Eksplorasi Penggunaan Media Pembelajaran Ubur-Ubur Fani untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di SDN Banyu Urip 2/363
Keywords:
bahasa Indonesia, media ubur-ubur fani, hasil belajar, kalimat fakta dan opiniAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar bahasa Indonesia
materi kalimat fakta dan opini dengan menggunakan media pembelajaran ubur-ubur fani pada kelas IV-A.
Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian tindakan kelas (PTK). Terdapat empat tahapan yang
dilakukan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek pada penelitian ini yaitu
siswa kelas IV-A SDN Banyu Urip 2/363 dengan jumlah 31 siswa. Teknik pengumpulan data yang
digunakan dengan cara observasi, dokumentasi dan evaluasi dari nilai peserta didik. Penelitian ini
dilaksanakan dengan menggunakan dua siklus. Keberhasilan penelitian didapatkan melalui hasil tes
evaluasi yang dilakukan pada akhir pembelajaran. Pada penelitian ini jika peserta didik dapat mencapai
Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM), yaitu ≥ 80 sebesar 80%. Hasil belajar yang diperoleh peserta didik
pada siklus I mendapatkan rata- rata 68,29 ketuntasan peserta didik yang mencapai KKM sejumlah 19
peserta didik dengan presentase 54.29%. Pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 78.29 dengan
peserta didik yang nilainya tuntas mencapai KKM sejumlah 29 peserta didik dan hasil presentasenya
mencapai 82.86%. Berdasarkan data, dapat disimpulkan bahwa Penggunaan Media Ubur-Ubur Fani dapat
meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi kalimat fakta dan opini pada mata pelajaran bahasa
Indonesia kelas IV-A.
References
Amir Hamzah, M. (2019). Metode Peneitian & Pengembangan (Research & Development) Uji Produk
Kuantitatif dan Kualitatif Proses dan Hasil. Kepanjen, Malang: CV. Literasi Nusantara Abadi.
Andriyani Yulisa. (2017) Pengaruh Media Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Siswa di SMP Negeri
Meraksa Aji Tulang Bawang. Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Metro.
Anwar, D. (2018). Pendidikan Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Arikunto, Suharsimi (2013). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Fauziyah, Nina. (2022). Video Interaktif Dalam Pembelajaran Bahasa Inggris Pada Masa Pandemi
Covid 19 Di MI Mambaul Hidayah. UIN Sunan Ampel Surabaya.
Hasan, A. (2019). Pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.
Indarti, N. (2020). Pembelajaran Bahasa Indonesia: Teori, Metode, dan Aplikasi. Yogyakarta: Ar-Ruzz
Media.
Mahdi, T. A. (2021). Pembelajaran Bahasa Indonesia dalam Era Digital. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Jenie, Anggara Umar. (2012) Bahasa Indonesia Sebagai Bahasa Persatuan. Jakarta: Gramedia Pustaka
Utama.
Sidiq, E. I., & Syaripudin, C. R. (2022). Sumber Belajar dan Alat Peraga Sebagai Media Pembelajaran.
Jurnal Edukasi Nonformal, 3(2), 594–601.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Categories
License
Copyright (c) 2023 Nina Fauziyah, Nila Octavriana, Syamsul Ghufron, Uun Ratnawati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.