The Efforts To Increase Student Investment Interest Through Financial Literacy
DOI:
https://doi.org/10.33086/snpm.v4i2.1419Keywords:
financial literascy; investment; investment interest;Abstract
Investasi merupakan salah satu alternative mendapatkan keuntungan yang cukup efektif. Investasi dapat dilakukan dalam berbagai bentuk baik dalam bentuk rill maupun non riil. Investasi yang mengikuti perkembangan zaman salah satunya investasi di pasar modal. Investasi pasar modal dapat dilakukan pada jenis instrumen investasi dengan risiko yang cukup tinggi, misalnya pada aset-aset finansial seperti saham, warrants, options, serta futures baik di pasar modal domestik maupun di pasar modal internasional. Alternatif investasi yang menjanjikan pendapatan tinggi dengan risiko yang tinggi adalah investasi dalam bentuk saham. Preferensi investasi memiliki alasan yang berbeda-beda dalam menentukan pilahn investasi. Faktor yang menjadi hal utama untuk dijadikan pertimbangan adalah tingkat risk dan return. Kecendrungan yang terjadi adalah keinginan seseorang memperoleh return yang tinggi dengan risk yang rendah. Semakin tinggi risk maka akan semakin tinggi juga return yang akan diperoleh. Sasaran kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang akan dilakukan adalah para mahasiswa yang dianggap mampu untuk mengelola keuangan pribadi. Tidak sedikit mahasiswa yang melakukan pekerjaan part time, dan memiliki penghasilan sendiri selain dana dari orang tua. Akan tetapi rata-rata mahasiswa akan menghabiskan penghasilan yang diperoleh, tanpa memikirkan kebutuhan jangka panjang. Pentingnya kegiatan literasi keuangan ini adalah untuk membantu para mahasiswa ini memiliki planning keuangan jangka panjang, sehingga dapat digunakan untuk kebutuhan-kebutuhan masa mendatang. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini akan dilakukan Malaysia dengan sasaran mahasiswa University Malaysia Kelantan.
Downloads
References
Alpiansah, R., Fitriyah, N., & Bambang, B. (2024). Scholarship Talk: Meraih Pendidikan Tinggi melalui Beasiswa Bergengsi. JILPI Jurnal Pengabdian Ilmiah Dan Inovasi, 2(2), 595–604. https://doi.org/10.57248/jilpi.v2i2.353
Amhalmad, I., & Irianto, A. (2019). Pengaruh Pengetahuan Investasi dan Motivasi Investasi Terhadap Minat Berinvestasi Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Padang. Jurnal Ecogen, 2(4), 734. https://doi.org/10.24036/jmpe.v2i4.7851
Andriani, S. (2019). Minat Investasi Saham Pada Mahasiswa. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Indonesia, 4(1), 37–44. https://doi.org/10.37673/jebi.v4i1.285
Darmawan, A., & Japar, J. (2022). Pengaruh Pengetahuan Investasi, Modal Minimal, Pelatihan Pasar Modal, dan Motovasi Terhadap Minat Investasi Di Pasar Modal. Majalah Neraca.
Fahreza, M., & Surip, N. (2018). Pengaruh Pengetahuan Investasi, Persepsi Risiko, dan Persepsi Kontrol Perilaku Terhadap Minat Investasi Saham. Jurnal SWOT, VIII(2), 346–361.
Marfuah, M., & Anggini Asmara Dewati. (2021). Determinan Minat Mahasiswa Berinvestasi Pada Pasar Modal. Akurasi : Jurnal Studi Akuntansi Dan Keuangan, 4(1), 45–60. https://doi.org/10.29303/akurasi.v4i1.71
Sari, R. T. R. (2021). Pengaruh Ekspektasi Return, Persepsi Terhadap Resiko, Dan Self Efficacy Terhadap Minat Investasi Generasi Milenial. Ilmu Ekonomi Dan Sosial, 10(1), 6–18.
Sina, P. G. (2014). Peran orangtua dalam mendidik keuangan pada anak. Ragam Jurnal Pengembangan Humaniora, 14(1), 74–86.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.