Penggunaan Media Video Pembelajaran sebagai Upaya Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas V SDN Kebonsari pada Materi Kegiatan Ekonomi
Keywords:
Video Pembelajaran, Hasil Belajar, IPSAbstract
Pembelajaran IPS bertujuan untuk mengembangkan pemahaman, nilai, sikap, dan proses
berpikir siswa dalam menghadapi perkembangan dan masalah sosial di masyarakat. Dalam pembelajaran
IPS, guru perlu menciptakan kondisi pembelajaran yang aktif, kreatif, dan menyenangkan bagi siswa guna
mengembangkan pola pikir mereka. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas
Kolaboratif (PTKK) yang melibatkan kolaborasi antara peneliti, guru kelas, kepala sekolah, dan Dosen
Pembimbing Lapangan (DPL). Data hasil evaluasi belajar siswa dikumpulkan dan dianalisis pada setiap
siklus. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa dari siklus I ke siklus II. Pada
siklus I, 50% siswa mencapai tingkat ketuntasan belajar, sedangkan pada siklus II, persentase ketuntasan
belajar meningkat menjadi 89,28%. Penelitian ini juga menunjukkan bahwa penggunaan media video
pembelajaran dalam pembelajaran IPS dapat menciptakan suasana pembelajaran yang menyenangkan dan
mencegah kebosanan siswa. Dengan demikian, penggunaan media video sebagai alat bantu pembelajaran
IPS memiliki dampak positif terhadap hasil belajar siswa. Dalam penelitian ini, siswa mengalami
peningkatan hasil belajar dan mencapai tingkat ketuntasan belajar secara klasikal. Oleh karena itu,
disarankan kepada guru untuk mempertimbangkan penggunaan media video pembelajaran sebagai salah
satu strategi untuk meningkatkan hasil belajar IPS.
References
Ahmad Susanto. (2014). IPS di Sekolah Dasar. Prenada Media Group.
Rahmad. (2016). Kedudukan Ilmu Pengetahuan Sosial Pada Sekolah Dasar. Maullimuna, Madrasah Ibtidaiyah, Vol 2, No(Kedudukan Ilmu Pengetahuan Sosial Pada Sekolah Dasar), 44.
simarmata, J. (2020). Elemen-Elemen Multimedia Untuk Pembelajaran. Yayasan Kita Menulis.
Mahmud. (2008). Penelitian Tindakan Kelas Teori dan Praktik. Bandung: Tsabita
Oktifuadi, Khoirrosyid. (2018). No Title No Title. Jounal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 168-199. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Categories
License
Copyright (c) 2023 Indah Silvia Hadi, Thamrin Hidayat, Eva Febriana Basuntarti
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.