Model Pembelajaran Problem Basic Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Kelas V SDN Siwalankerto 1 Surabaya
Keywords:
Problem Basic Learning, Hasil Belajar, mateAbstract
Abstrak:Rahma Tri Wardhani, 2023, Model Pembelajaran Problem Basic Learning Untuk Meningkatkan
Hasil Belajar Matematika, Materi Pengolahan Dan Penyajian Data Kelas V SDN Siwalankerto 1 Surabaya.
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar matematika peserta didik kelas V materi
pokok pengolahan dan penyajian data. Penerapan pembelajaran berbasis masalah yang diterapkan dalam
mata pelajaran matematika memiliki peran dalam menciptakan pengalaman bermakna bagi proses belajar
peserta didik membangun pengetahuan. Subjek penelitian adalah peserta didik SDN Siwalankerto 1
Surabaya berjumlah 21 orang. Penelitian Tindakan kelas ini dilaksanakan pada periode 23 Mei 2023
hingga 30 Mei 2023. Pada Siklus 1 tanpa menggunakan metode Problem Basic Learning nilai rata-rata
kelas tidak mencapai nilai minimum KKM yaitu 69,9 dengan prosentase ketuntasan yaitu 42,9%.
Sedangkan pada siklus 2 setelah menggunakan metode Problem Basic Learning hasil belajar matematika
rata-rata kelas mencapai 83,2 dengan ketuntasan belajar 90%. Data ini membuktikan bahwa model
pembalajaran problem basic learning dapat meningkatkan hasil belajar matematika karena dapat
mempengaruhi factor motivasi belajar peserta didik dalam membangun pengetahuan.
References
Abidin, Z. (2020). Efektivitas Pembelajaran Berbasis Masalah, Pembelajaran Berbasis Proyek Literasi, dan Pembelajaran Inkuiri Dalam Meningkatkan Kemampuan Koneksi Matematis. Profesi Pendidikan Dasar, 7(1), 37–52. https://doi.org/10.23917/ppd.v7i1.10736, diakses 27 agustus 2023 jurnal online
Anik, Purwati. (2018). Peningkatan hasil belajar matematika poko bahasan sifat-sifat bangun datar dan bangun ruang melalui strategi true or false pada siswa kelas IV. Doi: Penelitian Tindakan Kelas | Pengertian, Contoh, Judul, Metode (rivierapublishing.id), diakses 27 agustus 2023 jurnal online
Ariyana, Y., Pudjiastuti, A., Bestary, R., & Zamroni. (2018). Buku Pegangan Pembelajaran Berorientasi pada Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi. Jakarta: Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, diakses 26 Agustus 2023 jurnal online
Depdiknas. (2006). Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar Mata Pelajaran Matematika SD dan Madrasah Ibtidaiyah. Jakarta: Depdiknas, diakses 26 Agustus 2023 jurnal online
Farisi, A. Hamid, A. & Melvina. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Konsep Suhu dan Kalor. Jurnal Ilmiah Mahasiswa (JIM) Pendidikan Fisika, 2(3), 283-287, diakses 26 Agustus 2023 jurnal online
Hmelo-Silver, C. E. (2004). Problem-Based Learning: What and How Do Students Learn? Educational Psychology Review, 16(3), 235–266. https://doi.org/10.1023/B:EDPR.0000034022.16470.f3,diakses 25 Agustus 2023 jurnal online
Kay, K. (2010). 21 st Century Skills: Why They Matter, What They Are, and How We Get There. In J. Bellanca & R. Brandt (Eds.), 21 st Century Skills: Rethinking How Students Learn (pp. xiii–xxxi). USA: Solution Tree Press, diakses 27 agustus2023 jurnal online
Nur Fitriani Zainal. ( 2022). Problem Based Learning pada Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar/ Madrasah Ibtidaiyah. JURNAL BASICEDU Volume 6 Nomor 3 Tahun 2022 Halaman 3584 – 3593 Research & Learning in Elementary Education. From doi: Problem Based Learning pada Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar/ Madrasah Ibtidaiyah | Zainal | Jurnal Basicedu (jbasic.org), diakses 26 Agustus 2023 jurnal online
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Categories
License
Copyright (c) 2023 RAHMA WARDHANI
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.