Penggunaan Model Pembelajaran Project Based Learnıng sebagai Upaya Merdeka Belajar di Sekolah Dasar

Authors

  • Gaenti Debiramasari Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya

Keywords:

project based learning, merdeka belajar, sekolah dasar

Abstract

Penelitian ini didasari dengan adanya model project based learning yang disarankan pemerintah guna diterapkan pada kurikulum merdeka. Pembelajaran project based learning merupakan model pembelajaran dengan hasil proyek yang dapat digunakan pada semua jenjang pendidikan. Penelitian ini bertujuan guna mendeskripsikan penggunaan model pembelajaran project based learning dalam upaya merdeka belajar di sekolah dasar (SD). Peneliti menggunakan metode studi literatur. Berdasarkan 5 artikel relevan penggunaan project based learning di sekolah dasar tepat untuk diterapkan di sekolah dasar dan sesuai dengan merdeka belajar.

References

Anengsih, Anengsih. Ujang Jamaludin. (2023). Penerapan Project based Learning pada Pembelajaran Pantun di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Mandala Education (JIME). 9(1), 2442-9511, form http://dx.doi.org/10.58258/jime.v9i1.4472

C.P.D, Ni Putu. (2021). Model Pembelajaran Berbasis Proyek (Project based learning) sesuai Pembelajaran Abad 21 Bermuatan Tri Kaya Parisudha. Jurnal Pedagogi dan Pembelajaran. 4(3), 378-385.

Daga, A.T. (2021). Makna Merdeka Belajar dan Penguatan Peran Guru di Sekolah Dasar. Jurnal Educatio. 7(3), 1075-1090.

Ismail, Rahiman. Rifma. & Fitria, Yanti. (2021). Pengembangan bahan ajar Tematik Berbasis Model PjBL di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu. 5(2): 958-965, from https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i2.808

Indarta, Y., Jalinus, N., Waskito, Dwinggo Samala, A., Rahman Riyanda, A., & Hendri Adi, N. (2022). Relevansi Kurikulum Merdeka Belajar dengan Model Pembelajaran Abad 21 dalam Perkembangan era Society 5.0. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4, 3011–3024, from https://doi.org/https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i2.2589

Mutia. (2021). Characteristics of children age of Basic Education. International Islamic Education journal. 3(1):118-119.

Rahmadayanti, Dewi & Hartoyo, Agung. 2022. Potret Kurikulum Merdeka, Wujud Merdeka Belajar di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu. 6(4), 7176.

SA. Shinta. (2022). Model pembelajaran Berbasis Proyek dalam Mewujudkan Profil Pelajar Pancasila di Madrasah Ibtidaiyah. Al Fatih: Jurnal Pendidikan dan Keislaman. 5(2), 239-254, from http://jurnal.stit-al ittihadiyahlabura.ac.id/index.php/alfatih/article/view/217

Sari, Lifda. Taufina. F, Farida. (2020). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Dengan Menggunakan Model PjBL Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu. 4(4), 813-820, from https://jbasic.org/index.php/basicedu/index

Yuniharto, B., & Rochmiyati, S. (2022, August 31). Peningkatan Minat Belajar dan Kreativitas Melalui Project based Learning pada Siswa Kelas V SDN Sariharjo. Autentik: Jurnal Pengembangan Pendidikan Dasar, 6(2), 226-235, from https://doi.org/https://doi.org/10.36379/autentik.v6i2.225

Downloads

Published

2023-06-15

How to Cite

Gaenti Debiramasari. (2023). Penggunaan Model Pembelajaran Project Based Learnıng sebagai Upaya Merdeka Belajar di Sekolah Dasar. PROSIDING NATIONAL CONFERENCE FOR UMMAH, 2(1), 26–30. Retrieved from https://conferences.unusa.ac.id/index.php/NCU2020/article/view/1099