Peningkatan Kualitas dan Kapasitas Produksi dengan Penggunaan Mesin Spinner pada Proses Produksi Keripik Sagu Tempe

Authors

  • Putu Eka Dewi Karunia Wati,ST.,MT Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya, Indonesia
  • Hery Murnawan,ST.,MT Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya, Indonesia
  • Vinka Aurelia Putri Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya, Indonesia
  • Elisabeth Lidya Yulianti Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.33086/snpm.v2i1.985

Keywords:

Alat Peniris Minyak, Kapasitas, Keripik Sagu Tempe, Kualitas, Produksi

Abstract

UKM Keripik Sagu Tempe Bu Siti merupakan UKM yang terletak di Kota Magetan, Jawa Timur. Proses produksi perhari berkisar antara 12-15 kg dengan satu varian rasa. Proses produksi keripik sagu menggunakan cara manual sehingga proses produksi terbilang cukup lama. Proses penirisan merupakan proses yang cukup lama karena membutuhkan waktu 7-12 menit. Proses penirisan yang sederhana pada UKM keripik tersebut tentunya membutuhkan waktu yang cukup lama sampai keripik benar-benar kering. Disamping itu dibutuhkan tempat yang cukup banyak untuk digunakan sebagai wadah penirisan keripik. Hal ini dikarenakan proses penirisan dilakukan secara berulang ditempat yang berbeda. Proses yang dilakukan secara berulang bertujuan untuk memaksimalkan penirisan minyak sampai keripik kering. Oleh karena itu pada pengabdian ini akan dilaksanakan pembuatan alat peniris minyak (spinner) guna mengurangi waktu proses penirisan minyak dan untuk menjaga keripik tempe agar tidak pecah dan umur produk menjadi lebih lama. Penggunaan spinner juga dapat meningkatkan kapasitas produksi sehingga tingkat pemenuhan permintaan konsumen dapat maksimal.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agustinus, I. P. (2017). Perancangan dan Pengembangan Produk Manufaktur (Pert ed). ANDI.

Burhanudin, Y., Suryadiwansa, & Iskandar, D. (2013). Perancangan dan Pembuatan Curling Dies Untuk Penekukan Pelat Engsel Tipe Buut Dengan Sistem Press. Jurnal Mechanical, 44-49.

H, M., Hartatik, N., & Wati, P. E. (2020). Peningkatan Kualitas dan Produktifitas Produk Pengecoran Logam dengan Penataan Ulang Fasilitas Produksi. JPP IPTEK, 35-42.

Inwood, D., & Hammond, J. (1995). Pengembangan Produk. Jakarta : Pustaka Binaman Pressindo.

Irawan , I. P. (2017). Perancangan dan Pengembangan Produk Manufaktur . Yogyakarta: C.V. ANDI OFFSET (ANDI).

Downloads

Published

2022-11-28

How to Cite

Wati,ST.,MT, P. E. D. K. ., Murnawan,ST.,MT, H. ., Putri , V. A. ., & Yulianti, E. L. . (2022). Peningkatan Kualitas dan Kapasitas Produksi dengan Penggunaan Mesin Spinner pada Proses Produksi Keripik Sagu Tempe. PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT UNIVERSITAS NAHDLATUL ULAMA SURABAYA, 2(1), 359–365. https://doi.org/10.33086/snpm.v2i1.985