Meningkatkan Usaha Budidaya Tanaman Hias Suculen Dan Kaktus Dengan Inovasi Packaging “Sucubox” Serta Pemasaran Media Sosial Didesa Kebonsari, Kecamatan Sumbersari, Kabupaten Jember
DOI:
https://doi.org/10.33086/snpm.v2i1.953Keywords:
Tanaman hias, Pengemasan, PemasaranAbstract
Tanaman hias merupakan salah satu jenis tanaman yang memiliki kesan kecantikan, keindahan yang dapat memberikan daya tarik tersendiri. Kegiatan inovasi dalam pengembangan umkm tanaman hias yang terdampak covid-19 didesa Kebonsari, Kecamatan Sumbersari Kabupaten Jember memberikan kesan yang positif. PKM dimulai pada tanggal 11 Agustus 2021 – 09 September 2021. Permasalahan yang dihadapi oleh sasaran yaitu kurang memahami strategi pemasaran melalui media online, peningkatan modal yang tinggi, kurang memahami teknis branding produk tanaman hias pada pelanggan sehinga minat masyarakat pembelian secara langsung menurun. Kegiatan dilakukan dengan observasi atau pengumpulan data permasalahan yang ada. Tanaman hias mini sangat mudah dilakukan pengembangan dalam penjualan jarak dekat maupun jarak jauh. Packaging merupakan tempat atau wadah yang memiliki fungsi sebagai alat komunikasi pelanggan serta produk yang dikirim lebih aman. Pemasaran dilakukan kepada masyarakat melalui media sosial mengingat daya tarik masyarakat pada tanaman hias serta terhampat kegiatan jual beli secara langsung. Hasil dari kegitan tersebut menghasilkan penjualan tanaman hias pertanaman dibandrol harga Rp 20.000 – Rp 30.000 melihat dari jenis tanaman yang diminati, sedangkan penjualan paket succubox yaitu Paket 1. Seharga 65.000 didalam berupa satu tanaman kaktus/suculen, kuncir rambut dan greeting card. Paket 2. Seharga Rp. 70.000 – Rp. 80.000 berupa tanaman kaktus/sukulen, jilbab dan greeting card dan yang terakir yaitu paket 3 seharga Rp.60.000 dengan isian tanaman kaktus/sukulen, hope jar dan greeting card.
Downloads
References
Aliami, S., E. N. Hakimah., dan D. A. S. Fauji. 2018. Dampak Pengembangan Pemasaran Digital Pada Startup’s (Studi Kasus Pada Wirausaha Baru). EKONIKA. 3(1): 73-87.
Alfin.A., 2021. Analisis Strategi UMKM Dalam Menghadapi Krisi Di Era Pandemi Covid-19. Inovasi Penelitian.1(8):1543-1552.
Deintha.S., I.K.Ayu dan H.Octamediana., 2020. Unsur Visual Kemasan Granola Creations., Visualita. 8(2):89-95.
Islami., N. N., S. Wahyuni., dan Tiara. 2020. The Effect of Digital Marketing on Organizational Performance Through Intellectual Capital and Perceived Quality in Micro, Small and Medium Enterprises. Organisasi dan Manajemen. 16(1): 59-70.
Lazuardi, S. D., T. Achmadi., P. Wuryaningrum., S. N. Purtri., 2020. Model Standardisasi Pengiriman Kemasan Rantai Dingin pada Usaha Kecil dan Menengah dengan Moda Transportasi Laut. JAIIT. 2(1): 51-65.
Mukhsin. 2019. Manfaat Penerapan Marketing Online (Menggunakan E-Commerce Dan Media Sosial) Bagi Usaha Mikro, Kecildan Menengah (Umkm). Teknokom. 2(1): 1-10
Rachmawaty.A., 2021. Optimasi Media Sosial Dalam Meningkatkan Penjualan Di Masa Pembatasan Sosial Berskala Besar. Teknologi Informasi Dan Komunikasi. 8(1):29-44.
Samuddin, S. F., B. Lahi., R. Toalib., dan Gazali. 2018. Sosialisasi Pentingnya Menjaga Mutu Dan Daya Pikat Kemasan Produk. Character Education Society. 1(2):18-23.
Yuba.Z.P.D., 2020. Pengembangan Desain Produk Packaging Tanaman Hias Mini Yang Dapat Menjadi Display Portabel. Skripsi:
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Ninik Wakhidaturrohmah, Murtaqib Murtaqib , Kushariyadi Kushariyadic
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.