, Kurıkulum, dan Asesmen Pendıdıkan Kementerıan
Pendıdıkan, Kebudayaan, Rıset, dan Teknologı Nomor 008/H/KR/2022 Tentang Capaıan Pembelajaran pada
Pendıdıkan Anak Usıa Dını, Jenjang Pendıdıkan Dasar, dan Jenjang Pendıdıkan Menengah pada Kurıkulum
Merdeka. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.
Mulyasa. (2010). Menjadi Guru Profesional. Bandung : PT. Remaja Rosdakrya.
Nurgiantoro, B. (2012). Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press
Sugiyono. (2008). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta
Purnabakti. (2021). "Penggunaan Media Gambar Seri dalam Pembelajaran." Jurnal Pendidikan, vol. 4, no. 2, hal. 9-
Yunidar, Nur. (2016). Penerapan media gambar dalam upaya meningkatkan kemampuan menulis karangan deskripsi
siswa kelas XB SMAN 2 DAMPELAS.e-Jurnal Bahasantodea, 4(2): Halaman 119
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Categories
License
Copyright (c) 2023 Anita, Nafiah, Nuril Kartika3 Kartika, Suroso
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.