Pembebasan Pendidikan yang Membelenggu pada Pendidikan Abad 21
Keywords:
Pembebasa, Membelenggu, Pendidikan Abad 21Abstract
Pendidikan merupakan kebutuhan manusia sepanjang hayat karena pendidikan itu sendiri dapat dilaksanakan kapan dan dimana saja tanpa ada batasan apapun.Pendidikan itu sendiri dijadikan sebagai kunci utama dalam membangun pondasi sebuah bangsa. Pendidikan dapat digunakan sebagai tempat seseorang untuk dapat mengerti, memahami, lebih dewasa, serta mampu berpikir secara kritis untuk menghadapi segala persoalan dalam kehidupannya. Namun dalam praktiknya masih ada pendidikan yang membelenggu, dimana peserta didik hanya dijadikan objek dan dianggap tidak memiliki pengetahuan serta tanpa adanya kebebasan dalam belajar. Pendidikan yang membelenggu juga dicirikan dengan kurangnya kesadaran guru dalam menghargai kebebasan peserta didik, menanamkan kesadaran yang salah sehingga mengakibatkan peserta didik hanya mengikuti alur kehidupan begitu saja. Pada pendidikan abad 21 menawarkan solusi pembebasan dari pendidikan yang membelenggu salah satunya dengan pendidikan membebaskan yang kini dirancang dalam program merdeka belajar. Pendidikan pembebasan ini memiliki peranan yang hampir sama dengan merdeka belajar yang dikemas secara bebas dan merdeka untuk menyesuaikan diri di tengah era globalisasi yang ditandai dengan adanya perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.
References
kompasiana. Purwana, Surya, Dzikra. Pendidikan Indonesia Dilihat dari Kacamata PISA dan TIMSS. Dikutip tanggal 3 Februari 2023 melalui https://www.kompasiana.com/dzikrasp4948/639134ae4addee0d3837c282/pendidikan-indonesia-dilihat-dari-kacamata-pisa-dan-timss#:~:text=Hal%20ini%20terlihat%20pada%20hasil,for%20Economic%20Cooperation%20and%20Development.
Abd Rahman, B. P., Munandar, S. A., Fitriani, A., Karlina, Y., & Yumriani, Y. (2022). Pengertian Pendidikan, Ilmu Pendidikan Dan Unsur-Unsur Pendidikan. Al-Urwatul Wutsqa: Kajian Pendidikan Islam, 2(1), 1-8. https://journal.unismuh.ac.id/index.php/alurwatul/article/view/7757
Desstya, A., Novitasari, I. I., Razak, A. F., & Sudrajat, K. S. (2017). Refleksi pendidikan IPA sekolah dasar di Indonesia (relevansi model pendidikan Paulo Freire dengan pendidikan IPA di sekolah dasar). Profesi Pendidikan Dasar, 4(1), 1-11. https://journals.ums.ac.id/index.php/ppd/article/view/2745/3444
Hasibuan, A. T., & Prastowo, A. (2019). Konsep Pendidikan Abad 21: Kepemimpinan Dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Sd/Mi. MAGISTRA: Media Pengembangan Ilmu Pendidikan Dasar Dan Keislaman, 10(1). https://publikasiilmiah.unwahas.ac.id/index.php/MAGISTRA/article/download/2714/2676
Kemendikbud. Penyelenggaraan Pendidikan Sistem Ganda pada Sekolah Menengah Kejuruan. Jakarta: Direktorat Pendidikan Menengah Kejuruan.
LUAS, A. P. P. D. A. (2021). Pengertian Pendidikan. Landasan Pendidikan, 37.
Mustaghfiroh, S. (2020). Konsep “merdeka belajar” perspektif aliran progresivisme John Dewey. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 3(1), 141-147. https://doi.org/10.30605/jsgp.3.1.2020.248
Permendikbud Nomor 44 Tahun 2019 Tentang Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB)
Pristiwanti, D., Badariah, B., Hidayat, S., & Dewi, R. S. (2022). Pengertian Pendidikan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 7911-7915. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9498
Putra, I. K. R. (2020). Pendidikan Membebaskan Sebagai Upaya Mewujudkan Generasi Emas 2045 (Telaah Pemikiran Kritis Paulo Freire). Vidya Samhita: Jurnal Penelitian Agama, 6(1). https://doi.org/10.25078/vs.v6i1.2038
Satir, S. (2016). Pendidikan Yang Membelenggu, Membebaskan dan Memperdayakan. Al-Riwayah: Jurnal Kependidikan, 8(2), 195-212. https://e-jurnal.iainsorong.ac.id/index.php/Al-Riwayah/article/view/115
Sherly, S., Dharma, E., & Sihombing, H. B. (2021, August). Merdeka belajar: kajian literatur. In UrbanGreen Conference Proceeding Library (pp. 183-190). http://proceeding.urbangreen.co.id/index.php/library/article/view/33
Wijaya, E. Y., Sudjimat, D. A., Nyoto, A., & Malang, U. N. (2016, September). Transformasi pendidikan abad 21 sebagai tuntutan pengembangan sumber daya manusia di era global. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika (Vol. 1, No. 26, pp. 263-278)
Yusuf, S. A., & Khasanah, U. (2019). Kajian Literatur Dan Teori Sosial Dalam Penelitian. Metode Penelitian Ekonomi Syariah, 80, 1-23.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Categories
License
Copyright (c) 2023 Rara Atmaranti
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.