ANALISIS CASH HOLDING, PROFITABILITAS, VALUE, SIZE, KEPEMILIKAN MANAJERIAL DAN KEPEMILIKAN INSTITUSIONAL TERHADAP INCOME SMOOTHING (STUDI KASUS PERUSAHAAN PERTAMBANGAN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA TAHUN 2014-2018)

Authors

  • Firdha Putri Andini Firdha Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya
  • Heni Agustina Heni Agustina

Keywords:

Cash Holding, Profitabilitas, Firm Value, Firm Size, Leverage, Kepemilikan Manajerial dan Kepemilikan Institusional dan Income Smoothing

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisa pengaruh Cash Holding, Profitabilitas, Value, Size, leverage, Kepemilikan Manajerial dan Kepemilikan Institusional terhadap Income Smoothing pada perusahaan pertambangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Sampel yang digunakan terdiri dari 6 perusahaan pertambangan dari tahun 2014-2018 dengan menggunakan metode purposive sampling. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah statistik deskriptif, uji asumsi klasik, analisis regresi berganda kemudian pengujian hipotesis. Berdasarkan hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa selama periode 2014-2018 cash holding, profitabilitas, firm value, firm size dan kepemilikan manajerial berpengaruh positif dan signifikan terhadap income smoothing. Sedangkan untuk leverage dan kepemilikan institusional tidak berpengaruh terhadap income smoothing. Secara simultan, variabel cash holding, profitabilitas, firm value, firm size, leverage, kepemilikan manajerial dan kepemilikan institusional berpengaruh terhadap income smoothing

Author Biography

Heni Agustina Heni Agustina

Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya

References

Aji, D. Y., & Mita, A. F. (2010). Pengaruh profitabilitas, risiko keuangan, nilai perusahaan, dan struktur kepemilikan terhadap praktek perataan laba: studi empiris perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI. Simposium Nasional Akuntansi XIII Purwokerto, 13, 1-30.

Cendy, Y. P., & Fuad, F. (2013). Pengaruh Cash Holding, Profitabilitas, dan Nilai Perusahaan terhadap Income Smoothing (Studi Empiris pada Perusahaan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2009-2011) (Doctoral dissertation, Fakultas Ekonomika dan Bisnis).Hepworth, S R. (1953). Smoothing periodic income. The accounting review, 28(1), 32-39.

Hery. 2015. Analisis Laporan Keuangan. Edisi 1. Yogyakarta: Center For Academic Publishing Services.

Corolina, C., & Juniarti, J. (2005). Analisa faktor-faktor yang berpengaruh terhadap perataan laba (Income smoothing) pada perusahaan-perusahaan go public. Jurnal Akuntansi dan Keuangan, 7(2), 148-162.

Mambraku, M. E., & Hadiprajitno, P. B. (2014). Pengaruh Cash Holding dan Struktur Kepemilikan Manajerial Terhadap Income smoothing (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2010-2012) (Doctoral dissertation, Fakultas Ekonomika dan Bisnis).Masodah, M. (2007). Praktik Perataan Laba Sektor Industri Perbankan Dan Lembaga Keuangan Lainnya Dan Faktor Yang Mempengaruhinya.

Rahmawati, D., & Muid, D. (2012). Analisis Faktor-faktor yang Berpengaruh Terhadap Praktik Perataan Laba (Studi pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di BEI Tahun 2007-2010) (Doctoral dissertation, Fakultas Ekonomika dan Bisnis).

Suwito, E., & Herawaty, A. (2012). Analisis pengaruh karakteristik perusahaan terhadap tindakan perataan laba yang dilakukan oleh perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Jakarta.

Downloads

Published

2020-12-30

How to Cite

Firdha, F. P. A., & Heni Agustina, H. A. (2020). ANALISIS CASH HOLDING, PROFITABILITAS, VALUE, SIZE, KEPEMILIKAN MANAJERIAL DAN KEPEMILIKAN INSTITUSIONAL TERHADAP INCOME SMOOTHING (STUDI KASUS PERUSAHAAN PERTAMBANGAN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA TAHUN 2014-2018). NATIONAL CONFERENCE FOR UMMAH (NCU) 2020, 1(1). Retrieved from https://conferences.unusa.ac.id/index.php/NCU2020/article/view/614