Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SDN Lidah Kulon IV 467 Surabaya pada Materi Penyajian Data menggunakan Media Papan Diagram

Authors

  • Robiatul Adawiyah Universitas Negeri Surabaya

Keywords:

Hasil belajar, papan diagram, penyajian data

Abstract

Penelitian ini menggunakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang mana dilakukan untuk mencegah suatu masalah dari proses belajar mengajar yang terjadi di kelas. Penelitian ini mengatasi masalah tentang penurunan hasil belajar siswa pada materi penyajian data di Kelas IV SDN Lidah Kulon IV 467 Surabaya. Penurunan ini terjadi karena kurangnya pemahaman siswa terkait materi tersebut, sehingga peneliti menggunakan media Papan Diagram untuk meningkatkan hasil belajar sisw pada siklus I dan siklus II. Pada siklus I presentase ketuntasan siswa adalah 64,54% sehingga dilanjutkan pada siklus II dengan presentase 88,46%.

Kata kunci: Hasil Belajar, Papan Diagram, Penyajian Data

References

Abimanyu, Soli dkk 2010 Bahan Ajar Cetak:Anitah, Sri dkk 2009 Strategi Pembelajaran di SD (Jakarta: Universitas Terbuka)

Asyhari, A., & Diani, R. (2017). Pembelajaran Fisika Berbasis Web Enchanced Course: Mengembangkan Web-Logs Pembelajaran Fisika Dasar I. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 4(1), 13–25.

Blanton, M., et.al. (2017). A Progression in First-Grade Children’s Thinking About Variable and Variable Notation in Functional Relationships. Educ Stud Math, 95:181–202.

Depdiknas 2006 Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (Jakarta: Depdiknas)

Hamzah, Ali dan Muhlisrarini 2016 Perencanaan dan Strategi Pembelajaran Matematika (Jakarta: PT RajaGrafindo Persada)

Karso dkk 2014 Pendidikan Matematika 1 (Jakarta: Universitas Terbuka)

Kemdikbud 2020 Keputusan Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan Nomor 018/H/KR/2020 tentang KI dan KD Kurikulum 2013 (Jakarta: Kemendikbud)

Pingge, H., & Wangid, M. (2016). Faktor yang Mempengaruhi Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar di Kecamatan Kota Tambolaka. No. 1, 1–22.

Purnomo, B. H. (2011). Metode dan Teknik Pengumpulan Data dalam Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Reseasrch). Vol. 8, 251–256.

Sawitri, D. (2020). Penggunaan Google Meet Untuk Work From Home Di Era Pandemi Coronavirus Disease 2019 ( Covid-19 ). 13–21.

Downloads

Published

2023-11-30

How to Cite

Robiatul Adawiyah. (2023). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SDN Lidah Kulon IV 467 Surabaya pada Materi Penyajian Data menggunakan Media Papan Diagram. PROSIDING NATIONAL CONFERENCE FOR UMMAH, 2(2), 129–132. Retrieved from https://conferences.unusa.ac.id/index.php/NCU2020/article/view/1151