Penyusunan E-Literacy Assessment Berbantuan Facilitating Reading Aloud: Intervensi terhadap Rendahnya Nilai Rapor Pendidikan dan Kerawanan Membaca
DOI:
https://doi.org/10.33086/snpm.v5i1.1544Keywords:
e-literacy assessment; facilitating reading aloud; nilai rapor pendidikan, kerawanan membacaAbstract
Kompetensi literasi pada nilai rapor SD dan kerawanan membaca kelas tinggi masih menjadi masalah mendasar dalam pembelajaran di sekolah dasar. Fakta ini menghambat pemahaman siswa terhadap teks, yang berimbas pada rendahnya keterampilan berliterasi sehingga berdampak padarendahnya capaian nilai rapor kompetensi literasi membaca di sekolah hingga nasional. Berdasarkan data Rapor Pendidikan 2024 dan identifikasi guru di Gugus Dwarawati, sebanyak 7,06% siswa kelas atas terindikasi rawan membaca. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan kondisi kerawanan membaca dan mengatasi masalah tersebut dengan memberikan pelatihan menyusun e-literasi assessment berbantuan facilitating reading alod. Guru Gugus Dwarawati dilatih menyusun, mereview, dan mengimplementasikan Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) Kelas berbantuan suara sebagai solusi asesmen formatif yang adaptif. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui dokumentasi, observasi, dan wawancara informal. Produk asesmen dirancang dalam bentuk digital (Google Form) yang dilengkapi fitur audio (reading aloud) untuk memberikan akses kepada siswa yang mengalami hambatan membaca. Hasil penelitian menunjukkan bahwa asesmen ini mampu meningkatkan pemahaman siswa terhadap teks, memperkuat keterlibatan belajar, serta menjadi alat identifikasi dini yang efektif. Guru juga menunjukkan refleksi pedagogis dan peningkatan kompetensi dalam menyusun instrumen asesmen yang kontekstual dan inklusif. Kebaruan penelitian ini terletak pada integrasi stimulus auditif dalam AKM Kelas yang dirancang dan diujicobakan oleh guru, sehingga mampu menjembatani kebutuhan literasi siswa dalam konteks kelas nyata. Simpulan dari penelitian ini menegaskan bahwa AKM Kelas berbantuan suara dapat menjadi model asesmen formatif yang inklusif, aplikatif, dan potensial untuk direplikasi secara luas dalam program penguatan literasi dasar.
Downloads
References
Afifah, N. U., Purwati, P. D., & Widiyatmoko, A. (2025). Development of Basic Literacy E-Comic Based on Local Wisdom Efforts to Improve the Skills of Reading Narrative Texts in Elementary School Class. International Journal of Research and Review, 12(1), 476–484. https://doi.org/10.52403/ijrr.20250156.
Aini, K., AR, M. M., Sama’, Jamilah, & Armadi, A. (2024). Pelatihan Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif untuk Meningkatkan Literasi-numerasi Digital Guru Sekolah Dasar di Era Merdeka Belajar. Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat, 01(February 2023), 111–125.
Ambarita, R., & Batubara, M. I. (2024). Meningkatkan Budaya Literasi Siswa Melalui Pojok Baca Berbasis Digital. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 192–203.
Andayani, F., Utami, N. C. M., & Wardhani, P. A. (2024). Peningkatan Keterampilan Membaca Pemahaman Teks Nonfiksi melalui Metode Membaca Terbimbing (Guided Reading) pada Siswa Kelas V SD. Jurnal Basicedu, 5(5), 3(2), 524–532. https://doi.org/10.31004/basicedu.v8i1.6944.
Belvar, A. N., Raihana, V. A. L., Diba, F. F., & Fitriyah Z.A., M. (2024). Problematika Keterampilan Membaca pada Generasi Z. Jurnal Sosial Dan Humaniora, 1(3), 195–204. https://doi.org/10.62017/arima.
Dirman, Kusumaningsih, W., & Ginting, R. B. (2025). Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi untuk Mencapai Standar Proses Pendidikan di SMP. LEARNING : Jurnal Inovasi Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(1), 384–394.
Fajriati, R., Mutiawati, & Ashlan, S. (2024). Analisis Kemampuan Literasi Bahasa Siswa Kelas V SDN Banda Aceh. Journal of Education Science (JES), 10(April), 120–124.
Fitria, G. F., & Muthi, I. (2024). Strategi Peningkatan Kemampuan Belajar Siswa Melalui Pemanfaatan Media Digital Interaktif Pada Penggunaan Aplikasi Pembelajaran Berbasis Smartphone. Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 2(8), 360–364.
Gea, E., Rukmanti, F., Manik, D. M. B., Hulu, A. D., & Zebua, W. S. (2024). Strategi Guru dalam Mengembangkan Kemampuan Literasi Siswa di Sekolah Dasar. Sinar Dunia: Jurnal Riset Sosial Humaniora Dan Ilmu Pendidikan, 3(3), 56–62. https://doi.org/10.58192/sidu.v3i3.2413.
Hisanah, N., & Fradana, A. N. (2024). Analisis Penerapan Literasi Digital Untuk Meningkatkan Keterampilan Berbahasa Indonesia Di Sekolah Dasar. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 27(2), 58–66. https://doi.org/10.23969/jp.v9i2.13316.
Islami, A., Nulhakim, L., & Suhandoko, A. D. J. (2024). Pengaruh Penggunaan Literacy Cloud terhadap Minat Baca dan Keterampilan Membaca Pemahaman. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 6(1), 670–680. https://doi.org/10.31004/edukatif.v6i1.6352.
Jannah, M., Wardatussa’idah, I., & Wardhani, P. A. (2024). Implementasi Metode Cooperative Script untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Siswa Kelas IV SD. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 09(2), 5939–5944.
Mandira, S. A., & Mardiah, H. (2025). Implementasi Teknik Membaca Read Aloud Menggunakan Media Pembelajaran Buku Digital untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa. JURNAL PENGABDIAN SOSIAL, 2(3), 3412–3417. https://doi.org/10.59837/ejsrsg13.
Monalisa, I., Suntari, Y., & EW, E. D. (2024). Pengaruh Media Pembelajaran Digital terhadap Keterampilan Membaca Pemahaman Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 3(2), 524–532. https://journal.uii.ac.id/ajie/article/view/971.
Nabila, L. L., & Fradana, A. N. (2024). Pengaruh Penggunaan Media Presentasi Interaktif Terhadap Kemampuan Pemahaman Siswa Sekolah Dasar. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 27(2), 635–637. https://doi.org/10.26618/jpf.v4i3.329.
Noa, P. E., Bela, M. E., Bhoke, W., Wangge, M. C. T., & Hari, C. L. (2025). Upaya Meningkatkan Kemampuan Literasi dan Numerasi dengan Menggunakan Metode AKM pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Mauponggo. Jurnal Pendidikan Matematika Universitas Flores, 6(2), 36–42.
Nurmalasari, W. (2024). Problematika dan Strategi Pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 7(5), 2912–2919. https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i5.6101.
Nurmaya, S. A., & Adawiyah, R. (2025). Pengaruh Interactive Read Aloud Berbantuan Literacy Cloud Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Keterampilan Kolaborasi. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 14(1), 591–604. https://doi.org/10.58230/27454312.1969.
Putra, I. A., Airlangga, P., Iffah, B. H., Mustaghfirin, A., Ismah, F., Anwar, P. E. S., & Rahmawati, L. (2024). Inovasi Pembelajaran Literasi Untuk Siswa di SDN 1 Mancilan Mojoagung Jombang. Jumat Pendidikan: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(1), 12–17. https://doi.org/10.32764/abdimaspen.v5i1.3990.
Ramdayani, F. S., Azis, S. A., & Akhir, M. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Sipakainga’ Kemandirian Belajar Siswa Sekolah Dasar. JRIP: Jurnal Riset Dan Inovasi Pembelajaran, 4(1), 296.
Rohmah, N., & Nugroho, R. Y. Y. (2024). Pengembangan Modul Digital Bahasa Indonesia dengan Pendekatan CIRC untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Siswa SMP di Kabupaten Bangkalan. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia Metalingua, 9(1), 27–32. https://doi.org/10.21107/metalingua.v9i1.25659.
Salsabila, A. A., Dewi, D. A., & Hayat, R. S. (2024). Pentingnya Literasi di Era Digital dalam Menghadapi Hoaks di Media Sosial. Inspirasi Dunia: Jurnal Riset Pendidikan Dan Bahasa, 3(1), 45–54. https://doi.org/10.58192/insdun.v3i1.1775.
Sarif, S., & AR, A. (2024). Efektivitas Artificial Intelligence Text to Speech dalam Meningkatkan Keterampilan Membaca. Jurnal Naskhi Jurnal Kajian Pendidikan Dan Bahasa Arab, 6(1), 1–8. https://doi.org/10.47435/naskhi.v6i1.2697.
Sholeha, A. (2025). Meningkatkan Hasil Belajar dan Kemampuan Siswa Dalam Melafalkan Basmalah Dan Hamdalah Dengan Metode Reading Aloud. JURNAL SIKLUS, 3(1), 107–113.
Theresia, A., Maulida, E., Agustina, F., & Cinantya, C. (2024). Memanfaatkan Gerakan Literasi Sekolah Untuk Membentuk Karakter Kreatif Dan Inovatif Di Kalangan Warga Sekolah SDN Kuin Utara 6. Journal Educational Research and Development, 01(02), 264–272.
Wardini, D. A., Wulan, N. S., & Sari, N. T. A. (2024). Pengaruh Metode Reading Aloud Berbantuan Big Book Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Kelas 1 Siswa Sekolah Dasar. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 09(September).
Widyasari, N. R. P., Purwati, P. D., Dewi, E. A., Wulandari, A. N., Diana, I. A., & Aura, A. B. (2025). Analisis “Lihat Sekitar” Buku Ajar untuk Kelas IV SD/MI Bab 4 (Meliuk dan Menerjang) Tahun 2023 Berbasis Kelayakan Buku BSNP. ENGGANG : Jurnal Pendidikan, Bahasa, Sastra, Seni, Dan Budaya, 5(2), 121–130. https://doi.org/10.37304/enggang.v5i2.21301.
Zhalzabilah, Z., Hisbullah, H., & Firman, F. (2024). Pemanfaatan Aplikasi Android Belajar Membaca Untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Siswa. Attadrib: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 7(1), 52–62. https://doi.org/10.54069/attadrib.v7i1.723.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

