Peningkatan Hasil Belajar Matematika melalui Penggunan Model Pembelajaran Kooperatif Stad pada Siswa Kelas III SDN Wonokromo I/390 Surabaya

Authors

  • Mazro'atul Ulum Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya

Keywords:

hasil belajar, pembelajaran kooperatif, STAD, membandingkan pecahan

Abstract

Penelitian yang dilakukan bertujuan untuk mengetahui bagaimana peningkatan hasil belajar pada
konsep perbandingan pecahan dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif STAD. Penelitian ini
menggunakan pengembangan metode PTK oleh Kemmis & Mc Taggart yang terdiri dari empat komponen,
yaitu : perencanaan (planning), pelaksanaan (acting), observasi (observing), dan refleksi (reflection).
Pelasanaan penelitian selama 2 siklus pembelajaran dengan subyek penelitian ialah kelas III B SDN
WonokromoI/390 Surabaya. Data penelitian dikumpulkan melalui tes evaluasi yang diberikan pada akhir
setiap siklus. Penelitian ini dianalisis secara kuantitatif deskriptif yang memaparkan hasil belajar siswa.
Hasil penelitian menggambarkan bahwa model pembelajaran kooperatif STAD membawa dampak positif
pada peningkatan hasil belajar pada materi perbandingan pecahan. Kenaikan hasil belajar ditunjukkan
melalui jumlah siswa yang tuntas sebanyak 15 siswa pada siklus I atau sebesar 53,57 %, dan pada siklus
II persentase ketuntasan belajarnya sebesar 85,71 % atau sejumlah 24 siswa yang tuntas. Dapat
disimpukan, terdapat kenaikan sejumlah sembilan siswa tuntas atau setara dengan 32,14 % ketuntasan
belajar kedua siklus. Nilai rata-rata pada siklus I ke siklus II mengalami peningkatan sebesar 11,39 yaitu
dari 73,21 menjadi 84,60.

References

Abdurrahman, M. (2003). Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta : Rineka Cipta.

Handika, Zubaidah, T., & Witarsa, R. (2022). Analisis Teori Perkembangan Kognitif Jean Piaget dan Implikasinya dalam Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Pengetahuan, 22(2).

Indarti, N., & Rostiani, R. (2008). Intensi Kewirausahaan Mahasiswa: Studi Perbandingan Antara Indonesia, Jepang dan Norwegia. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Indonesia.

Komara dan Mauludin. (2016). Pengembangan Keprofesionalan Berkelanjutan (PKB) Dan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Bagi Guru. Bandung : PT Refika Aditama.

Pemerintah Indonesia. (2003). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Rambe, A. H. (2021). Implementasi Model Students Teams Achievement Division ( STAD ) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Aktivitas Belajar Siswa. Jurnal Keislaman Dan Pendidikan, 12(1).

Saraswati, A. A. I. S. (2020). Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievemen Division (STAD) dengan Metode Kuis Team untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar IPS. Journal of Education Action Research, 4(3).

Suardiana, I. M. (2021). Penerapan Model Kooperatif Tipe STAD untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika. Journal of Education Action Research, 5(3), 381–386.

Sulistio, A., & Haryanti, N. (2022). Model Pembelajaran Kooperatif (Cooperative Learning Model). Purbalingga : Eureka Media Aksara.

Suwarto. (2013). Pengembangan Tes Diagnostik Dalam Pembelajaran. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Syamsu, F. N., Rahmawati, I., & Suyitno. (2019). Keefektifan Model Pembelajaran STAD terhadap Hasil Belajar Matematika Materi Bangun Ruang. International Journal of Elementary Education, 2(3), 344–350.

Downloads

Published

2023-11-30

How to Cite

Ulum, M. (2023). Peningkatan Hasil Belajar Matematika melalui Penggunan Model Pembelajaran Kooperatif Stad pada Siswa Kelas III SDN Wonokromo I/390 Surabaya. PROSIDING NATIONAL CONFERENCE FOR UMMAH, 2(2), 270–275. Retrieved from https://conferences.unusa.ac.id/index.php/NCU2020/article/view/1186