Penerapan Teknik Jigsaw dalam Pembelajaran Bahasa Inggris

Authors

  • Mujad Didien Afandi Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya, Indonesia
  • Nailul Authar Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya, Indonesia
  • Novi Rahmania Aquariza Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya, Indonesia
  • Destita Shari Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya, Indonesia
  • Imam Achda Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.33086/snpm.v3i1.1254

Keywords:

Teknik jigsaw; Pembelajaran kooperatif; SCL; TCL; Persepsi

Abstract

Latar Belakang. Pembelajaran bahasa Inggris di sekolah dasar masih dilaksanakan dengan menggunakan teknik lama. Hal ini menyebabkan rendahnya partisipasi siswa dalam pembelajaran. Oleh karena itu, program Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) ini perlu dilaksanakan untuk mencapai efektivitas dalam pembelajaran bahasa Inggris. PkM ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan teknik jigsaw dalam pembelajaran bahasa Inggris dan mengetahui persepsi siswa tentang manfaat dari teknik tersebut. Metode. Program pengabdian kepada masyarakat (PkM) ini dilaksanakan di sekolah mitra, yaitu MI IU yang berlokasi di Desa Pranti, Sedati, Sidoarjo. Pada tahap persiapan, tim ini melakukan kunjungan mitra untuk membicarakan masalah yang dihadapi oleh siswa dalam pembelajaran bahasa Inggris dan mendiskusikan solusi yang dapat dicapai untuk mengatasi masalah yang dihadapi. Pada tahap pelaksanaan, tim ini memasuki kelas bahasa Inggris dan berkolaborasi dengan guru sekolah untuk menerapkan teknik jigsaw. Pada tahap evaluasi, tim ini membagikan kuesioner tentang manfaat penggunaan teknik jigsaw dalam pembelajaran bahasa Inggris. Hasil dan Pembahasan. Pengaplikasian teknik jigsaw dalam pembelajaran telah mengikuti prosedur yang tepat sesuai dengan petunjuk Elliot Aronson, tokoh pengembang teknik kooperatif tersebut. Selain itu, para siswa juga menunjukkan persepsi positif terhadap manfaat teknik jigsaw. Teknik ini dapat menciptakan lingkungan belajar yang positif, mendukung Student-Centered Learning (SCL), mendukung pembelajaran kooperatif, dan membantu siswa memperoleh kosakata. Kesimpulan. Teknik jigsaw berguna dalam pembelajaran bahasa Inggris, khususnya dalam perolehan kosakata. Mengingat manfaat yang diperoleh siswa setelah penerapan teknik jigsaw untuk belajar bahasa Inggris, teknik ini juga direkomendasikan untuk meningkatkan keterampilan bahasa Inggris lainnya, seperti listening (menyimak), speaking (berbicara), reading (membaca), dan writing (menulis).

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adams, F. H. (2013). Using Jigsaw Technique as an Effective Wayof Promoting Co-Operative Learning among Primary Six Pupils in Fijai. International Journal of Education and Practice, 1(6), 64-74. doi:10.18488/journal.61/2013.1.6/61.6.64.74

Aronson, E. (2023). Jigsaw Classroom. Retrieved from https://www.jigsaw.org/

Benes, S., & Alperin, H. (2023). Characteristics of a Positive Learning Environment. Retrieved from https://us.humankinetics.com/blogs/excerpt/characteristics-of-a-positive-learning-environment#:~:text=A%20positive%20learning%20environment%20is,and%20between%20yourself%20and%20students.

Destirahmawati. (2021). Improving Students' Vocabulary Mastery through Jigsaw Techniques in 21st Century Journal of Educational Study, Volume 1(2). doi:10.36663/joes.v1i2.153

Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi, R., dan Teknologi (Diktiristek)). (2022). Kampus Mengajar. Retrieved from https://kampusmerdeka.kemdikbud.go.id/program/mengajar

Keiler, L. S. (2018). Teachers’ roles and identities in student-centered classrooms. International Journal of STEM Education, 5(1), 34. doi:10.1186/s40594-018-0131-6

Kementerian Riset, T., dan Pendidikan Tinggi. (2017). Rencana Induk Riset Nasional. Retrieved from http://rirn.ristekdikti.go.id

Kousa, M. A. (2015). Jigsaw cooperative learning in engineering classrooms. Paper presented at the IEEE Global Engineering Education Conference (EDUCON), Tallinn, Estonia.

Love, O. C., & Okonkwo, J. A. (2019). Jigsaw Technique As Effective Way Of Promoting Co-OperativeLearning Among Primary School Pupils In Awka South LGA. International Journal of Innovative Research and Advanced Studies (IJIRAS), 6(7).

Namaziandos, E., Gilakjani, A. P., & Hidayatullah. (2020). Enhancing pre-intermediate EFL learners’ reading comprehension through the use of Jigsaw technique. Cogent Arts and Humanities, 7(1).

Putri, D. S. A. (2013). The Use of Jigsaw II Technique and Still Pictures Combination to Improve Students' Vocabulary Mastery. Journal of English Language Teaching, 2(2).

Putri, H. S. D. Y. A., & Yosintha, R. (2022). The Use of Breakout Rooms Discussion in Jigsaw Online Learning Class Developing Creativity and Increasing Student Engagement. English Language Teaching and Research Journal, 6(2), 86-95.

Siregar, N. C. M., & Girsang, C. N. (2020). The Effect of Using Jigsaw Technique on Students’ Vocabulary Ability at SMP Swasta Kartika 1-2 Medan Journal of English Education and Teaching (JEET), 4(1).

Umam, K. (2021). The Use of JIGSAW to Improve The Student’s Vocabulay for The Eight Year Students of MTs Miftahul Ulum. Pedagogika: Jurnal Ilmu-Ilmu Kependidikan, 1(1), 22-25.

Downloads

Published

2023-10-24

How to Cite

Afandi, M. D., Authar, N., Aquariza, N. R., Shari, D., & Achda, I. (2023). Penerapan Teknik Jigsaw dalam Pembelajaran Bahasa Inggris . PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT, 3(1), 256–272. https://doi.org/10.33086/snpm.v3i1.1254