Implementasi Metode Hafalan Berbasis Nyanyian Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Di Sekolah Dasar

Authors

  • Ike Marcelia Shofaningtias
  • Muhammad Sukron Djazilan

Keywords:

Metode hafalan dengan nyanyian, Hasil belajar, suku bangsa, ibukota di Indonesia

Abstract

Setiap akhir pembelajaran semua siswa diharapkan mampu memenuhi Kriteria Ktuntasan Minimal (KKM) yang artinya pemahaman siswa akan materi yang ada dalam mata pelajaran telah terpenuhi. Namun pada kenyataan di lapangan diperoleh pernyataan bahwa kemampuan pemahaman siswa dalam pembelajaran tema mata pelajaran IPS khususnya dalam materi keberagaman suku bangsa di lingkungan kabupaten/ kota dan provinsi masih belum sesuai dengan harapan. Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan hasil belajar, prestasi dan ketuntasan belajar siswa. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan metode hafalan dengan nyanyian agar siswa lebih mudah menerima materi pembelajaran sekaligus pembelajaran menjadi lebih menyenangkan. Penelitian dilaksanakan melalui pra siklus dan 1 siklus perbaikan untuk materi berbagai macam suku bangsa dan nama ibu kota propinsi yang ada di Indonesia pada mata pelajaran IPS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa meningkat. Pada tahap Pra Siklus (sebelum perbaikan) hanya ada 15 dari 39 siswa atau 38,46% yang mengalami ketuntasan belajar, dan mengalami peningkatan yang signifikan pada Siklus I menjadi 34 dari 39 siswa atau 87,17%, dan secara klasikal telah memenuhi ketuntasan belajar yaitu lebih atau sama dengan 75% siswa yang tuntas. Jadi kesimpulannya metode pembelajaran hafalan berbasis nyanyian pada materi berbagai macam suku bangsa dan nama ibu kota propinsi yang ada di Indonesia pelajaran IPS Kelas VC SD Negeri Petemon X / 358 Surabaya tahun pelajaran 2018/2019 dapat meningkatkan hasil belajar siswa secara signifikan.

References

Arikunto, Suharmi. 2013. Prosedur Penelitian Suatu pendekatan Praktik. Jakarta : PT Rineka Cipta.

Arsyad, Azhar. 2014. Media Pembelajaran. Jakarta : Rajawali Pers.

Diana Karitas, Fransiska. 2017. Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2016 : Tema 6 Kelas V. Jakarta : Pusat Kurikulum dan Pembukuan Balitbang Kemendikbud.

KBBI, 2016. Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). [Online] Available at: http://kbbi.web.id/pusat, [Diakses 31 Januari 2019].

KBBI, 2016. Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). [Online] Available at: http://kbbi.web.id/rehabilitasi [Diakses 31 Januari 2019].

Kurniawan, Deni. 2014. Pembelajaran Terpadu Tematik (Teori, Praktik dan Penilaian). Bandung : Alfabeta.

Purwanto. 2013. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Sapriya. 2011. Pendidikan IPS. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Wina Senjaya. 2006. Strategi Pembelajaran;Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Downloads

Published

2020-12-30

How to Cite

Marcelia Shofaningtias, I., & Sukron Djazilan, M. (2020). Implementasi Metode Hafalan Berbasis Nyanyian Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Di Sekolah Dasar. NATIONAL CONFERENCE FOR UMMAH (NCU) 2020, 1(1), 605–610. Retrieved from https://conferences.unusa.ac.id/index.php/NCU2020/article/view/686