Pengaruh Yoga Kids Terhadap Peningkatan Konsentrasi Pada Anak

Authors

  • Dheska Arthyka Palifiana Universitas Respati Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia
  • Sitti Khadijah Universitas Respati Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia
  • Devillya Puspita Dewi Universitas Respati Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia
  • Mimi Rianti Universitas Respati Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.33086/snpm.v2i1.984

Keywords:

Yoga, Kids, Peningkatan, Konsentrasi, Anak

Abstract

Dalam menghadapi pembelajaran, siswa harus dipersiapkan kondisi fisik maupun mental agar dapat mengikuti pembelajaran dan mendapatkan prestasi belajar yang baik. Jasmani yang bugar dapat mempengaruhi konsentrasi anak dalam belajar. Anak dengan badan yang sehat akan lebih mudah menerima informasi (berkonsentrasi) dalam pembelajaran. Metode yang digunakan untuk meningkatkan konsentrasi siswa selain dengan metode konvensional dengan proses belajar mengajar bisa dengan melakukan yoga kids. Yoga kids adalah sebuah aktivitas yang mengarahkan anak untuk berkonsentrasi, mengatur nafas, menenangkan pikiran dengan pose-pose tertentu. Tujuan kegiatan PKM ini adalah untuk meningkatkan konsentrasi belajar anak. Metode: Kegiatan PKM ini dilaksanakan di Posyandu Mahoni 2 Kelurahan Gedongkiwo Kota Yogyakarta pada anak-anak usia 5-9 tahun yang berjumlah 24 anak. Pemberian yoga kids dilakukan sebanyak 3 kali selama satu minggu dengan durasi 2 jam per pertemuan. Kegiatan PKM dilakukan pada bulan Agustus Tahun 2022. Sebelum dilakukan yoga kids diberikan pretest untuk mengukur konsentrasi anak selanjutnya setelah dilakukan yoga kids sebanyak 3 kali dilakukan posttest untuk melihat peningkatan konsentrasi anak. Hasil dan Pembahasan: Karakteristik responden berdasarkan jenis kelamin sebagian besar laki-laki (62,5%), berumur 7 tahun (33,3%), berpendidikan SD (66,7%). Uji normalitas konsentrasi anak p-value 0,758 > 0,05 yang berarti data berdistribusi normal maka analisis dilanjutkan dengan paired sample t-test dengan hasil  p-value 0,000 < 0,05 maka terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil pretest dan posttest yang berarti bahwa yoga kids dapat meningkatkan konsentrasi anak. Kesimpulan: Yoga kids berpengaruh dalam peningkatan konsentrasi pada anak.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Feuerstein, G, Payne, L. (2010). Yoga For Dummies (2nd ed.). Wiley Publishing.

Fine, A & Kotkin, R. (2003). Therapist’s Guide to Learning and Attention Disorders. Academic Press.

Johnson, A, Proctor, R. . (2004). Attention : Theory and Practice. Sage Publication.

Kauts, A & Sharma, N. (2012). Effect of Yoga on Concentration and Memory in Relation to Stress. International Journal of Multidisciplinary Research, 2(5), 1–14.

Kintari. (2014). Pengaruh Konsentrasi Belajar dan Kreativitas Belajar terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas XI IPS di SMA Muhammadiyah 1 Sragen Tahun Ajaran 2013/2014. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Komitor, J.B & Adamson, E. (2000). The Complete Idiot’s Guide to Yoga with Kids. Alpha Books.

Nisa, U. (2008). Pengaruh Konsentrasi dan Usaha Siswa dalam Mengatasi Kesulitan Mempelajari Kimia dengan Prestasi Belajar Kimia Siswa Kelas X Semester 2 SMA Srandakan Tahun Ajaran 2007/2008. Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta.

P. Ningsih, K. Suranata, K. D. (2014). Penerapan Konseling Eksistensial Humanistik dengan Teknik Meditasi untuk Meningkatkan Konsentrasi Belajar pada Siswa Kelas X TITL 3 SMK Negeri 3 Singaraja. E-Journal Undiksha Jurusan Bimbingan Konseling.

Shindu, P. (2015). Panduan Lengkap Yoga : Untuk Hidup Sehat dan Seimbang. PT Mizan Pustaka.

Supriyadi, P. W. &. (2018). Pengaruh Yoga terhadap Kemampuan Konsentrasi Belajar Anak SD Negeri di Denpasar. Jurnal Psikologi Udayana, 4(2), 460.

Surya, H. (2009). Menjadi Manusia Pembelajar. Elex Media Computindo.

Susanto, H. (2006). Meningkatkan Konsentrasi Siswa Melalui Optimalisasi Modalitas Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Penabur, 5(6), 46–51.

Downloads

Published

2022-11-28

How to Cite

Palifiana, D. A. ., Khadijah, S. ., Dewi, D. P. ., & Rianti, M. . (2022). Pengaruh Yoga Kids Terhadap Peningkatan Konsentrasi Pada Anak. PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT UNIVERSITAS NAHDLATUL ULAMA SURABAYA, 2(1), 350–358. https://doi.org/10.33086/snpm.v2i1.984