Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa menggunakan Media Bergambar pada Materi Keadaan Cuaca Kelas III di Sekolah Dasar Negeri Dukuh Menanggal 1/424 Surabaya
Keywords:
metode pembelajaran, media bergambar, hasil belajarAbstract
Metode pembelajaran yang monoton dan kurang menarik dapat menyebabkan minat dan motivasi siswa menurun, yang pada akhirnya berdampak negatif pada hasil belajar. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi positif terhadap peningkatan hasil belajar siswa dan memberikan alternatif metode pembelajaran yang lebih efektif dan menarik. Penelitian dilakukan di SDN Dukuh Menanggal 1/424 Surabaya dengan subyek penelitian berjumlah 29 siswa dari kelas III. Metode dari penelitian ini dibagi menjadi dua siklus. Siklus pertama; tahap planning, tahap pelaksanaan acting, tahap observing, dan tahap reflecting. Siklus kedua; tahap planning, tahap pelaksanaan acting, dan tahap observing. Pada nilai rata-rata tes pertama sebelum kegiatan dilakukan, siswa hanya mendapat skor 40%. Namun, dari analisis rata-rata tingkat ketuntasan belajar siswa secara individu pada setiap proses pembelajaran, tampak adanya kenaikan yang signifikan dari 67% pada siklus pertama menjadi 100% pada siklus kedua.
References
Arikunto, Suharsimi.(2006). Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta Djamarah, Syaiful Bahri, dan Zain, Aswan. 1995. Strategi Belajar Mengajar.
Jakarta: PT. Rineka Cipta.http://fatkhan.web.id/pengertian-media- pembelajaran-powerpoint/ . https://koreshinfo.blogspot.com/2016/02/pengertian-ptk-penelitian- tindakan.html., https://www.pelajaran.co.id/2019/15/pengertian-ptk- tujuan-karakteristik-prinsip-langkah-dan-model-penelitian-tindakan- kelas-ptk.html
Hamalik, Oemar. (2004). Media Pendidikan. Bandung: PT Aditya Bakti. http://e-medis.blogspot.com/2013/03/pengertian-alat- bantuperagamedia.
KBBI. [online] (https://kbbi.web.id/media) diakses Rabu 14 Oktober 2020 20.02
Raka Joni, T. (ED) 1998. Penelitian Tindakan Kelas Bagian Kedua prosedur Pelaksanaan . Jakarta : Proyek Pengembangan Guru Sekolah Menengah, Ditjen DIKTI.
Silmi, M, & Kusmarni, Y. (2016). Menumbuhkan Karakter Rasa Ingin Tahu Siswa dalam Pembelajaran Sejarah Melalui Media Puzzle.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Categories
License
Copyright (c) 2023 fais kurnia
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.