Pemberdayaan Karang Taruna melalui Pelatihan Tutor English for Young Learners (EYL): Peningkatan Kompetensi dan Kontribusi Komunitas

Authors

  • Novi Rahmania Aquariza Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya, Indonesia
  • Savira Zaniar Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya, Indonesia
  • Dewi Widiana Rahayu Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya, Indonesia
  • Berda Asmara Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya, Indonesia
  • Rudi Umar Susanto Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.33086/snpm.v5i2.1551

Keywords:

English for Young Learners, Entrepreneurship, Karang Taruna, Community Empowerment

Abstract

Program pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk memberdayakan anggota Karang Taruna sebagai tutor English for Young Learners (EYL) guna meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris anak-anak di komunitas mereka. Dengan fokus pada pelatihan metodologi pengajaran yang inovatif dan interaktif, program ini berhasil mengatasi kendala kurangnya tenaga pengajar yang kompeten dan metode pembelajaran yang kurang efektif. Inisiatif ini selaras dengan konsep pendidikan berbasis komunitas dan berkontribusi pada pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs) dalam aspek pendidikan berkualitas dan pemberdayaan masyarakat.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Crystal, D. (2003). English as a Global Language (2nd ed.). Cambridge University Press.

Kementerian Sosial RI. (2020). Peran Karang Taruna dalam Pemberdayaan Masyarakat. Jakarta: Kementerian Sosial Republik Indonesia.

Nunan, D. (2011). (Full reference not provided in source's "Daftar Pustaka" but cited in text).

United Nations. (2015). (Full reference not provided in source's "Daftar Pustaka" but cited in text).

Wright, A. (2010). (Full reference not provided in source's "Daftar Pustaka" but cited in text).

Downloads

Published

2025-11-03

How to Cite

Novi Rahmania Aquariza, Savira Zaniar, Dewi Widiana Rahayu, Berda Asmara, & Rudi Umar Susanto. (2025). Pemberdayaan Karang Taruna melalui Pelatihan Tutor English for Young Learners (EYL): Peningkatan Kompetensi dan Kontribusi Komunitas. PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT, 5(2), 120–125. https://doi.org/10.33086/snpm.v5i2.1551