Konseptualisasi Dasar Pendidikan Ki Hajar Dewantara terhadap Pendidikan Karakter
Keywords:
Kosep dasar pendidikan, Ki Hajar Dewantara, Pendidikan karakterAbstract
Pendidikan merupakan proses yang berlangsung sepanjang hidup individu dan mencerminkan pandangan serta pemikiran suatu negara terhadap kemajuan dan perkembangan bangsa. Dalam konteks ini, pendidikan memiliki peran penting dalam membentuk karakter, moralitas, dan kemampuan individu untuk berkontribusi positif kepada masyarakat. Namun, kemajuan teknologi dan komunikasi telah mempengaruhi sistem pendidikan dan karakter individu. Pendidikan karakter menjadi penting dalam era yang semakin terhubung ini untuk memastikan perkembangan karakter yang sehat dan berkelanjutan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan teknik analisis deskriptif kajian kepustakaan. Topik yang dianalisis berkaitan dengan dasar pendidikan Ki Hajar Dewantara terhadap pendidikan karakter. Pendekatan yang seimbang dan bijak dalam penggunaan teknologi juga diperlukan. Meskipun pendidikan masih lebih fokus pada pemahaman materi dan hasil akhir, pendidikan dapat merujuk kembali pada konsep dasar pendidikan karakter yang diusulkan oleh Ki Hajar Dewantara. Pembentukan karakter melalui pendidikan merupakan tujuan penting dalam pendidikan nasional yang harus dilakukan oleh semua anggota masyarakat. Pendidikan karakter berperan dalam membentuk individu yang berkualitas, memiliki moralitas yang tinggi, dan siap menghadapi tantangan global. Melalui pendidikan karakter, individu dapat mengembangkan kepribadian yang kuat, mengatasi hambatan moral, dan bertanggung jawab atas tindakan mereka.
References
Ainia, D. K. (2020) Merdeka Belajar dalam Pandangan Ki Hajar Dewantara dan Relevansinya bagi Pengembangan Pendidikan Karakter. Jurnal Filsafat Indonesia, 3(3), 95-101. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JFI/article/view/24525/16362
Asa, A. I. (2019). Pendidikan karakter menurut ki hadjar dewantara dan driyarkara. Jurnal Pendidikan Karakter, 10(2).
Dewantara, Ki Hadjar. (2009). Menuju Manusia Merdeka. Yogyakarta : Leutika.
Dharma, Kesuma., dkk. (2011). Pendidikan Karakter: Kajian Teori dan Praktik disekolah. Bandung : Rosda Karya.
Haryanto. (2013) Pendidikan Karakter Menurut Ki Hadjar Dewantara Kurikulum dan Teknologi Pendidikan FIP, UNY : Haryanto.
Mansur. (2009). Pendidikan Anak Usia Dini dalam Islam. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Permendiknas 2003 No. 20, Sistem Pendidikan Nasional.
Perpres 2017 No. 87, Program Penguatan Pendidikan Karakter (PPK).
Rahyubi, Heri. (2012). Teori- Teori Belajar dan Aplikasi Pembelajaran Motorik. Majalengka: Referens
Sudarto, Ki Tyasno. (2008). Pendidikan Modern dan Relevansi Pemikiran Ki Hadjar Dewantara. Yogyakarta: Majelis Luhur Taman Siswa.
Suparlan, H. (2015) Filsafat Pendidikan Ki Hajar Dewantara dan Sumbangannya Bagi Pendidikan Indonesia. Jurnal Filsata, 25(1), 63. https://jurnal.ugm.ac.id/wisdom/article/view/12614
Suwahyu, I. (2018). Pendidikan Karakter dalam Konsep Pemikiran Pendidikan Ki Hajar Dewantara. INSANIA:Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan, 23(2), 192-204. https://ejournal.uinsaizu.ac.id/index.php/insania/article/view/2290
Tampubolon, Febriana, Pusba Ramayani Rosa, Rosmawaty.(2021). Pentingnya Pendidikan Karakter Bagi Siswa di Masa Pandemi Covid-19 Prosiding Seminar Nasional PBSI-IV Tahun 2021 Tema: Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia Berbasis Digital Guna Mendukung Implementasi Merdeka Belajar, Universitas Negeri Medan. http://digilib.unimed.ac.id/43408/1/Fulltext.pdf
Yamin, Moh. (2009). Menggugat Pendidikan Indonesia “Belajar dari Paulo Freire dan Ki Hadjar Dewantara. cet. ke-1.Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Yanuarti, E. (2017). Pemikiran Pendidikan Ki Hajar Dewantara dan Relevansinya dengan Kurikulum 13. Jurnal Penelitian, 11(2), 237-266 https://journal.iainkudus.ac.id/index.php/jurnalPenelitian/article/view/3489
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Categories
License
Copyright (c) 2023 Dwi Ernawati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.