Nilai-Nilai Filosofi Pendidikan Ki Hajar Dewantara yang Terkandung pada Profil Pelajar Pancasila

Authors

  • Nabila Retno Pratiwi Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya

Keywords:

Filosofi, Profil Pelajar Pancasila, Kurikulum merdeka

Abstract

Artikel ini bertujuan untuk membahas keterkaitan filosofi pendidikan Ki Hajar Dewantara dengan Profil Pelajar Pancasila yang dijadikan elemen pada kurikulum merdeka di setiap satuan pendidikan oleh kemendikbud. Metode yang digunakan adalah metode pendekatan yuridis normatif yaitu metode yang memfokuskan penggunaan materi penelitan dengan data kepustakaan. Hasil yang didapatkan yaitu penguatan dimensi Profil Pelajar Pancasila pada kurikulum merdeka sesuai dengan nilai filosofi Ki Hajar Dewantara hal tersebut dibuktikan dengan hasil dari penelitian jurnal-jurnal yang menggali nilai-nilai filosofi pendidikan Ki Hajar Dewantara.

References

Anik, P. (2007). Mengembangkan Kreativitas dan Kecerdasan Anak. Jakarta: Buku Kita.

Direktorat,S.D.(n.d.). http://ditpsd.kemendikbud.go.id/hal/profil-pelajar-pancasila. Retrieved from ditpsd.kemendikbud.go.id: http://ditpsd.kemendikbud.go.id/hal/profil-pelajar-pancasila

Kahfi, A. (2022). Implementasi Profil Pelajar Pancasila Dan Implikasinya Terhadap Karakter Siswa Di Sekolah. Jurnal Pemikiran dan Pendidikan Dasar.

Mardinal, T., & et al. (2022). Filsafat Pendidikan Ki Hajar Dewantara dan Perkembangan. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar.

Munandar, U. (2012). Mengembangkan Bakat dan Kreativitas Anak Sekolah. Jakarta : Gramedia Widiasarana Indonesia.

Putra, I. (2020). Pendidikan Membebaskan Sebagai Upaya Mewujudkan Generasi Emas 2045 (Telaah Pemikiran Kritis Paulo Freire). Vidya Samhita: Jurnal Penelitian Agama.

Rahayu, R. (2022). “Implementasi Kurikulum Merdeka di Sekolah Penggerak”. . Jurnal : Basicedu. 6(2).

Sugiharta, I. (2021). “Analisis Profil Presepsidan Motivasi Belajar Daring di SMK Singaraja”. . Edukasi. Jurnal : Ilmiah Ilmu Pendidikan 12(6).

Suratmin. (2022, Mei 31). https://ayoguruberbagi.kemdikbud.go.id/artikel/filosofi-pendidikan-ki-hajar-dewantara-dan-budaya-positif-di-sekolah/. Retrieved from ayoguruberbagi.kemdikbud.go.id: https://ayoguruberbagi.kemdikbud.go.id/artikel/filosofi-pendidikan-ki-hajar-dewantara-dan-budaya positif-di-sekolah/

Yanuarti. (2018). Pemikiran Pendidikan Ki Hajar Dewantara dan Relevansinya dengan Kurikulum 13. Jurnal Penelitian.

Downloads

Published

2023-06-15

How to Cite

Pratiwi, N. R. (2023). Nilai-Nilai Filosofi Pendidikan Ki Hajar Dewantara yang Terkandung pada Profil Pelajar Pancasila. PROSIDING NATIONAL CONFERENCE FOR UMMAH, 2(1), 166–171. Retrieved from https://conferences.unusa.ac.id/index.php/NCU2020/article/view/1189