Uniknya Indonesiaku Salah Satu Modal Dasar dalam Memajukan Pendidikan di Indonesia
Keywords:
Indonesia, IdentitasAbstract
Identitas merupakan jati diri atau ciri khas yang melekat pada diri setiap manusia untuk membedakannya satu dengan yang lain. Bagi masyarakat Indonesia, nilai khas yang menjadi salah satu identitas bangsa Indonesia adalah keragaman atau kebhinekaan. Pendidikan dalam konteks masyarakat Indonesia memiliki keragaman identitas yang berperan penting dalam menyusun rencana pembelajaran yang bertumpu pada profil pelajar pancasila guna memelihara kerukunan, menjaga kesatuan dan meningkatkan mutu keIndonesiaan.
References
Aminullah, M. (2022). Hubungan Pendidikan dan Kebudayaan. Universitas Lambung Mangkurat.
Antara, M., & Yogantari, M. V. (2018). Keragaman Budaya Indonesia Sumber Inspirasi Inovasi Industri Kreatif. SENADA, 1, 293–301.
Aprianti, M., Dewi, D. A., & Purnamasari, Y. F. (2022). Kebudayaan Indonesia di Era Globalisasi terhadap Identitas Nasional Indonesia. Edumaspul Jurnal Pendidikan, Vol. 6, 996–998.
Gumulya, D., & Helmi, I. S. (2017). Kajian Budaya Minum Kopi Indonesia. Jurnal Dimensi Seni Rupa dan Desain, 13(2), 153–172. https://doi.org/10.25105/dim.v13i2.1785
Halisa, H. N. (2022). Pentingnya Keberagaman Budaya sebagai Modal Utama untuk Memajukan Bangsa Indonesia [Universitas Lambung Mangkurat]. https://thesiscommons.org/x83tu/
Kaelan, M. S. (2012). Pendidikan Kewarganegaraan Untuk Perguruan Tinggi. Paradigma.
Karrmadi, A. D. (2007). Budaya Lokal sebagai Warisan Budaya dan Upaya Pelestariannya. Kemdikbud.
Prabhawati, A., & Wibawati, D. (2021). Upaya Indonesia untuk Mempromosikan Wisata Kuliner sebagai Warisan Budaya Dunia. Journal of Tourism and Creativity, 5(1), 36 – 44. https://doi.org/10.19184/jtc.v5i1.21108
Purnamasari, Y. F., & Dewi, D. A. (2021). Identitas Sebagai Salah Satu Determinan Dalam Pembangunan Bangsa dan Karakter. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3).
Puspita, Y. (2018). Pentingnya Pendidikan Multikultural. Prosiding Seminar Nasional. https://jurnal.univpgri-palembang.ac.id/index.php/Prosidingpps/arti cle/view/1834
Supriano, T. (2016). Keberagaman Elemen Elemen Budaya dalam Pembelajaran Pendidikan AgaMa Islam di Sekolah Dasar Islam di Malang. Jurnal Studi Islam, 17(2). https://doi.org/10.18860/ua.v17i2.3830
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Categories
License
Copyright (c) 2023 Siti Nur Imamatul Khusna
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.