Implementasi Pendidikan yang Memerdekakan melalui Sekolahe Arek Suroboyo (SAS)

Authors

  • Nimatul Qomariyah Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya

Keywords:

implementasi, pendidikan yang merdeka, Sekolahe Arek Suroboyo (SAS)

Abstract

Pendidikan yang merdeka merupakan pendidikan yang tidak mengekang peserta didik maupun gurunya. Setiap sekolah berusaha untuk mengimplementasikan pendidikan yang merdeka. Namun, untuk benar-benar mewujudkan pendidikan yang merdeka, diperlukan kerja sama antar berbagai pihak, terutama dinas pendidikan. Di kota Surabaya, saat ini tercetus program Sekolahe Arek Suroboyo (SAS) yang digencarkan oleh dinas pendidikan kota. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi pelaksanaan Sekolahe Arek Suroboyo (SAS) dalam mewujudkan pendidikan yang memerdekakan. Melalui kegiatan SAS, setiap sekolah akan melakukan berbagai praktik baik. Serangkaian kegiatan yang ada pada SAS, mengajak peserta didik untuk terlibat langsung dalam pembentukan karakter, pengasahan keterampilan, dan pengaktifan pengetahuan dengan cara yang menyenangkan. SAS sebagai wujud konkret implementasi pendidikan yang memerdekakan di Surabaya.

References

Ainia, D. K. (2020). Merdeka Belajar dalam Pandangan Ki Hadjar Dewantara dan Relevansinya bagi Pengembangan Pendidikan Karakter. Jurnal Filsafat Indonesia, 3(3), 98-99. doi:10.23887/jfi.v3i3.24525

Bamalli, H. S. (2013). Competencies and Strategies for the Teaching of 21st Century Learners in Vocational Home Economics Education. Journal of Educational and Social Research, 3(9).

Chen, H. S., & Huang, H. Y. (2017). Advancing 21st Century Competencies in Taiwan. National Taiwan Normal University, 1-21.

Daga, A. T. (2021). Makna Merdeka Belajar dan Penguatan Peran Guru di Sekolah Dasar. Jurnal Educatio, 7(3), 1079-1082. doi:10.31949/educatio.v7i3.1279

Dewantara, K. H. (2009). Menuju Manusia Merdeka. Yogyakarta: Leutika.

Febriyanti, Natasya. (2021). Implementasi Pendidikan Menurut Ki Hajar Dewantara. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1), 1631-1638.

Hamzah, M. R., Mujiwarti, Y., Zuhriyah, F. A., & Suryanda, D. (2022). Kurikulum Merdeka Belajar sebagai Wujud Pendidikan yang Memerdekakan Peserta Didik. Arus Jurnal Pendidikan, 2(3), 222. doi:10.57250/ajup.v2i3.112

Hernawan, A. H., Susilana, R., & Julaeha, S. (2020). Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran di SD. Tangerang: Universitas Terbuka.

Jawa Pos. Dipta wahyu. (2022). November Luncurkan Sekolahe Arek Suroboyo. Dipetik Februari 4, 2023, dari Jawa Pos: https://www.jawapos.com/surabaya/08/10/2022/november-luncurkan-sekolahe-arek-suroboyo/

Kemdikbud. (2022). Panduan Pembelajaran dan Asesmen Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Menengah.

Khaldun, M. b., & Abdurrahman, A. A. (2001). Mukaddimah Ibnu Khaldun. Jakarta: Pustaka Al Kautsar.

Sari, R. M. (2019). Analisis Kebijakan Merdeka Belajar sebagai Strategi Peningkatan Mutu Pendidikan. PRODU: Prokurasi Edukasi-Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(1), 38-39. doi:10.15548/p-prokurasi.v1i1.3326

Suhartono, O. (2021). Kebijakan Merdeka Belajar dalam Pelaksanaan Pendidikan di Masa Pandemi Covid-19. Ar-Rosikhun: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(1), 12-13. doi:10.18860/rosikhun.v1i1.13897

Undang-Undang Dasar 1945, Pembukaan.

Downloads

Published

2023-06-15

How to Cite

Qomariyah, N. (2023). Implementasi Pendidikan yang Memerdekakan melalui Sekolahe Arek Suroboyo (SAS). PROSIDING NATIONAL CONFERENCE FOR UMMAH, 2(1), 388–393. Retrieved from https://conferences.unusa.ac.id/index.php/NCU2020/article/view/1105