Branding Wisata Alam Ngeliban di Era Digital: Mengapa Penting Sadar Media Sosial Melalui Instagram?
DOI:
https://doi.org/10.33086/snpm.v4i1.1386Keywords:
Branding; Wisata Alam Ngeliban; Media Sosial; Instagram.Abstract
Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) ini berfokus pada peningkatan branding Wisata Alam Ngeli Ban di Desa Minggirsari Kabupaten Blitar. Melalui optimalisasi penggunaan Instagram, diharapkan mampu mendongrak popularitas wisata unggulan desa Minggrisari ini. Di era digital, pemanfaatan media sosial menjadi kunci dalam mempromosikan destinasi wisata. Maka Tim PKM memberikan pelatihan intensif kepada anggota Paguyuban Watu Bonang selaku pengelola wisata alam Ngeli Ban Minggirsari mengenai pembuatan konten medsos yang kreatif dan teknik pemasaran digital yang efektif. Akun Instagram @desaminggirsari digunakan sebagai sarana untuk meningkatkan citra dan popularitas wisata alam Ngeli Ban, meningkatkan daya tarik wisatawan dan mendorong pertumbuhan ekonomi lokal. Melalui branding wisata alam Ngeli Ban ini, tercipta jejak digital yang kuat dan berkelanjutan sehingga berdampak bagi wisata Ngeli Ban sebagai destinasi wisata unggulan bahkan mampu meningkatkan jumlah follower Instagram @desamimggirsari.
Downloads
References
Dewatara, M. D. (2014). Promosi melalui media sosial Facebook dan Twitter dan pengaruhnya terhadap kunjungan wisatawan di Jungleland Adventure Theme Park. Journal of Tourism Destination and Attraction, 2(2), 35–41.
Lailin, U. R., Kusumawijayanti, A. R., Harumike, Y. D. N., & Saadah, D. L. (2023). Use Of Instagram Social Media As Blitar City Government Branding Program (Rt Keren Case Study Program, Bendogerit Village). International Journal of Science, Technology & Management, 4(6), 1713–1717.
Prasetya, W. (2023). No Title. Kompas. https://travel.kompas.com/read/2023/10/04/153100427/mayoritas-orang-indonesia-lihat-media-sosial-untuk-pilih-tempat-wisata#:~:text=Sumber: Antara,bisa digali melalui media sosial.&text=Ketergantungan terhadap gadget tersebut ternyata,3/10/2023).&text=Adapun%2C wisatawan seluruh dunia rata,sosial untuk mencari tempat liburan
Puspawati, D. P. H., & Ristanto, R. (2018). Strategi promosi digital untuk pengembangan pariwisata Kota Magelang. Jurnal Jendela Inovasi Daerah, 1(2), 1–20.
Saleh, H. M. Y., & Miah Said, S. E. (2019). Konsep dan Strategi Pemasaran: Marketing Concepts and Strategies (Vol. 1). Sah Media.
Sari, H. P., & Kusuma, A. P. (2022). Pemberdayaan Kelompok Masyarakat Suryasari dalam meningkatkan pelayanan dan pemasaran Agrowisata Petik Belimbing melalui Model Eduwisata STAR ( Sharing , Trying , and Adventuring ) berbasis produk Nata de Averrhoa carambola Pendahuluan Karangsari merupaka. 5636(3), 299–311.
Sari, H. P., & Wijayanti, A. R. K. (2023). Strategi Pengelolaan Desa Minggirsari sebagai Desa Wisata Alam Ramah Lingkungan. Prosiding ESEC, 4(1), 147–153.
Setiawan, F. N., Nurmansyah, M. A., & Eka, S. V. (2024). Pelatihan Literasi Digital Marketing melalui Media Facebook dan WhatsApp untuk Penggiat Pariwisata Desa Ranuyoso. Jurnal Surya Masyarakat, 6(2).
Verawati, D. E. (n.d.). KKN MATCHING FUND PENINGKATAN EKONOMI MASYARAKAT DENGAN MENGEMBANGKAN POTENSI SEKTOR WISATA PADA DESA MINGGIRSARI.
Wijayanti, A. R. K., & Sari, H. P. (2023). Strategi Marketing Communication Mix: Studi Kasus Wisata Alam pada Desa Minggirsari Kabupaten Blitar. JURNAL SOSIAL HUMANIORA (JSH), 16(2), 126–138.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.