Peningkatan Hasil Belajar Matematika Pada Materi Operasi Perkalian Melalui Media Pak Ali Pada Kelas IV SDN Karangbong Sidoarjo
Keywords:
Papan perkalian, Hasil Belajar, operasi hitung perkalianAbstract
Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam materi
operasi perkalian melalui penerapan media pembelajaran pak ali. Penelitian ini melibatkan 19 siswa
sebagai partisipan dalam dua siklus tindakan. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan
kelas dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Pengumpulan data dilakukan melalui tes awal dan tes
akhir, observasi kelas, wawancara, dan refleksi guru. Data dianalisis menggunakan pendekatan deskriptif
kualitatif dan statistik. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan media pembelajaran pak ali secara
signifikan meningkatkan pemahaman siswa tentang operasi hitung perkalian. Siswa menunjukan
peningkatan kemampuan dalam memahami konsep perkalian melalui media pembelajaran pa kali (papan
perkalian), dan mampu menerapkan konsep ini dalam situasi dunia nyata. Selain itu, siswa juga
menunjukkan peningkatan minat dan motivasi dalam pemebelajaran matematika. Berdasarkan temuan ini,
dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran apk ali efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa
tentang operasi hitung perkalian di kelas IV. Penelitian ini memberikan kontribusi penting dalam
mengembangkan strategi pembelajaran yang lebih efektif dalam konteks ini dan dapat menjadi acuan bagi
guru dan peneliti dalam upaya meningkatkan pemahaman matematika siswa.
References
Azizah, A. (2021). Pentingnya penelitian tindakan kelas bagi guru dalam pembelajaran. Auladuna: Jurnal Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 3(1), 15–22.
Ekayani, P. (2017). Pentingnya penggunaan media pembelajaran untuk meningkatkan prestasi belajar siswa. Jurnal Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja, 2(1), 1–11.
Harahap, N. (2020). Penelitian kualitatif.
Kurniawati, L. N. (2022). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Perkalian Menggunakan Papan Perkalian. PTK: Jurnal Tindakan Kelas, 2(2), 113–119.
Muhsetyo, G., Krisnadi, E., & Wahyuningrum, E. (2014). Pembelajaran matematika SD.
Nasehudin, T. S., & Gozali, N. (2012). Metode penelitian kuantitatif.
Nurrita, T. (2018). Pengembangan media pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Jurnal Misykat, 3(1), 171–187.
Siswondo, R., & Agustina, L. (2021). Penerapan strategi pembelajaran ekspositori untuk mencapai tujuan pembelajaran Matematika. Himpunan: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika, 1(1), 33–40.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Categories
License
Copyright (c) 2023 Dyan Ayu Mariyani
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.