The Information Motivation Behavioral Skill Model: EDUACT (Pemberian Edukasi dan Peningkatan Aktivitas) sebagai Upaya Perbaikan Gaya Hidup Penderita Diabetes Mellitus di Wilayah Puskesmas Simomulyo Surabaya

Authors

  • Umdatus Soleha Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya, Indonesia
  • Umi Hanik Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya, Indonesia
  • Siti Nurjanah Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya, Indonesia

Keywords:

Diabetes Mellitus; Edukasi; Aktivitas fisik

Abstract

Penderita diabetes mellitus (DM) berpotensi mengalami ketidakpatuhan dalam menjalani pengobatan, hal ini bisa diakibatkan kurangnya pengetahuan, ketidakpastian penyakit dan perngobatan jangka waktu lama. Tujuan kegiatan pengabdian masyarakat ini meningkatkan kemampuan kognitif dan psikomotorik pada masyarakat melalui edukasi dan peningkatan aktivitas fisik sebagai perbaikan gaya hidup penderita DM.  Metode yang dilakukan dalam kegiatan ini terdiri dari 3 tahap yakni tahap pra kegiatan terdiri dari persiapan administrasi dan sarana prasarana, tahap kegiatan terdiri dari pelaksanaan pre test dan post test, pemberikan edukasi, demonstrasi aktivitas fisik yang dapat dilakukan oleh penderita DM. Tahap pasca kegiatan meliputi evaluasi keberlanjutan program. Hasil analisis data pre test dan post test terdapat peningkatan skor rata-rata pengetahuan masyarakat, dari 74.5 meningkat menjadi 87.8. Terdapat peningkatan kemampuan kognitif berupa peningkatan pengetahuan penderita diabetes sebelum dan sesudah diberikan edukasi. Sebagai upaya memperbaiki gaya hidup penderita diabetes mellitus dibutuhkan pengetahuan dan kemampuan melakukan aktifitas psikomotorik yang membantu regulasi gula darah dengan baik. Oleh karena itu pemberian edukasi oleh tenaga kesehatan dan kemampuan melakukan aktifitas psikomotorik dapat dilakukan, secara continue untuk menekan komplikasi akibat DM.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anggraeni, N. C., Widayati, N., & Sutawardana, J. H. (2020). Peran Perawat sebagai Edukator terhadap Persepsi Sakit pada Pasien Diabetes Mellitus Tipe 2 Kabupaten Jember. jurnal pendidikan keperawatan indonesia, 6(1). https://doi.org/10.17509/jpki.v6i1.24364

Azmiardi, A., Murti, B., Febrinasari, R. P., & Tamtomo, D. G. (2021). The effect of peer support in diabetes self-management education on glycemic control in patients with type 2 diabetes: A systematic review and meta-Analysis. In Epidemiology and Health (Vol. 43). Korean Society of Epidemiology. https://doi.org/10.4178/epih.e2021090

Chawla, S. S., Kaur, S., Bharti, A., Garg, R., Kaur, M., Soin, D., Ghosh, A., & Pal, R. (2019). Impact of health education on knowledge, attitude, practices and glycemic control in type 2 diabetes mellitus. Journal of Family Medicine and Primary Care, 8(1), 261. https://doi.org/10.4103/jfmpc.jfmpc_228_18

Fisher, W. A. (2003). The Information–Motivation– Behavioral Skills Model: A General Social Psychological Approach to Understanding and Promoting Health Behavior. In Social Psychological Foundations of Health and Illness (pp. 82–106). Blackwell Publishing Ltd.

International Diabetes Federation. (2021). IDF Diabetes Atlas 10th edition. www.diabetesatlas.org

Kemenkes RI. (2018). laporan provinsi jawa timur riskesdas 2018. Lembaga penerbit badan penelitian dan pengembangan kesehatan (LPB).

Mahmoodi, S. A., & Shamsi, M. (2015). Life-Style from the Perspective of Islam and Modern Medicine. 12(4), 341–348. https://doi.org/10.5829/idosi.wjms.2015.12.4.95156

Nelson, L. A., Wallston, K. A., Kripalani, S., Lestourgeon, L. M., Williamson, S. E., & Mayberry, L. S. (2018). Assessing barriers to diabetes medication adherence using the Information-Motivation- Behavioral skills model. Diabetes Research and Clinical Practice, 142, 374–384. https://doi.org/10.1016/j.diabres.2018.05.046

Peyrot, M., Skovlund, S. E., Radzio, R., & Kokoszka, A. (2019). Psychological well-being and diabetes-related distress in states of type 2 diabetes in the first multi-national Diabetes Attitudes, Wishes and Needs (DAWN) Study. Clinical Diabetology, 8(3), 167–175. https://doi.org/10.5603/DK.2019.0012

Pudiyanti, P., & Afriani, T. (2020). kajian literatur : peranan teknologi informasi kesehatan pada perawatan diabetes mellitus literature review: the role of health information technology in the care of diabetes mellitus. In Nursing Current (Vol. 8, Issue 1).

Ridwan, A., Barri, P., & Nizami, N. H. (2018). efektivitas diabetes self management education melalui sms terhadap pengetahuan penderita diabetes mellitus: a pilot study Effect of Diabetes Self Management Education through SMS on Knowledge of Diabetic Patients: A Pilot Study. Idea Nursing Journal, IX(1).

Soelistijo, soebagiyo adi. (2019). pedoman pengelolaan dan pencegahan diabetes melitus tipe 2 di indonesia. pb perkeni.

Woon, L. S. C., Sidi, H. Bin, Ravindran, A., Gosse, P. J., Mainland, R. L., Kaunismaa, E. S., Hatta, N. H., Arnawati, P., Zulkifli, A. Y., Mustafa, N., & Leong Bin Abdullah, M. F. I. (2020). Depression, anxiety, and associated factors in patients with diabetes: Evidence from the anxiety, depression, and personality traits in diabetes mellitus (ADAPT-DM) study. BMC Psychiatry, 20(1). https://doi.org/10.1186/s12888-020-02615-y

Downloads

Published

2023-10-25

How to Cite

Umdatus Soleha, Umi Hanik, & Siti Nurjanah. (2023). The Information Motivation Behavioral Skill Model: EDUACT (Pemberian Edukasi dan Peningkatan Aktivitas) sebagai Upaya Perbaikan Gaya Hidup Penderita Diabetes Mellitus di Wilayah Puskesmas Simomulyo Surabaya. PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT, 3(1), 590–596. Retrieved from https://conferences.unusa.ac.id/index.php/snpm/article/view/1308