Peran Budaya Sekolah dalam Membentuk Karakter Peserta Didik sesuai Nilai-Nilai Pancasila

Authors

  • Nila Lailatul Khoiro Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya

Keywords:

Budaya Sekolah, Karakter, Nilai-nilai Pancasila

Abstract

Budaya sekolah merupakan kebiasaan saling berinteraksi yang dilakukan oleh warga sekolah di antaranya peserta didik dengan peserta didik, peserta didik dengan guru, maupun dengan lingkungannya. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Tempat penelitian dilakukan di SD Khadijah Pandegiling. Adapun desain penelitian yang digunakan adalah desain penelitian etnografi dengan pemaparan budaya sekolah di SD Khadijah Pandegiling. Analisis data pada penelitian ini menggunakan konsep reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sumber data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data, yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penguatan nilai-nilai Pancasila dapat dilakukan melalui budaya sekolah yang tercermin dalam aktivitas sehari-hari. Temuan-temuan yang ada di SD Khadijah Pandegiling meliputi adanya penerapan sila pertama melalui kegiatan doa bersama dan sholat berjamaah, sila kedua melalui kegiatan saling menghormati di tengah perbedaan baik dalam lingkungan kelas maupun lingkungan sekolah, sila ketiga melalui kegiatan piket kelas, sila ke-empat melalui kegiatan diskusi kelas, dan sila kelima meliputi sikap saling menghargai dan bersikap adil ketika pembelajaran. Selain itu, adanya pengembangan nilai karakter gemar membaca melalui permainan tebak kata.

References

Amelia, M., & Ramadan, Z. H. (2021). Implementasi Pendidikan Karakter Melalui Budaya Sekolah di

Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(6), 5548-5555. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1701

Aprilia, A., & Nawawi, E. (2023). Penguatan Nilai-Nilai Pancasila Dalam Membentuk Karakter Peserta

Didik Melalui Budaya Sekolah. Jurnal Pengabdian West Science, 2(01), 109-120. https://doi.org/10.58812/jpws.v2i01.157

Course, S. (2014). ELT students’ use of teacher questions in peer teaching. Procedia-Social and Behavioral

Sciences, 158, 331–336. DOI:10.1016/j.sbspro.2014.12.096

Darmawan, D. (2018). Pendidikan Karakter Berbasis Budaya Sekolah di Sekolah Dasar Negeri Kraton

Yogyakarta. Basic Education, 7(39), 3-930.

Handayani, A., & Koeswanti, H. D. (2021). Meta analisis model pembelajaran problem based learning (pbl)

untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif. Jurnal Basicedu, 5(3), 1349-1355. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i3.924

Herlina, S., Suripah, S., Istikomah, E., Yolanda, F., Rezeki, S., Amelia, S., & Widiati, I. (2021). Pelatihan

Desain LKPD dalam Pembelajaran Matematika Terintegrasi Karakter Positif Bagi Guru-Guru Sekolah Menengah/Madrasah di Pekanbaru. Community Education Engagement Journal, 2(2), 27-34. https://doi.org/10.25299/ceej.v2i2.6561

Lestari, D., & Ain, S. Q. (2022). Peran Budaya Sekolah terhadap Pembentukan Karakter Siswa Kelas V

SD. MIMBAR PGSD Undiksha, 10(1). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v10i1.45124

Mulyasa, H. E. (2022). Manajemen pendidikan karakter. Bumi Aksara.

Rachmadyanti, P. (2017). Penguatan pendidikan karakter bagi siswa sekolah dasar melalui kearifan

lokal. JPsd (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar), 3(2), 201-214. http://dx.doi.org/10.30870/jpsd.v3i2.2140

Widat, F., Rozi, F., & Lestari, P. (2022). Pembiasaan Praktek Keagamaan Sholat, Mengaji, Doa, Asmaul

Husna (SMDH) dalam Meningkatkan Pendidikan Moral Anak. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(3), 4766-4775. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i3.2886

Downloads

Published

2023-06-15

How to Cite

Khoiro, N. L. (2023). Peran Budaya Sekolah dalam Membentuk Karakter Peserta Didik sesuai Nilai-Nilai Pancasila. PROSIDING NATIONAL CONFERENCE FOR UMMAH, 2(1), 200–205. Retrieved from https://conferences.unusa.ac.id/index.php/NCU2020/article/view/1088