Implementasi Project Based Learning Berbantuan Video Animaker untuk Meningkatkan Motivasi Belajar IPAS Kelas IV di UPT SDN 187 Gresik

Authors

  • Nimatul Qomariyah Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya
  • Nafiah Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya
  • Nuril Kartika UPT SD Negeri 187 Gresik
  • Suroso UPT SD Negeri 187 Gresik

Keywords:

Project Based Learning (PjBL), video Animaker, motivasi belajar

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk meningkatkan motivasi belajar IPAS peserta didik kelas IV di UPT SD Negeri 187 Gresik melalui implementasi Project Based Learning (PjBL) berbantuan video Animaker. Dalam pelaksanaannya dilakukan sebanyak dua siklus. Pada siklus 1, implementasi Project Based Learning (PjBL) dilakukan dengan bantuan gambar cetak. Namun, beberapa peserta didik terlihat bosan. Pada siklus 2, implementasi Project Based Learning (PjBL) dilakukan dengan bantuan video Animaker dan beragam kegiatan yang menarik. Beragam kegiatan tersebut menjadikan motivasi belajar peserta didik meningkat. Hal tersebut dapat dibuktikan dari hasil angket motivasi, dan lembar observasi. Di siklus 1, rata-rata keseluruhan motivasi belajar peserta didik adalah 62%, hasil aktivitas peserta didik sebesar 67,5%, dan aktivitas guru diperoleh hasil 77%. Di siklus 2, motivasi belajar peserta didik meningkat sebesar 82%, aktivitas peserta didik meningkat sebesar 87,5%, dan aktivitas guru menjadi 91%. Berdasarkan hasil yang diperoleh, maka implementasi Project Based Learning (PjBL) berbantuan video Animaker bisa dikatakan berhasil meningkatkan motivasi belajar IPAS materi keragaman budaya.

References

Amir, M., Abdul A.M. & Rosleny. (2022). Pengaruh Model Project Based Learning Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas Atas di UPT SPF SD Negeri Mangkura IV Makassar. Jurnal EduTech, (Online), Vol. 8, No. 2, (https://jurnal.umsu.ac.id/index.php/edutech/article/view/11391, diakses 08 April 2023).

Arikunto, Suharsimi. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT RINEKA CIPTA.

Arsyad, Azhar. (2011). Media Pembelajaran. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Rahayu, S. (2017). Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK): Integrasi ICT dalam Pembelajaran IPA Abad 21. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan IPA IX Tahun 2017.

Rahman, Bujang. (2014). Refleksi Diri dan Peningkatan Profesionalisme Guru. Jurnal Paedagogia, (Online), Vol. 17, No. 1, (https://jurnal.uns.ac.id/paedagogia/article/download/36026/23217, diakses 08 Mei 2023).

Sadiman, A., dkk. (2011). Media Pendidikan Pengertian, Pengembangan dan Pemanfaatannya. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Sagala, Syaiful. (2012). Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Sapta, Risti F. D. (2016). Penerapan Model Project Based Learning untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SDN Cimenyan 1 pada Subtema Keberagaman Budaya Bangsaku. (http://repository.unpas.ac.id/6817/, diakses 08 April 2023).

Sudrajat, A. & Eneng Hernawati. (2020). Modul Model-model Pembelajaran. Jakarta: Pusdiklat Tenaga Teknis Pendidikan dan Keagamaan Kementrian Agama RI.

Wulandari, D., Vioreza D.Y. & Yona W. (2023). Analisis Ketertarikan Siswa Sekolah Dasar terhadap Kebudayaan Indonesia. Journal on Education, (Online), Volume 05, No. 2, (http://jonedu.org/index.php/joe, diakses 08 April 2023).

Downloads

Published

2023-06-15

How to Cite

Qomariyah, N., Nafiah, Kartika, N., & Suroso. (2023). Implementasi Project Based Learning Berbantuan Video Animaker untuk Meningkatkan Motivasi Belajar IPAS Kelas IV di UPT SDN 187 Gresik. PROSIDING NATIONAL CONFERENCE FOR UMMAH, 2(1), 382–387. Retrieved from https://conferences.unusa.ac.id/index.php/NCU2020/article/view/1029