Relevansi Pemikiran Ki Hajar Dewantara dalam Penguatan Pendidikan Karakter

Authors

  • Ananda Lavida Rahmadia Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya

Keywords:

Relevansi, Ki Hajar Dewantara, Pendidikan, Karakter

Abstract

Isu pendidikan karakter sedang mendapatkan perhatian yang semakin meningkat di banyak negara, termasuk Indonesia. Salah satu tokoh yang memiliki pemikiran yang relevan dalam konteks penguatan pendidikan karakter adalah Ki Hajar Dewantara. Artikel ini bertujuan untuk menjelaskan relevansi pemikiran Ki Hajar Dewantara dalam penguatan pendidikan karakter di Indonesia. Ki Hajar Dewantara dikenal sebagai pendiri pendidikan nasional Indonesia, memiliki visi yang luas tentang pentingnya pendidikan karakter dalam membentuk individu yang berkualitas. Pemikiran Ki Hajar Dewantara berfokus pada pembentukan karakter yang berakar pada budaya lokal dan nilai-nilai universal. Ia menekankan pentingnya pembangunan karakter yang kuat sebagai landasan dalam pendidikan termasuk dalam mencapai kesuksesan setiap individu dalam kehidupan. Pandangan Ki Hajar Dewantara terhadap pendidikan adalah sebagai suatu proses yang melibatkan seluruh aspek individu, baik secara intelektual, emosional, maupun sosial. Dalam rangka mencapai pendidikan karakter yang efektif, penting untuk memperhatikan pengembangan keseluruhan individu, termasuk aspek moral, etika, sikap, dan keterampilan sosial. Ki Hajar Dewantara menekankan perlunya menggali potensi anak secara menyeluruh dan membantu mereka menjadi pribadi yang berdaya guna dalam masyarakat. Artikel ini juga membahas tentang penerapan pemikiran Ki Hajar Dewantara dalam upaya penguatan pendidikan karakter di Indonesia. Dalam konteks ini, penting untuk memahami relevansi pemikiran Ki Hajar Dewantara dalam memperkuat pendidikan karakter, diharapkan bahwa artikel ini dapat memberikan wawasan dan inspirasi bagi para pemangku kepentingan pendidikan untuk menerapkan pemikiran ini dalam upaya menciptakan generasi yang berkarakter  dan mampu menghadapi tantangan di masa depan.

References

Annisa, N. (2015). Pendidikan Karakter dalam Perspektif Ki Hajar Dewantara. Skripsi, Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan, IAIN SALATIGA, 1–111.

Berkamsyah, E. P. (2020). Relevansi Pemikiran Ki Hajar Dewantara Dengan Konsep Merdeka Belajar Nadhim Makarim.

Cahyo, E. D. (2017). Pendidikan Karakter Guna Menanggulangi Dekadensi Moral yang Terjadi pada Siswa Sekolah Dasar. EduHumaniora: Jurnal Pendidikan Dasar, 9 (1),16-26,from https://doi.org/10.17509/eh.v9i1.6150

Dalyono, B. L. (2017). Implementasi Penguatan Pendidikan Karakter di Sekolah. Jurnal Bangun Rekaprima, 3(2), 33-42, from http://dx.doi.org/10.32497/bangunrekaprima.v3i2,%20Oktober.865

Fauziah, M. &. (2016). Perspektif Pemikiran Ki Hajar Dewantara dalam Pendidikan Karakter dan Kaitannya dengan Pendidikan Islam. Jurnal Manajemen dan Pendidikan Islam, 285-311,from https://doi.org/10.26594/dirasat.v1i2.537

Febrianti, N. (2021). Implementasi Konsep Pendidikan menurut Ki Hajar Dewantara. Jurnal Tambusai, 5(1), 1631-1638, from https://www.jptam.org/index.php/jptam/article/view/1151

Halizah, M. N. (2021). Peran Pemikiran Ki Hajar Dewantara dalam Pembentukan Karakter Peserta Didik di Taman Madya (SMAS) Taman Siswa Teluk belitung Bandar Lampung. Skripsi. Lampung: Universitas Lampung

I Made, S. I. (2019). Filsafat Pendidikan Ki Hajar Dewantara (Tokoh Timur). Jurnal Filsafat Indonesia,124-136,from https://doi.org/10.23887/jfi.v2i3.22187

Insani, G. N., Dewi, D. A., & Furnamasari, Y. F. (2021). Integrasi Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan untuk Mengembangkan Karakter Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 8153-8160.

Nurhalita, N. (2021). Relevansi Pemikiran Pendidikan Ki Hajar Dewantara pada Abad ke 21. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(2), 298-303,from https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i2.299

Widodo, B. (2017). Biografi: Dari Suwardi Suryaningrat Sampai Ki Hajar Dewantara. Makalah Seminar "Perjuangan Ki Hajar Dewantara dari Politik ke Pendidikan. Jakarta.

Yanuarti, E. (2018). Pemikiran Pendidikan Ki Hajar Dewantara dan Relevansinya dengan Kurikulum 13. Jurnal Penelitian, 11(2), 237-266,from https://journal.iainkudus.ac.id/index.php/jurnalPenelitian/article/view/3489/pdf

Downloads

Published

2023-06-15

How to Cite

Rahmadia, A. L. (2023). Relevansi Pemikiran Ki Hajar Dewantara dalam Penguatan Pendidikan Karakter. PROSIDING NATIONAL CONFERENCE FOR UMMAH, 2(1), 371–376. Retrieved from https://conferences.unusa.ac.id/index.php/NCU2020/article/view/1148