Penerapan Pendekatan Contextual Teaching And Learning (Ctl) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran Tema 9 Benda-Benda Disekitar Kita di SDN Jemirahan
Keywords:
model pembelajaran CTL, hasil belajar, pembelajaran bahasa indonesiaAbstract
Kegiatan pembelajaran yang baik memberikan manfaat untuk peserta didik. Selain lingkungan
yang mendukung, pemberian model pembelajaran juga dapat mendukung siswa dalam penerimaan materi.
Perlu adanya model pembelajaran yangtepat agar dapat membantu peserta didik meningkatkan hasil
belajar. Model pembelajaran CTL merupakan salah satu model yang dapat terapkan pada kelas V tema 9
Benda-benda di sekitar kita. Pada model pembelajaran ini peserta didik diberikan materi dan dihubungkan
dengan kondisi nyata yang pernah dialaminya. Pada model penelitian ini, peneliti memberikan contoh
langsung pada materi iklan. Pada hasil observasi di SDN Jemirahan menunjukkan bahwa peserta didik
kurang dalam memahami materi yang berdampak pada hasil belajar. Peneliti menerapkan model CTL yang
diharapkan mampu meningkatkan hasil belajar peserta didik di SDN Jemirahan.
References
Aqib. Model-model, Media dan Strategi PembelajaranKontekstual (Inovasi). Bandung: Yrama Widya, 2014.
Arifin, Zainal. Penelitian Pendidikan Metode dan Paradigma Baru. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2014.
Astuti, Tri. "Peran Pembelajaran Bahasa dalam Pembentukan Karakter." Jurnal Edukasi, 2015.
Nardi, N. "Peningkatan Hasil Belajar IPA Materi Pemeliharaan Kesehatan Tubuh Manusia Melalui Model CTL Kelas IV SD." Basic Education, 2017.
Rusman. Belajar dan Pembelajaran Berbasis Komputer Mengembangkan Profesionalitas Guru. Bandung: Alfabeta, 2012.
Sudjana, Nana. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya , 2014.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Categories
License
Copyright (c) 2023 Sisca Rachmah Diana
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.