Peningkatan Hasil Belajar Siswa menggunakan Model Pembelajaran Inkuiri pada Pembelajaran Ipa Kelas V SDN Jemirahan Kecamatan Jabon Kabupaten Sidoarjo
Keywords:
model pembelajaran inkuiri, hasil belajar, pembelajaran IPAAbstract
Pelaksanaan pembelajaran yang baik dapat memberikan hasil yang optimal bagi peserta didik.
Untuk melaksanakan pembelajaran yang baik diperlukan model pembelajaran yang sesuai dengan
karakteristik materi pembelajarannya. Model pembelajaran yang sesuai dengan pembelajaran IPA salah
satunya adalah model pembelajaran inkuiri. Model pembelajaran inkuiri memberikan kesempatan untuk
belajar secara langsung dengan memanfaatkan kemampuan proses dan sikap ilmiah. Inkuiri dapat disebut
sebagai model pembelajaran yang melibatkan partisipasi siswa dalam proses pembelajaran, sehingga dapat
disebut model pembelajaran yang partisipatif. Penelitian ini menggunakan metode PTKK (Penelitian
Tindakan Kelas Kolaboratif) untuk menerapkan model pembelajaran inkuiri pada pembelajaran IPA di
kelas V SDN Jemirahan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa kurang memahami materi pelajaran IPA dikarenakan guru seringkali menggunakan metode ceramah sehingga pembelajaran monoton dan tidak berpusat pada siswa. Diharapkan penggunaan model pembelajaran inkuiri dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA di kelas V SDN Jemirahan.
References
Anggraini, Kiki .2022. Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing dan Keterampilan Sosial. Lamongan: Nawa Litera Publishing.
Dahlia, Desi. Regina L. 2017. Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri pada Materi Sifat-Sifat Benda untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV: Jurnal Pena Ilmiah. 5(1), 391-400.
Mashfufah, Aynin dkk. 2020. Model Pembelajaran Inquiry Laboratory Berbasis Etno- Sosioekologi. Klaten: Lakeisha.
Maryam. 2020. Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa: Jurnal Pijar MIPA. 15(3), 206–213.
Samriani. 2014. Penerapan Pendekatan CTL dalam Meningktkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPA di Kelas IV SDN NO. 3 Siwalempu: Jurnal Kreatif Tadulako. 4(2), 56-74.
Sutarmi, K dan Suarjana. 2017. Peningkatan Hasil Belajar Murid Menggunakan Metode Problem Solving dalam Pembelajaran IPA: Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar. 1(2), 75-82.
Tabany. 2014. Mendesain Pembelajaran Inovatif, Progresif, dan Kontekstual. Jakarta: PT Kharisma Putra Utama.
Wahyuningsih, Tri. 2017. Pengelolaan Pembelajaran IPA Melalui Penerapan Model Inkuiri pada Siswa Kelas II SD: Jurnal Manajer Pendidikan. 11(2), 208-213.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Categories
License
Copyright (c) 2023 Ayomi Widya Pangestika Ayomi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.