Penerapan Media Pembelajaran Gambar Seri untuk Meningkatkan Kemampuan Menuliskan Kembali pada Materi Teks Cerita Fiksi Kelas IV UPT SDN 187 Gresik

Authors

  • Anita Anita
  • Nafiah Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya
  • Nuril Kartika UPT SDN 187 Gresik
  • Suroso UPT SDN 187 Gresik

Keywords:

menuliskan kembali, gambar seri, cerita fiksi

Abstract

Penelitian ini dikategorikan dalam penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menerapkan media
belajar berupa gambar seri. Penerapan media ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan peserta didik
dalam menulis kembali cerita fiksi pada peserta didik kelas IV di UPT SDN 187 Gresik. Penelitian ini
dilakukan dalam dua siklus dengan beberapa tahapan, antara lain: tahap perencanaan, tindakan, observasi
dan refleksi dalam setiap siklus. Setiap siklus peneliti menggunakan pengumpulan data dalam bentuk non
tes dan tes. Berdasarkan dari hasil data yang diperoleh, peneliti melakukan analisis terhadap data yang
disajikan dalam bentuk kuantitatif maupun kualitatif.. Pada pelaksanaan pembelajaran ini peserta didik
terlihat sangat antusias, karena peserta didik secara berkelompok mendengarkan dan menyimak cerita fiksi
dalam bentuk video kemudian mendiskusikan gambar seri sesuai dengan urutan cerita. Selanjutnya peserta
didik dapat menggunakan urutan pada gambar seri sebagai alat bantu untuk menuliskan kembali cerita
fiksi sesuai dengan susunan katanya sendiri. Hasil dari penelitian menunjukkan ada peningkatan
ketuntasan belajar klasikal dalam menuliskan kembali cerita fiksi pada siklus 1 yaitu sebesar 78,26%
meningkat menjadi 86,96% pada siklus 2.

References

Agustien, Relis, Nurul Umamah dan Sumarno. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi Dua

Dimensi Situs Pekauman di Bondowoso dengan Model Addie Mata Pelajaran Sejarah Kelas X IPS. Jurnal

Edukasi. 1(1). 19-23

Badan Standar Nasional Pendidikan. (2016). Pedoman Penilaian Hasil Belajar Peserta Didik. Jakarta: Kementerian

Pendidikan dan Kebudayaan.

Hesirina, Andani dkk,. (2012). Penggunaan Gambar Seri dalam audio visual untuk Meningkatkan Kemampuan

Bercerita. (Online), (http:// Hesirina.wordpess.com//2012/03/penggunaan-gambar seri.html), diakses 22 April

Kemendikbud. (2022). Keputusan Kepala Badan Standar, Kurıkulum, dan Asesmen Pendıdıkan Kementerıan

Pendıdıkan, Kebudayaan, Rıset, dan Teknologı Nomor 008/H/KR/2022 Tentang Capaıan Pembelajaran pada

Pendıdıkan Anak Usıa Dını, Jenjang Pendıdıkan Dasar, dan Jenjang Pendıdıkan Menengah pada Kurıkulum

Merdeka. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Mulyasa. (2010). Menjadi Guru Profesional. Bandung : PT. Remaja Rosdakrya.

Nurgiantoro, B. (2012). Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press

Sugiyono. (2008). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta

Purnabakti. (2021). "Penggunaan Media Gambar Seri dalam Pembelajaran." Jurnal Pendidikan, vol. 4, no. 2, hal. 9-

Yunidar, Nur. (2016). Penerapan media gambar dalam upaya meningkatkan kemampuan menulis karangan deskripsi

siswa kelas XB SMAN 2 DAMPELAS.e-Jurnal Bahasantodea, 4(2): Halaman 119

Downloads

Published

2023-11-30

How to Cite

Anita, Nafiah, Kartika, N., & Suroso. (2023). Penerapan Media Pembelajaran Gambar Seri untuk Meningkatkan Kemampuan Menuliskan Kembali pada Materi Teks Cerita Fiksi Kelas IV UPT SDN 187 Gresik. PROSIDING NATIONAL CONFERENCE FOR UMMAH, 2(2), 14–20. Retrieved from https://conferences.unusa.ac.id/index.php/NCU2020/article/view/1037