Penggunaan Teknik Jigsaw untuk Perolehan Kosakata Bahasa Inggris
DOI:
https://doi.org/10.33086/snpm.v4i2.1416Keywords:
teknik jigsaw; perolehan kosakata, pembelajaran kooperatifAbstract
Latar Belakang. Dominannya penerapan teacher-centered learning dan absennya penggunaan teknik jigsaw dalam pembelajaran bahasa Inggris mempunyai andil yang signifikan pada rendahnya perolehan kosakata bahasa Inggris siswa di salah satu sekolah dasar yang berlokasi di Pranti, Sedati, Sidoarjo. Teknik jigsaw sebagai metode pembelajaran kooperatif yang mendukung student-centered learning terbukti efektif dalam pembelajaran bahasa Inggris. Tujuan. Oleh karena itu, program Pengabdian kepada Masyarakat (PKM) yang berjudul "Penggunaan Teknik Jigsaw untuk Perolehan Kosakata Bahasa Inggris" dilaksanakan di sekolah tersebut untuk meningkatkan partisipasi siswa dalam pembelajaran melalui kerja sama antar kelompok untuk membantu mereka memeroleh kosakata bahasa Inggris. Metode. Metode pelaksanaan program ini terbagi menjadi tiga fase: perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Pada fase perencanaan, tim PKM berkolaborasi dengan guru untuk mengidentifikasi masalah, menemukan solusi, dan menentukan teknik mengajar, media, dan materi pembelajaran. Pada fase pelaksanaan, pembelajaran dilakukan dengan menggunakan teknik jigsaw dengan topik "alat transportasi". Evaluasi dilakukan melalui observasi dan wawancara. Hasil. Hasil dari program ini menunjukkan peningkatan siswa yang signifikan pada perolehan kosakata bahasa Inggris, perkembangan kemampuan kooperatif, dan keterampilan problem-solving dalam memeroleh kosakata. Kesimpulan. Program ini berhasil mengoptimalkan teknik jigsaw untuk meningkatkan perolehan kosakata bahasa Inggris melalui peningkatan kerja sama siswa dalam pembelajaran. Program ini juga berpotensi untuk diterapkan secara berkelanjutan dalam rangka mendukung inovasi pendidikan.
Downloads
References
Adams, F. H. (2013). Using jigsaw technique as an effective way of promoting co-operative learning among primary six pupils in Fijai. International Journal of Education and Practice, 1(6), 64-74. doi: 10.18488/journal.61/2013.1.6/61.6.64.74
Alavi, S. M., & Oskouie, S. F. (2017). The effect of cooperative learning on students’ sense of responsibility in educational settings. Journal of Educational Psychology, 5(1), 61-69. doi:10.12691/education-5-1-9.
Baik, P., & Hicks, T. (2020). The impact of collaborative learning on student engagement and motivation in higher education. Journal of Education and Learning, 9(4), 49-60. doi:10.5539/jel.v9n4p49.
Bandura, A. (1977). Social Learning Theory. Englewood Cliffs, NJ: Prentice-Hall.
Barger, M. M., & Byrd, C. M. (2021). Motivation and cognitive engagement in science across different teaching styles. Journal of Educational Psychology, 113(3), 579-592. doi:10.1037/edu0000610.
Derry, S. J., & Nokes-Malach, T. J. (2018). The role of collaborative learning in developing problem-solving skills: A review of the literature. Educational Psychology Review, 30(4), 1-24. doi:10.1007/s10648-018-9435-4.
Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, R., dan Teknologi (Diktiristek). (2022). Kampus mengajar, 2023, from https://kampusmerdeka.kemdikbud.go.id/program/mengajar
Johnson, D. W., & Johnson, R. T. (2009). An educational psychology success story: Social interdependence theory and cooperative learning. Educational Psychologist, 44(2), 94-102. doi:10.1080/00461520902809825.
Keiler, L. S. (2018). Teachers’ roles and identities in student-centered classrooms. International Journal of STEM Education, 5(1), 34. doi: 10.1186/s40594-018-0131-6
Kementerian Riset, T., dan Pendidikan Tinggi. (2017). Rencana induk riset nasional, 2023, from http://rirn.ristekdikti.go.id
Krajcik, J. S., & Sherwood, R. D. (2021). The role of scaffolding in promoting problem-solving in science. Journal of Research in Science Teaching, 58(7), 940-963. doi:10.1002/tea.21637.
Lavy, S. (2017). The relationship between cooperative learning and social responsibility among students. Social Psychology of Education, 20(2), 271-285. doi:10.1007/s11218-016-9365-9.
Liu, M., & Chen, M. (2018). An integrated approach to improving students' learning outcomes: A case study of jigsaw collaborative learning. Journal of Educational Technology & Society, 21(3), 119-130.
Murayama, K., & Kitagami, S. (2018). Consolidation power of extrinsic rewards: Reward cues enhance long-term memory for irrelevant past events. Journal of Experimental Psychology: General, 147(2), 243-255. doi:10.1037/xge0000361.
Piaget, J. (1970). The Science of Education and the Psychology of the Child. New York: Orion Press.
Pintrich, P. R., & De Groot, E. V. (1990). Motivational and self-regulated learning components of classroom academic performance. Journal of Educational Psychology, 82(1), 33-40. doi:10.1037/0022-0663.82.1.33.
Rawson, K. A., Vaughn, K. E., & Carpenter, S. K. (2015). Does the benefit of testing depend on lag, and if so, why? Evaluating the elaborative retrieval hypothesis. Memory & Cognition, 43(4), 619-633. doi:10.3758/s13421-014-0487-1.
Reeve, J. (2016). Understanding Motivation and Emotion (7th ed.). Wiley.
Schmidt, R. A., & Bjork, R. A. (1992). New conceptualizations of practice: Common principles in three paradigms suggest new concepts for training. Psychological Science, 3(4), 207-217. doi:10.1111/j.1467-9280.1992.tb00029.x.
Vaughan, M. (2017). The impact of collaborative learning on critical thinking and problem-solving skills. Journal of Education and Training Studies, 5(2), 1-8. doi:10.11114/jets.v5i2.2025.
Vygotsky, L. S. (1978). Mind in Society: The Development of Higher Psychological Processes. Cambridge, MA: Harvard University Press.
Wang, M.-T., & Degol, J. L. (2017). Motivational pathways to STEM career choices: Using expectancy–value perspective to understand individual and gender differences in STEM fields. Developmental Review, 47, 147-183. doi:10.1016/j.dr.2017.07.004.
Zimmerman, B. J., & Schunk, D. H. (2017). Motivation: An essential dimension of self-regulated learning. In D. H. Schunk & J. A. Greene (Eds.), Handbook of Self-Regulation of Learning and Performance (pp. 225-243). Routledge.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.