Peningkatan Keterampilan Penyusunan Desain Pembelajaran Deep Learning melalui Pemanfaatan Virtual Laboratory di Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.33086/snpm.v5i1.1547Keywords:
mindfull, meaningfull, joyfull, virtual laboratory, sekolah dasarAbstract
Berdasarkan analisis kebutuhan yang dilakukan di Kelompok Kerja Guru (KKG) Gugus Kemuning, Kota Semarang diketahui bahwa masih terdapat kesulitan penyusunan desain pembelajaran yang berkesadaran, bermakna dan menyenangkan terutama untuk kegiatan belajar yang memerlukan praktikum namun terhalang keterbatasan sarana-prasarana. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk meningkakan pengetahuan dan keterampilan penyusunan desain pembelajaran dengan pendekatan deep learning melalui pemanfaatan virtual laboratory untuk mengatasi kendala yang ada. Sasaran pengabdian ini adalah guru-guru KKG Gugus Kemuning dengan target 60 peserta. Kegiatan dilaksanakan dengan metode pretes-postest secara individu untuk mengukur peningkatan pengetahuan terkait desain pembelajaran dan platform yang dikaji, tutorial, diskusi, dan praktik serta pendampingan penugasan dan konfirmasi untuk mengetahui peningkatan keterampilan dalam penyusunan desain dengan memanfaatkan virtual laboratory. Hasil kegiatan menunjukkan adanya kenaikan pengetahuan dan keterampilan dalam penyusunan desain dengan memanfaatkan virtual laboratory. Guru-guru sebagai peserta kegaitan mampu menyusun desain pembelajaran yang relevan dengan kebutuhan peserta didik secara kontekstual. Berdasarakan hal tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat peningktatan pengetahuan dan keterampilan peserta kegaitan dalma penyusunan desain pembelajaran deep learning dengan memanfaatkan phet Colorado sebagai virtual laboratory. Semoga hasil pengabdian ini dapat diimplementasikan dalam kegaitan sehari-hari dan ditindaklanjuti dalma kegiatan pengabdian berikutnya.
Downloads
References
Anonim (2019). Mendikbud: Cara Paling Efektif Mentransformasi SDM Melalui Pendidikan. Diakses dari https://bbppmpvbispar.kemdikbud.go.id/portal/mendikbud-cara-paling-efektif- mentransformasi-sdm-melalui-pendidikan/
Yulia Indahri. 2024. Pendekatan Deep Learning dalam Pendidikan Dasar dan Menengah. Diakses dari https://berkas.dpr.go.id/pusaka/files/isu_sepekan/Isu%20Sepekan---IIPUSLIT-November-2024-201.pdf pada 15 Januari 2025
Anonim. 2024. Desain Pembelajaran Deep Learning untuk Sekolah Dasar: Meningkatkan Keterlibatan dan Personalisasi Belajar. Diakses dari https://s3tp.fip.unesa.ac.id/post/desain-pembelajaran-deep-learning-untuk-sekolah-dasar-meningkatkan-keterlibatan-dan-personalisasi-belajar pada 15 Januari 2025.
Wara Kawari. 2024. Bagaimana Implementasi 3 Pilar Deep Learning dalam Pembelajaran? Diakses dari https://www.bbpmpjabar.id/bagaimana-implementasi-3-pilar-deep-learning-dalam-pembelajaran/ pada 15 Januari 2025
Kementerian Pendidikan Dasar dan Menengah Republik Indonesia. 2025. Pembelajaran Mendalam: Transformasi Pembelajaran menuju Pendidikan Bermutu untuk Semua. Jakarta: Kemendikmenri.
Laila, Fisika J, Matematika F, Ilmu D, Alam P. Seminar Nasional Fisika (SNF) 2020 Keefektifan penerapan laboratorium virtual (PhET) Berbasis STEM dan keterampilan penyelesaian masalah [Internet]. Available from: http://phet.colorado.edu.
Qurniati D, Kunci K. Spin Jurnal Kimia & Pendidikan Kimia Pengembangan Laboratorium Virtual Sebagai Media Pembelajaran Development Of Virtual Laboratory As A Learning Media How To Cite. Spin [Internet]. 2022;4(2):142–54. Available from: https://journal.uinmataram.ac.id/index.php/spin
Ramadhani P, Alicia Farma S, Fuadiyah S, Yogica Jurusan Biologi R, Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam F, Negeri Padang Jl Hamka Air Tawar Barat U, et al. Laboratorium Virtual sebagai Langkah Memaksimalkan Skill Keterampilan Siswa Virtual Laboratory as a Step to Maximize Student Skills. Universitas Negeri Padang [Internet]. 2021;01(2021). Available from: https://doi.org/10.24036/prosemnasbio/vol1/102
Bogusevschi, D., Muntean, C., & Muntean, G. (2020). Teaching and Learning Physics using 3D Virtual Learning Environment: A Case Study of Combined Virtual Reality and Virtual Laboratory in Secondary School. Computers in Mathematics and Science Teaching. 39(1). 5-18. Retrieved from https://www.learntechlib.org/primary/p/210965/.
Hariyanti T, Fatwasauri I, Maknunah J, Indramayu PN. Pelatihan Penggunaan Laboratorium Virtual Phet Simulation di Prodi Teknik Pendingin dan Tata Udara [Internet]. Vol. 1, Universitas Gajah Putih JURNAL JPPMI. 2022. Available from: https://phet.colorado.edu/
Muhajarah K, Sulthon M, Dakwah dan Komunikasi F, Walisongo Semarang U. Pengembangan Laboratorium Virtual sebagai Media Pembelajaran: Peluang dan Tantangan. 2020;3(2):77–83. Available from: http://journal.ummat.ac.id/index.php/justek
Rahmiza Muzana S, Puspa Widya Lubis S, Fisika P, Keguruan dan Ilmu Pendidikan F, Abulyatama U, Besar A, et al. Penggunaan Simulasi Phet Terhadap Efektifitas Belajar IPA [Internet]. Vol. 5. 2021. Available from: http://jurnal.abulyatama.ac.id/index.php/dedikasi
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

