Edukasi Seksual Pada Orangtua Anak Usia Dini dan Pelatihan Edukasi Mandiri Pelecehan Seksual Pada Bunda PAUD
DOI:
https://doi.org/10.33086/snpm.v1i1.819Keywords:
Edukasi Seksual, Orangtua, Anak, BundaAbstract
Pendidikan pencegahan pelecehan seksual pada anak diberikan pada siswa telah banyak dilakukan, namun belum melibatkan orang tua dan bunda PAUD yang terintegrasi dalam setiap kegiatan pembelajaran di sekolah. Tujuan: meningkatkan pemahaman, sikap orang tua dan kemampuan bunda PAUD dalam mencegah pelecehan seksual anak sejak usia dini. Kegiatan Edukasi tentang Pencegahan Pelecehan Seksual secara online melalui media zoom dan observasi langsung perubahan perilaku dan perubahan lingkungan telah diberikan kepada 12 orang tua dan 3 Bunda PAUD di PPT. Hasanah Terpadu Sambikerep Surabaya. Hasil dan pembahasan : Setelah edukasi melalui media zoom antara tim pengabdian masyarakat FKK UNUSA dan para orang tua, ada feedback yang didapatkan Tim terdapat perubahan sikap melalui respon dan pernyataan semua orang tua dan perilaku semua bunda PAUD tentang cara pencegahan seksual pada anak saat di rumah maupun di sekolah. Terdapat peningkatan pemahaman orang tua anak usia dini dan kemampuan melakukan edukasi mandiri Bunda PAUD melalui pembuatan video pencegahan pelecehan seksual pada anak usia dini dan keterlibatan pengelola sekolah mengurangi sumber penyebab pelecehan seksual yang bisa terjadi di sekolah.
Downloads
References
Aisyah, aisyah, & Hasiana, I. (2020). Optimalisasi peran orang tua terhadap pendidikan seksual anak usia dini 1. Penamas, 2(3), 1–7.
https://doi.org/https://doi.org/10.36456/penamas.vol4.no2.a2695
Alsaif, D. M., Almadani, O. M., Almoghannam, S. A., Al-Farayedhi, M. A., & Kharoshah, M. A. (2018). Teaching children about self-protection from sexual abuse: could it be a cause for source monitoring errors and fantasy? (Two case reports). Egyptian Journal of Forensic Sciences, 8(1), 27. https://doi.org/10.1186/s41935-018-0058-6
Amirudin, A., & Nirmala, I. (2018). Pendidikan Seksual Anak Usia Dini dalam Persfektif Hukum Islam. (JAPRA) Jurnal Pendidikan Raudhatul Athfal (JAPRA), 1(1), 51–66. https://doi.org/10.15575/japra.v1i1.3546
Chitsamatanga, B. B., & Rembe, N. S. (2020). School related gender based violence as a violation of children’s rights to education in South Africa: Manifestations, consequences and possible solutions. Journal of Human Ecology, 69(1–3), 65–80. https://doi.org/10.31901/24566608.2020/69.1-3.3203
Godbout, N., Bakhos, G., Dussault, É., & Hébert, M. (2020). Childhood Interpersonal Trauma and Sexual Satisfaction in Patients Seeing Sex Therapy: Examining Mindfulness and Psychological Distress as Mediators. Journal of Sex and Marital Therapy, 46(1), 43–56. https://doi.org/10.1080/0092623X.2019.1626309
Hidaayah, N. (2018). Mencegah Dampak Darurat Kekerasan Pada Anak Indonesia. Journal of Health Sciences, 8(1), 81–88. https://doi.org/10.33086/jhs.v8i1.221
Hidaayah, N., & Faeiqah, R. (2020). The Effect Of Sexual Education Of Prevention Sexual Harassment In Children Age Schools In Sd Darul Ulum Bungurasih Waru Sidoarjo. Proceedings of the Proceedings of the Third International Seminar on Recent Language, Literature, and Local Culture Studies, BASA, 20-21 September 2019, Surakarta, Central Java, Indonesia. https://doi.org/10.4108/eai.20-9-2019.2297047
Indah, A. S. (2020). Peran Orangtua Dalam Pendidikan. Wahana, 72(2), 118–125.
Jetnikoff, A. (2011). Teacher Education to Meet the Challenges Posed by Child Sexual Abuse. Australian Journal of Teacher Education, 36(10), 53–64. https://doi.org/10.14221/ajte.2011v36n11.4
Komnas Perempuan. (2020). Kekerasan meningkat: Kebijakan penghapusan kekerasan seksual untuk membangun ruang aman bagi perempuan dan anak perempuan. Catahu: Catatan Tahunan Tentang Kekerasan Terhadap Perempuan, 1–109.
Retrieved from https://www.komnasperempuan.go.id/file/pdf_file/2020/Catatan Tahunan Kekerasan Terhadap Perempuan 2020.pdf
Laela, C. R., & Muhammad, A. H. (2016). Efikasi Guru Dalam Mengajar Pencegahan Kekerasan Seksual Anak. INTUISI: Jurnal Ilmiah Psikologi, 8(2), 1–6. Retrieved from https://scholar.google.com/scholar?q=%2Bintitle%3A%22EFIKASI+GURU+DALAM+MENGAJAR+PENCEGAHAN+KEKERASAN++SEKSUAL+ANAK%22
National Child Traumatic Stress Network Child Sexual Abuse Committee. (2009). Caring for Kids: What Parents Need to Know about Sexual Abuse (U.S. Department of Health & Human Services (HHS), ed.). Retrieved from https://www.nctsn.org/resources/caring-kids-what-parents-need-know-aboutsexual-abuse
Neherta, M., & Nurdin, Y. (2017). Optimalisasi peran ibu sebagai pencegahan primer kekerasan seksual terhadap anak. Retrieved from
http://repo.unand.ac.id/12883/1/Optimalisasi peran ibuBUKU 1 OK FULLilovepdf-compressed.pdf
Nurbaya, S., & Qasim, M. (2019). Pengaruh Penerapan Pendidikan Seks ( Underwear Rules ) Terhadap Pencegahan Kekerasan Seksual Pada Anak. Jurnal Ilmiah Kesehatan Diagnosis, 13(6), 691–696. Retrieved from https://garuda.ristekbrin.go.id/documents/detail/1281929
Roqib, M. (2018). Pendidikan Seks pada Anak Usia Dini. INSANIA : Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan, 13(2), 271–286. https://doi.org/10.24090/insania.v13i2.298
Walsh, M., & Major, J. (2011). Child sexual abuse: a new approach to professional education. Nursing Standard (Royal College of Nursing (Great Britain) : 1987), 25(37), 35–40. https://doi.org/10.7748/ns2011.05.25.37.35.c8519
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.