Pemikiran Pendidikan Ki Hajar Dewantara sebagai Dasar Kurikulum Merdeka

Authors

  • Fatimah Az Zahroh Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya

Keywords:

Pendidikan, Ki Hajar Dewantara, Kurikulum merdeka

Abstract

Artikel ini membahas pemikiran pendidikan Ki Hajar Dewantara sebagai dasar dalam pengembangan Kurikulum Merdeka. Ki Hajar Dewantara, seorang tokoh pendidikan Indonesia, dikenal sebagai pelopor pendidikan nasional yang mementingkan kebebasan dan kemandirian peserta didik. Dalam Kurikulum Merdeka, peserta didik diberikan kebebasan untuk menentukan tujuan pembelajaran, memilih metode belajar yang sesuai, melakukan refleksi pembelajaran, dan mengeksplorasi minat dan bakat mereka. Pemikiran Ki Hajar Dewantara tentang pendidikan yang menekankan pentingnya pendekatan yang holistik, inklusif, dan budaya, menjadi pijakan dalam merancang kurikulum yang mencerminkan keberagaman. Penelitian dan kajian mendalam terhadap pemikiran pendidikan Ki Hajar Dewantara serta implementasi Kurikulum Merdeka perlu dilakukan untuk melihat dampaknya terhadap pembelajaran dan pengembangan peserta didik. Dengan menerapkan pemikiran Ki Hajar Dewantara sebagai dasar kurikulum merdeka, harapannya adalah menciptakan lingkungan pendidikan yang memungkinkan peserta didik menjadi pribadi yang mandiri, kritis, dan berkepribadian yang kuat, yang siap menghadapi tuntutan masa depan.

References

Berkamsyah, E. P. (2020). Relevansi Pemikiran Ki Hajar Dewantara Dengan Konsep Merdeka Belajar Nadhim Makarim.

Fauzi, A. (2020). Konsep Pendidikan Ki Hajar Dewantara Dan Paulo Freire Sebagai Praktik Pendidikan Yang Memerdekakan. Jurnal PAKAR Indonesia.

Ikmal, H. (2021). Nalar Humanisme dalam Pendidikan. Lamongan: Nawa Litera Publishing. From https://books.google.com/books/about/Nalar_Humanisme_dalam_Pendidikan_Belajar.html?hl=id&id=CydHEAAAQBAJ#v=onepage&q=pendidikan%20menurut%20ki%20hajar%20dewantara&f=false

Istiq'faroh, N. (2020). Relevansi Filosofi Ki Hajar Dewantara Sebagai Dasar Kebijakan Pendidikan Nasional Merdeka Belajar Di Indonesia. Jurnal Pendidikan Lintang Songo.

Marisyah, A., Firman, & Rusdinal. (2019). Pemikiran Ki Hadjar Dewantara Tentang Pendidikan. Jurnal Pendidikan Tambusai.

Sesfao, M. (2020). Perbandingan Pemikiran Pendidikan Paulo Freire Dengan Ajaran Taman Siswa Dalam Implementasi Merdeka Belajar.

Sigalingging, R. (2022). Guru Penggerak Dalam Paradigma Pembelajaran Kurikulum Merdeka. Tata Akbar.

Sutisno, A. N. (2019). Telaah Filsafat Pendidikan. Bantul: Penerbit K-Media. From https://books.google.com/books/about/TELAAH_FILSAFAT_PENDIDIKAN_Edisi_Revisi.html?hl=id&id=FoU6EAAAQBAJ#v=onepage&q=pendidikan%20adalah&f=false

Wardhana, I. P., Agung S., L., & Pratiwi, V. U. (2020). Konsep Pendidikan Taman Siswa Sebagai Dasar Kebijakan Pendidikan Nasional Merdeka Belajar Di Indonesia.

Witasari, R. (2021). Pemikiran Pendidikan Ki Hajar Dewantara Dan Relevansinya Dengan Kebijakan Pendidikan Merdeka Belajar. Jurnal of Indonesia Elementary School and Education.

Downloads

Published

2023-06-15

How to Cite

Zahroh, F. A. (2023). Pemikiran Pendidikan Ki Hajar Dewantara sebagai Dasar Kurikulum Merdeka. PROSIDING NATIONAL CONFERENCE FOR UMMAH, 2(1), 307–312. Retrieved from https://conferences.unusa.ac.id/index.php/NCU2020/article/view/1144