Peningkatan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Media Video Pembelajaran Pada Siswa Kelas VI SD Negeri 4 Sidoluhur Kecamatan Lawang Kabupaten Malang

Sebuah Penelitian Tentang Pengaruh Media Video Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Siswa

Authors

  • Desy Sari Adiyanti adiyanti
  • Siti M.Amin Ibrahim muslimin

Keywords:

Learning Video Media, Learning Outcomes

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah menerapkan media video pembelajaran, untuk   meningkatkan hasil belajar siswa dalam kegiatan pembelajaran daring Tema 5 Globalisasi Kelas VI.  . Penelitian Tindakan Kelas ini dilakukan karena Rendahnya  hasil belajar siswa, selain itu untuk mengatahui pengaruh penggunaan penerapan Media Pembelajaran video pada pembelajaran yang dilaksanakan di kelas 6  . Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dilakukan melalui 2 siklus, serta menggunakan teknik tes dan NonTes. Subyek penelitian adalah Siswa kelas 6 SD Negeri 4 Sidoluhur yang berjumlah 13 anak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya perubahan hasil belajar siswa, yakni rata-rata hasil belajar siswa meningkat dari rata-rata 70,4 menjadi 76, kemudian menjadi 88. Sedangkan ketuntasan belajar siswa dari 23 % meningkat menjadi 61 %, kemudian meningkat lagi menjadi 100 %.. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan Media Pembelajaran Video dapat meningkatkan hasil belajar Siswa Kelas 6 SD Negeri 4 Sidoluhur.

The purpose of this study is to apply instructional video media, to improve student learning outcomes in online learning activities Theme 5 Globalization Class VI. . This Classroom Action Research was conducted because of the low student learning outcomes, in addition to knowing the effect of using video learning media on learning carried out in grade 6. Classroom Action Research (CAR) was carried out in 2 cycles, using test and non-test techniques. The research subjects were students in grade 6 SD Negeri 4 Sidoluhur, totaling 13 children. The results showed that there was a change in student learning outcomes, namely the average student learning outcomes increased from an average of 70.4 to 76, then to 88. While student learning completeness from 23% increased to 61%, then increased again to 100% .. The results of the study can be concluded that the application of Video Learning Media can improve the learning outcomes of Grade 6 Students SD Negeri 4 Sidoluhur.

 

References

Airtanah, A. 2014. “Bab Ii Kajian Teori.” Bab Ii Kajian Teori (1):9–34.

Aprindyana, Nurul. 2013. “PENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS MENGGUNAKAN MEDIA VIDEO PADA SISWA KELAS IV SDN KARANGPILANG I SURABAYA Nurul Aprindyana.” Jural Pendidikan 1–9.

Arum Perwitasari, Zaenal. 2014. “PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN PKn MELALUI MODEL TIME TOKEN ARENDS DENGAN MEDIA AUDIO VISUAL.” Joyful Learning Journal 3(1):31–37. doi: 10.15294/jlj.v3i1.5894.

Hartono. 2009. “Langkah-Langkah Penelitian Tindakan Kelas.” 1–24.

Legiman, Legiman. 2015. “Penelitian Tindak Kelas (PTK).” LPMP Yogyakarta 1(1):1–15.

Prihantoro, Agung, and Fattah Hidayat. 2019. “Melakukan Penelitian Tindakan Kelas.” Ulumuddin : Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman 9(1):49–60. doi: 10.47200/ulumuddin.v9i1.283.

Septiasih, Ni Wayan Ari. dkk. 2016. “Penerapan Project Based Learning Berbantuan Video Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar IPA Di SD.” Jurnal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha 4:1–11.

Sumini. 2015. “Penelitian Tindakan Kelas Dan Pengembangan Profesi Guru.” Jurnal Pendidikan 2(2):1–17.

Downloads

Published

2020-12-31

How to Cite

Sari Adiyanti, D., & Ibrahim muslimin, S. M. . (2020). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Media Video Pembelajaran Pada Siswa Kelas VI SD Negeri 4 Sidoluhur Kecamatan Lawang Kabupaten Malang: Sebuah Penelitian Tentang Pengaruh Media Video Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Siswa. NATIONAL CONFERENCE FOR UMMAH (NCU) 2020, 1(1). Retrieved from https://conferences.unusa.ac.id/index.php/NCU2020/article/view/645