Literature Review: Peningkatan Berat Badan Pada Akseptor KB Suntik Tiga Bulan

Authors

  • Vina Sari Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya
  • Wiwik Afridah

Keywords:

Acceptors, Three Months Injection Family Planning, Weight

Abstract

Kontrasepsi suntik paling banyak digunakan oleh masyarakat, khususnya kontrasepsi suntik tiga bulan Depo Medroxy Progesteron Asetat (DMPA). Literature review ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan berat badan KB suntik tiga bulan. Penelitian ini menggunakan metode literature review dengan sumber data yang dicari melalui database google scholar dan portal garuda dengan rentang tahun 2015-2020. Kata kunci yang digunakan yakni “peningkatan berat badan KB suntik tiga bulan” dan “KB suntik tiga bulan dengan berat badan”. Hasil tahap screening mendapatkan 20 artikel yang sesuai dengan penelitian ini. Pengolahan dan analisis data menggunakan teknik Population, Intervention, Comparison, Outcome (PICO). Hasil membuktikan bahwa peningkatan berat badan pada akseptor KB suntik tiga bulan terdapat 10 artikel dari total 20 artikel bahwa ≥ 50% mengalami peningkatan berat badan. Hal ini menunjukkan bahwa peningkatan berat badan yang dialami oleh akseptor KB suntik tiga bulan bersifat individual. Kesimpulan pada penelitian ini kenaikan berat badan untuk setiap tahun rata-rata 1-5 kg pada akseptor KB suntik tiga bulan. Lama pemakaian KB suntik 3 bulan ≥ 1 tahun juga dapat mengakibatkan peningkatan berat badan. Saran pada penelitian ini untuk akseptor KB suntik tiga bulan bisa lebih cermat dalam membandingkan efek samping dari penggunaan KB suntik dan jenis KB lainnya, sehingga akseptor dapat mempertimbangkan alternatif KB sesuai kebutuhannya.

References

Affandi B. (2013). Buku Panduan Praktis Pelayanan Kontrasepsi. Jakarta: PT Bina Pustaka Sarwono Prawirohardjo.

Andriani, Marlina. (2018). “Hubungan Pemakaian Kontrasepsi Depo Provera Dengan Kenaikan Berat Badan Pada Akseptor KB Suntik DI BPS ‘S’ Kabupaten Agam.” Afiyah 5(1): 30–35.

Febriani, R. & Ramayanti, I. (2020). Analisis Perubahan Berat Badan pada Pemakaian KB Suntik Depo Medroksi Progesteron Asetat (DMPA). Jurnal Aisyiyah Medika, 5(1), pp.113–121.

Handayani, Pebri, Pertiwi Perwiraningtyas & Susmini. (2019). “Hubungan Penggunaan Kontrasepsi Suntik 3 Bulan Dengan Peningkatan Berat Badan Pada Akseptor KB.” Nursing News 4(1): 171–80.

Irawati, Ayu. (2017). “Pengaruh Kontrasepsi Suntik Terhadap Peningkatan Berat Badan Dengan Lama Penggunaan Pada Akseptor KB Di Puskesmas Lompoe Kota Parepare.” Jurnal Kesehatan Lentera Acitya 4(4): 5–12.

Indrianingrum, I. (2016). Peningkatan Berat Badan pada Kontrasepsi Depo Medroksi Progesteron Asetat Dan Suntikan Kombinasi Di Kabupaten Jepara. The 4 th University Research Coloquium, 4(1), pp.145–152.

Irianto. (2014). Ilmu Kesehatan Masyarakat. Bandung: Alfabet.

Hartanto. (2012). Keluarga Berencana Dan Kontrasepsi. Jakarta: Pustaka Sinar Harapan.

Malthus, Thomas, Julian, Huxley, Frederick, O. (2014). Ledakan Penduduk Prinsip-Prinsip Kependudukan Dan Pengendaliannya. Bandung: Nuansa Cendekia.

Manurung, Nixson. (2018). “Hubungan Penggunaan Alat Kontrasepsi Hormonal Dengan Peningkatan Berat Bedan Pada Akseptor KB.” Jurnal Ilmiah Keperawatan.

Moloku, M., Hutagaol, E. & Masi, G. (2016). Hubungan Lama Pemakaian Lama Kontrasepsi Suntik 3 Bulan dengan Perubahan Berat Badan DI Puskesmas Ranomuut Manado. ejournal Keperawatan, 4(1), pp.1–8.

Nuryanti, Sri, Rita Yulifah, & Susmini. (2017). “Hubungan Lama Pemakaian KB Suntik 3 Bulan Depo Medroksi Progesteron Asetat (DMPA) Dengan Indekas Massa Tubuh (IMT) Di BPS Tutik Prasetyo Joyo Grand Malang.” Nursing News 2(1): 53–57.

Panjaitan, Br Iriyanti Betti, Yusro M Hadi & Yuliawati. (2017). “Hubungan Antara Jenis Kontrasepsi Suntik Dan Lama Pemakaian Dengan Kenaikan Berat Badan Pada Akseptor KB.” Jurnal Kesehatan Metro Sai Wawai 10(1): 10–15.

Rahayu, Budi Tri. (2017). “Efek Samping Akseptor KB Suntik Depo Medroksi Progesterone Asetat (DMPA) Setelah 2 Tahun Pemakaian.” Wijanarko, Nova 8(1): 32–38.

Safitri, A., Ilyas, H. & Nurhayati. (2015). Hubungan Pemakaian Alat Kontrasepsi Suntik tiga Bulan Depo Medroksi Progesterone Asetat (DMPA) dengan Perubahan Berat Badan. Jurnal Keperawatan, 11(2), pp.204–210.

Setyorini, Catur, Lieskusumastuti & Anita Dewi. (2019). “Hubungan Lama Pemakaian KB Suntik Dengan Peningkatan Berat Badan Pada Akseptor KB Suntik Di Klinik Harapan Bunda Sawit Boyolali.” Jurnal Kebidanan Indonesia 10(1): 126–36.

SKAP. (2019). Laporan Kinerja BKKBN. Jakarta.

Solang, Sesca D, Robin Dompas & Degi Ardini Bitjara. (2017). “Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kenaikan Berat Badan Pada Akseptor Kontrasepsi Sunntik Di Puskesmas Ranotana Weru Kecamatan Wanea Kota Manado.” Kebidanan Poltekkes Kemenkes Manado 3(1): 567–74.

Suli, T. & Subiyatun, S. (2018). Hubungan Penggunaan Kontrasepsi Suntik Depo Medroxsi Progesteron Asetat (DMPA) dengan Kejadian Peningkatan Berat Badan Di BPS Istri Utami Sleman. Jurnal Universitas ’Aisyiyah Yogyakarta, 1(1), pp.1–8.

Downloads

Published

2020-12-30

How to Cite

Sari, V., & Afridah, W. (2020). Literature Review: Peningkatan Berat Badan Pada Akseptor KB Suntik Tiga Bulan. PROSIDING NATIONAL CONFERENCE FOR UMMAH, 1(1). Retrieved from https://conferences.unusa.ac.id/index.php/NCU2020/article/view/640