LITERATURE REVIEW: ANALISIS PENGARUH EKUITAS MEREK TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN DI RUMAH SAKIT

Authors

  • Dyah Pramesti Ayu Wardhani Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya
  • Abdul Hakim Zakkiy Fasya
  • Satriya Wijaya

Keywords:

Brand Equity, Customer Loyalty, Hospital

Abstract

Masuknya Indonesia dalam era globalisasi, memacu peningkatan pertumbuhan rumah sakit baru, serta perpindahan orientasi rumah sakit menjadi orientasi profit, mengakibatkan persaingan yang semakin ketat antar rumah sakit di Indonesia. Sehingga rumah sakit harus mempertahankan ekuitas merek rumah sakit. Literature review ini bertujuan untuk mengidentifikasi pengaruh antara ekuitas merek terhadap loyalitas pelanggan di rumah sakit, serta elemen ekuitas merek yang dominan untuk penerapan di rumah sakit. Literature review ini dilakukan dengan metode traditional literature review. Sumber artikel didapatkan dari database Google Scholar dan Portal Garuda, dengan rentang tahun dari 2011-2020. Kata kunci ‘pengaruh ekuitas merek terhadap loyalitas’, ‘pengaruh ekuitas merek terhadap loyalitas pelanggan rumah sakit’, dan ‘ekuitas merek di rumah sakit’. Didapatkan 18 artikel dari 3.385 artikel, yang selanjutnya dilakukan pengolahan data metode ilustratif dengan menggambarkan variabel dan di analisis untuk mencari adanya pengaruh antar variabel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ekuitas merek secara langsung berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa asosiasi merek sebagai elemen ekuitas merek yang dominan memperkuat ekuitas merek dalam penerapannya di rumah sakit. Kesimpulan penelitian yaitu terdapat pengaruh antara ekuitas merek terhadap loyalitas pelanggan di rumah sakit. Asosiasi merek merupakan elemen yang dominan memengaruhi nilai kekuatan ekuitas merek.

Kata kunci: Ekuitas Merek, Loyalitas Pelanggan, Rumah Sakit

References

Aaker, D. A. (2013). Manajemen Ekuitas Merek (Alih Bahas; A. Ananda, Ed.). Jakarta: Spektrum Mitra Utama.

Adisasmito, W. (2008). Kesiapan Rumah Sakit Dalam Menghadapi Globalisasi. In Case Study: Analisis Kebijakan Kesehatan (pp. 1–17). Retrieved from https://staff.blog.ui.ac.id/wiku-a/files/2009/02/kesiapan-rs-dlm-menghadapi-globalisasi_edited.pdf

Angela, N., & Adisasmito, W. B. B. (2019). Brand Equity and Customer’s Loyalty in Healthcare Setting: A Narrative Review. Jambi Medical Journal, 7(2), 190–199. Retrieved from https://online-journal.unja.ac.id/kedokteran/article/view/8027

Armadani, F. N., Supriyadi, S., & Ulfah, N. H. (2018). Hubungan Brand Equity (Brand Awarenees, Brand Associations, Perceived Quality) dengan Keputusan Pemanfaatan Klinik Laktasi di Rumah Sakit Muhammadiyah Lamongan. Preventia : The Indonesian Journal of Public Health, 3(1), 49. https://doi.org/10.17977/um044v3i1p49-65

Asriani, I., Usman, & Majid, M. (2019). Pengaruh Ekuitas Merek Terhadap Keputusan Pemanfaatan Pelayanan Rawat Jalan Rumah Sakit Ibu dan Anak Ananda Trifa Kota Parepare. Jurnal Ilmiah Manusia Dan Kesehatan, 2(3), 354–366. Retrieved from https://jurnal.umpar.ac.id/index.php/makes/article/view/178

Faridha, S., & Farid. (2017). Pengaruh Corporate Branding Terhadap Keputusan Pembelian Dengan Ekuitas Merek Sebagai Variabel Mediasi Pada Rumah Sakit Ibu dan Anak Kota Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi Manajemen, 2(1), 1–16. Retrieved from http://jim.unsyiah.ac.id/EKM/article/view/1791/3256

G, Z. A., Pasinringi, S. A., & Anggraeni, R. (2013). Studi Persepsi Pasien Rawat Jalan Tentang Brand Equity Rumah Sakit Universitas Hasanuddin Tahun 2013. Jurnal MKMI, 1–10. Retrieved from https://core.ac.uk/download/pdf/25491051.pdf

Hartono, B. dwi, & Aprilianti, R. K. A. (2017). Pengaruh Corporate Brand Equity (CBE) dan Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Pelanggan. Jurnal Manajemen Kebijakan Bisnis Dan Publik, 2(1), 1–14. https://doi.org/10.1007/978-3-322-82361-8_10

Kartika, R. S., Kapalawi, I., & Pasinringi, S. A. (2013). Gambaran Persepsi Pasien Rawat Inap Mengenai Brand Equity Rumah Sakit Universitas Hasanuddin Tahun 2013. Jurnal MKMI, 1–15. Retrieved from https://core.ac.uk/download/pdf/25491012.pdf

Kementerian Kesehatan RI. (2019). Jumlah Rumah Sakit Di Indonesia. Retrieved April 20, 2020, from http://sirs.yankes.kemkes.go.id/fo/

Kusumaningrum, A. (2019). Pengaruh Brand Equity terhadap Minat Memanfaatkan Kembali Layanan Kesehatan di Instalasi Rawat Jalan Rumah Sakit Paru Dungus Madiun Tahun 2019 (Madiun: Stikes Bhakti Husada Mulia Madiun). Retrieved from http://repository.stikes-bhm.ac.id/566/

Laurencia, S. (2017). Pengaruh Repositioning Sour Sally Terhadap Brand Equity Sour Sally (Bandung: Fakultas Ekonomi Universitas Katolik Parahyangan). Retrieved from http://repository.unpar.ac.id/bitstream/handle/123456789/1050/Cover - Bab1 - 1212160sc-p.pdf?sequence=1&isAllowed=y

Mukaram, A., Sangen, M., & Rifani, A. (2018). The Effect Of Brand Equity On Purchase Decisions At Banjarmasin Islamic Hospital , Indonesia Services. European Journal of Economic and Financial Research, 3(2), 101–116. Retrieved from https://oapub.org/soc/index.php/EJEFR/article/view/496

Nugroho, I. S., & Rochmah, T. N. (2013). Analisis Pengaruh Brand Equity Terhadap Keputusan Masyarakat dalam Memilih Rumah Sakit Muhammadiyah Surabaya. Jurnal Administrasi Kesehatan Indonesia, 1(2004), 147–155. Retrieved from http://repository.unair.ac.id/23213/

Rimiyati, H., & Astuti, D. (2012). Analisis Elemen-Elemen Brand Equity Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Gombong. JMMR (Jurnal Medicoeticolegal Dan Manajemen Rumah Sakit), 1(1), 1–11. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004

Rusydi, A. R., Pasinringi, S. A., & Abdullah, R. (2011). Analsis Faktor-faktor yang Membentuk Ekuitas Merek Rumah Sakit Tadjuddin Chalid Makassar. Jurnal MKMI, 6(2), 133–140. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004

Sari, D. N., Sandra, C., & Utami, S. (2018). Gambaran Persepsi Pasien Instalasi Rawat Inap Mengenai Brand Equity Rumah Sakit Tingkat III Baladhika Husada Jember Tahun 2018. Jurnal IKESMA, 14(2), 83–101. Retrieved from https://jurnal.unej.ac.id/index.php/IKESMA/article/view/8366

Sujani, S., & Harjoko, I. E. (2014). Pengaruh Brand Equity Dan Customer Value Terhadap Customer Satisfaction Rumah Sakit. EKUITAS (Jurnal Ekonomi Dan Keuangan), 18(4), 470. https://doi.org/10.24034/j25485024.y2014.v18.i4.2168

Sumarni. (2018). Pengaruh Brand Equity Terhadap Minat Pemanfaatan Kembali Pelayanan pada Instalasi Rawat Inap Rumah Sakit Ibnu Sina Makassar. Indonesian Journal of Hospital Administration, 1(1), 1–10. Retrieved from https://ejournal.almaata.ac.id/index.php/IJHAA/article/view/753

Syukri, A. (2018). Analisis Pengaruh Ekuitas Merek dan Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Pelanggan (Studi Kasus Rumah Sakit Syarif Hidayatullah). Jurnal Semarak, 1(2), 1–20. Retrieved from http://openjournal.unpam.ac.id/index.php/smk/article/view/1799

Tobing, A. S., & Ngatindriatun. (2019). Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Ekuitas Merek Terhadap Loyalitas Pelanggan. ECONBANK: Journal of Economics and Banking, 1(1), 1–14. https://doi.org/10.37932/j.e.v9i2.64

Wardani, E. K. (2018). Pengaruh Kualitas Persepsian Pada Ekuitas Merek Yang Dimediasi Oleh Kesetiaan Merek (Surakarta: Fakultas Ekonomi Universitas Setia Budi Surakarta; Vol. 7). Retrieved from http://repository.setiabudi.ac.id/479/2/SKRIPSI PDF FIKS Erviana Kusuma Wardani.pdf

Wijayanti, A. I. (2014). Upaya PKU Muhammadiyah Membangun Loyalitas Pelanggan Melalui Kualitas Layanan dan Image dalam Meningkatkan Brand Equity (Surakarta: Fakultas Komunikasi dan Informatika Universitas Muhammadiyah Surakarta). https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004

Downloads

Published

2020-12-30

How to Cite

Wardhani, D. P. A., Hakim Zakkiy Fasya, A., & Wijaya, S. (2020). LITERATURE REVIEW: ANALISIS PENGARUH EKUITAS MEREK TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN DI RUMAH SAKIT. PROSIDING NATIONAL CONFERENCE FOR UMMAH, 1(1). Retrieved from https://conferences.unusa.ac.id/index.php/NCU2020/article/view/618