Branding Wisata Alam Ngeliban di Era Digital: Mengapa Penting Sadar Media Sosial Melalui Instagram?

Authors

  • Anita Reta Kusumawijayanti Universitas Islam Balitar, Blitar, Indonesia
  • Yusniarsi Primasari Universitas Islam Balitar, Blitar, Indonesia
  • Sri Lestanti Universitas Islam Balitar, Blitar, Indonesia
  • Hesty Puspita Sari Universitas Islam Balitar, Blitar, Indonesia
  • Laili Neni Sutanti Universitas Islam Balitar, Blitar, Indonesia
  • Salsa Billa Dewi Mahmudi6 Universitas Islam Balitar, Blitar, Indonesia
  • Dwi Lailatus Saadah Universitas Islam Balitar, Blitar, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.33086/snpm.v4i1.1386

Keywords:

Branding; Wisata Alam Ngeliban; Media Sosial; Instagram.

Abstract

Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) ini berfokus pada peningkatan branding Wisata Alam Ngeli Ban di Desa Minggirsari Kabupaten Blitar. Melalui optimalisasi penggunaan Instagram, diharapkan mampu mendongrak popularitas wisata unggulan desa Minggrisari ini. Di era digital, pemanfaatan media sosial menjadi kunci dalam mempromosikan destinasi wisata. Maka Tim PKM memberikan pelatihan intensif kepada anggota Paguyuban Watu Bonang selaku pengelola wisata alam Ngeli Ban Minggirsari mengenai pembuatan konten medsos yang kreatif dan teknik pemasaran digital yang efektif.  Akun Instagram @desaminggirsari digunakan sebagai sarana untuk  meningkatkan  citra dan popularitas wisata alam Ngeli Ban, meningkatkan daya tarik wisatawan dan mendorong pertumbuhan ekonomi lokal. Melalui branding wisata alam Ngeli Ban ini,  tercipta jejak digital yang kuat dan berkelanjutan sehingga berdampak bagi wisata Ngeli Ban sebagai destinasi wisata unggulan bahkan mampu meningkatkan jumlah follower Instagram @desamimggirsari.            

Downloads

Download data is not yet available.

References

Dewatara, M. D. (2014). Promosi melalui media sosial Facebook dan Twitter dan pengaruhnya terhadap kunjungan wisatawan di Jungleland Adventure Theme Park. Journal of Tourism Destination and Attraction, 2(2), 35–41.

Lailin, U. R., Kusumawijayanti, A. R., Harumike, Y. D. N., & Saadah, D. L. (2023). Use Of Instagram Social Media As Blitar City Government Branding Program (Rt Keren Case Study Program, Bendogerit Village). International Journal of Science, Technology & Management, 4(6), 1713–1717.

Prasetya, W. (2023). No Title. Kompas. https://travel.kompas.com/read/2023/10/04/153100427/mayoritas-orang-indonesia-lihat-media-sosial-untuk-pilih-tempat-wisata#:~:text=Sumber: Antara,bisa digali melalui media sosial.&text=Ketergantungan terhadap gadget tersebut ternyata,3/10/2023).&text=Adapun%2C wisatawan seluruh dunia rata,sosial untuk mencari tempat liburan

Puspawati, D. P. H., & Ristanto, R. (2018). Strategi promosi digital untuk pengembangan pariwisata Kota Magelang. Jurnal Jendela Inovasi Daerah, 1(2), 1–20.

Saleh, H. M. Y., & Miah Said, S. E. (2019). Konsep dan Strategi Pemasaran: Marketing Concepts and Strategies (Vol. 1). Sah Media.

Sari, H. P., & Kusuma, A. P. (2022). Pemberdayaan Kelompok Masyarakat Suryasari dalam meningkatkan pelayanan dan pemasaran Agrowisata Petik Belimbing melalui Model Eduwisata STAR ( Sharing , Trying , and Adventuring ) berbasis produk Nata de Averrhoa carambola Pendahuluan Karangsari merupaka. 5636(3), 299–311.

Sari, H. P., & Wijayanti, A. R. K. (2023). Strategi Pengelolaan Desa Minggirsari sebagai Desa Wisata Alam Ramah Lingkungan. Prosiding ESEC, 4(1), 147–153.

Setiawan, F. N., Nurmansyah, M. A., & Eka, S. V. (2024). Pelatihan Literasi Digital Marketing melalui Media Facebook dan WhatsApp untuk Penggiat Pariwisata Desa Ranuyoso. Jurnal Surya Masyarakat, 6(2).

Verawati, D. E. (n.d.). KKN MATCHING FUND PENINGKATAN EKONOMI MASYARAKAT DENGAN MENGEMBANGKAN POTENSI SEKTOR WISATA PADA DESA MINGGIRSARI.

Wijayanti, A. R. K., & Sari, H. P. (2023). Strategi Marketing Communication Mix: Studi Kasus Wisata Alam pada Desa Minggirsari Kabupaten Blitar. JURNAL SOSIAL HUMANIORA (JSH), 16(2), 126–138.

Downloads

Published

2024-11-29

How to Cite

Anita Reta Kusumawijayanti, Yusniarsi Primasari, Sri Lestanti, Hesty Puspita Sari, Laili Neni Sutanti, Salsa Billa Dewi Mahmudi6, & Dwi Lailatus Saadah. (2024). Branding Wisata Alam Ngeliban di Era Digital: Mengapa Penting Sadar Media Sosial Melalui Instagram?. PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT, 4(1), 202–210. https://doi.org/10.33086/snpm.v4i1.1386