Penggunaan Media Video Pembelajaran sebagai Upaya Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas V SDN Kebonsari pada Materi Kegiatan Ekonomi

Authors

  • Indah Silvia Hadi Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya
  • Thamrin Hidayat Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya
  • Eva Febriana Basuntarti SDN Kebonsari

Keywords:

Video Pembelajaran, Hasil Belajar, IPS

Abstract

Pembelajaran IPS bertujuan untuk mengembangkan pemahaman, nilai, sikap, dan proses
berpikir siswa dalam menghadapi perkembangan dan masalah sosial di masyarakat. Dalam pembelajaran
IPS, guru perlu menciptakan kondisi pembelajaran yang aktif, kreatif, dan menyenangkan bagi siswa guna
mengembangkan pola pikir mereka. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas
Kolaboratif (PTKK) yang melibatkan kolaborasi antara peneliti, guru kelas, kepala sekolah, dan Dosen
Pembimbing Lapangan (DPL). Data hasil evaluasi belajar siswa dikumpulkan dan dianalisis pada setiap
siklus. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa dari siklus I ke siklus II. Pada
siklus I, 50% siswa mencapai tingkat ketuntasan belajar, sedangkan pada siklus II, persentase ketuntasan
belajar meningkat menjadi 89,28%. Penelitian ini juga menunjukkan bahwa penggunaan media video
pembelajaran dalam pembelajaran IPS dapat menciptakan suasana pembelajaran yang menyenangkan dan
mencegah kebosanan siswa. Dengan demikian, penggunaan media video sebagai alat bantu pembelajaran
IPS memiliki dampak positif terhadap hasil belajar siswa. Dalam penelitian ini, siswa mengalami
peningkatan hasil belajar dan mencapai tingkat ketuntasan belajar secara klasikal. Oleh karena itu,
disarankan kepada guru untuk mempertimbangkan penggunaan media video pembelajaran sebagai salah
satu strategi untuk meningkatkan hasil belajar IPS.

References

Ahmad Susanto. (2014). IPS di Sekolah Dasar. Prenada Media Group.

Rahmad. (2016). Kedudukan Ilmu Pengetahuan Sosial Pada Sekolah Dasar. Maullimuna, Madrasah Ibtidaiyah, Vol 2, No(Kedudukan Ilmu Pengetahuan Sosial Pada Sekolah Dasar), 44.

simarmata, J. (2020). Elemen-Elemen Multimedia Untuk Pembelajaran. Yayasan Kita Menulis.

Mahmud. (2008). Penelitian Tindakan Kelas Teori dan Praktik. Bandung: Tsabita

Oktifuadi, Khoirrosyid. (2018). No Title No Title. Jounal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 168-199. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004.

Downloads

Published

2023-11-30

How to Cite

Indah Silvia Hadi, Hidayat, T. ., & Eva Febriana Basuntarti. (2023). Penggunaan Media Video Pembelajaran sebagai Upaya Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas V SDN Kebonsari pada Materi Kegiatan Ekonomi. PROSIDING NATIONAL CONFERENCE FOR UMMAH, 2(2), 124–128. Retrieved from https://conferences.unusa.ac.id/index.php/NCU2020/article/view/1137