Pemanfaatan Sistem PPDB Online Guna Menjaga Keberlangsungan Layanan MTs. Abadiyah Pada Masa Pandemi COVID-19
DOI:
https://doi.org/10.33086/snpm.v1i1.832Keywords:
ppdb, online, pendampingan, MTs Abadiyah, pemanfaatanAbstract
MTs. Abadiyah melakukan proses PPDB di setiap tahunnya. Target perolehan peserta didik dibarengi dengan berbagai cara, mulai dari promosi atau pun pemanfaatan teknologi dalam proses pendaftaran. Di sisi lain kebutuhan data peserta didik baru juga dibutuhkan untuk mendukung kelengkapan data administrasi madrasah. Terlebih dalam masa pandemi Covid-19 yang mengharuskan adanya pembatasan kontak dan lebih banyak melakukan aktivitas di rumah, MTs Abadiyah harus memiliki strategi pada PPDB tahun ini. Terdapat dua fokus permasalahan yang dihadapi oleh sekolah mitra, yaitu: (1) kurangnya pemanfaatan TI untuk pengelolaan administrasi pendaftaran peserta didik baru dan (2) keterbatasan kemampuan sumber daya manusia dalam pemanfaatkan teknologi informasi. Oleh karena itu, melalui program PKM ini, tim pengadi berfokus pada pendampingan tentang pemanfaatan sistem PPDB online sebagai upaya peningkatan layanan di MTs Abadiyah. Kegiatan dimulai dengan pembuatan sistem PPDB online sebagai bentuk pemanfaatan teknologi. Selanjutnya dilakukan pendampingan dan pelatihan penggunaan usulan teknologi baru sebagai upaya pengoptimalan pemanfaatan teknologi. Adapun produk dari program pengabdian masyarakat ini terdiri atas prototype sistem PPDB online dan manual book sistem sebagai buku panduan pemanfaatan sistem baru yang dapat diakses sewaktu-waktu. Sistem ini berfungsi untuk melakukan pendaftaran peserta didik baru secara mandiri atau pun oleh petugas. Kartu peserta dapat dicetak melalui sistem ini. Selain itu pihak madrasah juga dapat mengunduh laporan data pendaftar. Guna mengoptimalkan pemanfaatannya, tim melakukan pendampingan kepada panitia ppdb terkait penggunaan sistem. Melalui program ini, berbagai permasalahan seperti hilangnya berkas pendaftaran atau pun kerumunan dapat dihindari. kemudahan mendapatkan data peserta didik baru juga menjadi manfaat yang dirasakan oleh sekolah. Sedangkan pada sisi calon peserta didik, pendaftaran secara online memudahkan tanpa harus keluar rumah.
Downloads
References
Alwi, M. B., Sulistiyani, E., & Wulan, T. D. (2021). Rancang bangun sistem pengelolahan data siswa mi hasyim asy’ari berbasis website. Ncu. Surabaya: unusa.
Ardhi, M. I. (2015). Evalusi Manajemen Penerimaan Peserta Didik Baru Sistem Real Time Online Dinas Pendidikan Kota Yogyakarta. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan.
Arinda. (2014). Efektivitas Penerapan B-DISO (Banyuwangi Digital Socienty) dalam Peningkatan Mutu Pelayanan Bidang Pendidikan (Studi Pada Dinas Pendidikan Kabupaten Banyuwangi). Jurnal Administrasi Publik (JAP)., 360-366.
Farlina, Y., & Hudin, J. M. (2017). Kajian Kepuasan Pengguna Informasi Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Online. IJCIT.
Istiqomah, R. (2018). Implementasi Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Online di Dinas Pendidikan Kota Surakarta. Implementasi Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Online di Dinas Pendidikan Kota Surakarta, 1-12.
Jannah, M. (2020). Implementasi Program PPDB Online Di SMP N 21 Samarinda. eJournal Administrasi Negara, 9307.
Kemenag. (2019). Dashboard. Retrieved from EMISPENDIS: http://emispendis.kemenag.go.id/dashboard/?content=datastatistik&action=lbg_bc&nss=121233180031
Mutiarin, D. (2017). Evaluasi Penerapan SIAP-PPDB Online Dalam Meningkatkan Mutu Layanan Pendidikan. Jurnal Penelitian Pers Dan Komunikasi Pembangunan, 83-99.
Puspita. (2017). Sistem Infomasi Akademik (SIAKAD) SMP Negeri 1 Pajar Bulan Berbasis Web. Jurnal Ilmiah Betrik, 15.
Setiawan. (2016). Implementasi Penerimaan Peserta Didik Baru Sekolah Menengah Atas Sistem Real Time Online (RTO) di Kabupaten Bantul Tahun Ajaran 2015/2016. Jurnal Widya.
Sulistiyani, E. (2021, Januari 10). Program Pendidikan MTs Abadiyah. (Roni, Interviewer)
Warsito, B. (2015). Evaluasi Sitem Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Online untuk Peningkatan Kualitas Pembelajaran. Kwangsan, 27-44.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.