Edukasi Kesehatan Paru - Paru Bagi Mahasiswa SMAS di Pulau Poteran, Sumenep

Authors

  • Adyan Donastin Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya, Indonesia
  • Maharani Pertiwi Koentjoro Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya, Indonesia
  • Bunga An Nur Rahmillah Almah Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya, Indonesia
  • Ayu Slatim Maifanda Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya, Indonesia
  • Elyk Dwi Mumpuningtias Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya, Indonesia
  • Endry Nugroho Prasetyo Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.33086/snpm.v1i1.831

Keywords:

Kesehatan, Paru-Paru, SMAS Sayyid Yusuf, Sumenep

Abstract

Sekolah merupakan lembaga pendidikan formal dimana terjadi proses belajar mengajar yang bertujuan untuk membentuk perilaku dan watak bagi peserta didik. Salah satu pendidikan yang penting diajarkan di sekolah adalah pendidikan kesehatan. Pendidikan ini meliputi pembelajaran terkait perilaku yang meningkatkan taraf kesehatan. Pendidikan kesehatan ini perlu diberikan sedini mungkin agar siswa dapat memiliki perilaku sehat, menerapkan perilaku tersebut di lingkungan rumah dan berperan aktif dalam mewujudlan derajat kesehatan yang optimal di lingkungan sekitarnya. Untuk meningkatkan pengetahuan dan kesadaran menjaga kesehatan paru-paru di masa pandemi ini, maka pencegahan dan penatalaksanaan sesuai dengan panduan kesehatan harus dapat dipahami oleh semua orang. Metode yang digunakan adalah observasi dengan melakukan wawancara dan kegiatan diakhiri dengan pemberian sosialisasi dan diskusi mengenai cara menjaga Kesehatan paru – paru yang bertujuan untuk memberikan pengetahuan mengenai
pencegahan dan penatalaksanaan kesehatan paru-paru. Sasaran dari pengabdian masyarakat ini adalah siswa-siswi dan guru pendamping di SMAS Sayyid Yusuf yang merupakan salah satu Sekolah Menengah Atas di Pulau Poteran, Kabupaten Sumenep. Hasil kegiatan ini menunjukkan sebanyak 20 peserta memiliki peningkatan mengenai pemahaman mengenai Kesehatan paru sebesar 50%. Pemahaman ini diukur melalui pre-test dan post-test. Semya peserta memiliki animo yang baik dalam proses pembelajaran dan
mengikuti kegiatan dari awal sampai akhir. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwasanya kegiatan ini penting untuk mengedukasi siswa agar dapat membawa ilmu dan pengetahuan ke lingkungan tempat tinggal untuk mengurangi angka kejadian penyakit paru-paru. 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agust, A., Vogelmeier, C., Faner, R. (2020). COPD 2020: Changes and challenges. American Journal of Physiology, https://doi.org/10.1152/ajplung.00429.2020.

Blackstock, F. C., Evans, R.A. (2019). Rehabilitation in lung diseases: ‘Education’ component of pulmonary rehabilitation. Respirology, 24(9): 863-870. https://doi.org/10.1111/resp.13582.

Cirrincione, L., Plescia, F., Ledda, C., Rapisarda, V., Martorana, D., Moldovan, R. E., Theodoridou, K., Cannizzaro, E. (2020). OVID-19 Pandemic: Prevention and Protection Measures to Be Adopted at the Workplace. Sustainability, 12: 3603. https:// doi.org/10.3390/su12093603.

Hamzaoui, A., Ottmani, S. (2012). Practical approach to lung health; lung health for everyone? European Respiratory Review, 21(125): 186-195. https://doi.org/10.1183/09059180.00002612.

Islam, M. S., Paul, G., Ong, H. X., Young, P. M., Gu, Y. T., Saha, S. C. (2020). A review of Respiratory Anatomical Development, Air Flow Characterization and Particle Deposition. International Journal of Environmental Research and Public Health, 17: 380. http://doi:10.3390/ijerph17020380.

Koentjoro, M. P. Donastin, A., Prasetyo, E.N. (2021a). A simple method of dna extraction of mycobacterium tuberculosis from sputum cultures for sequencing analysis. African Journal of Infectious Diseases, 15(2): 19-22. http://doi.org/ 10.21010/ajidv15i2S:2.

Koentjoro, M. P., Rahayu, D.D., Donastin, A., Prasetyo, E.N. (2021b). Evaluation of Mycobacterium tuberculosis ripA gene to detect antibiotic resistance. Journal of Physics: Conference Series, 1918(5): 052014. http:// doi.org/10.1088/1742-6596/1918/5/052014.

Li, Y., Wang, D., Zhi, L., Zhu, Y., Qiao, Y., Zhu, Y., Hu, X., Wang, Q., Cao, Y., Gao, Y., Chen, Y., Zhang, Z., Bi, F., Yan, G. (2021). Respiratory tract infections in children with allergic asthma on allergen immunotherapy during influenza season. Scientific Reports, 11: 2083. https://www.nature.com/articles/s41598-021-81558-0.

Patel, J., Sampson, V. (2020). The role of oral bacteria in COVID-19. Tle Lancet Microbe, 1(3). https://doi.org/10.1016/S2666-5247(20)30057-4.

Ribet, D., Cossart, P. (2015). How bacterial pathogens colonize their hosts and invade deeper tissues. Microbes and Infection, 17(3): 173-183.

https://doi.org/10.1016/j.micinf.2015.01.004.

Sari, I.P.T.P. (2013). Pendidikan kesehatan sekolah sebagai proses perubahan perilaku siswa. Journal Pendidikan Jasmani Indonesia, 9(2): 141-147. https://journal.uny.ac.id/index.php/jpji/article/download/3017/2510.

Downloads

Published

2022-01-25

How to Cite

Donastin, A. ., Koentjoro, M. P. ., Almah, B. A. N. R. ., Maifanda, A. S. ., Mumpuningtias, E. D. ., & Prasetyo, E. N. . (2022). Edukasi Kesehatan Paru - Paru Bagi Mahasiswa SMAS di Pulau Poteran, Sumenep. PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT, 1(1), 879–887. https://doi.org/10.33086/snpm.v1i1.831