Peran Budaya Sekolah dalam Membentuk Karakter Peserta Didik sesuai Nilai-Nilai Pancasila
Keywords:
Budaya Sekolah, Karakter, Nilai-nilai PancasilaAbstract
Budaya sekolah merupakan kebiasaan saling berinteraksi yang dilakukan oleh warga sekolah di antaranya peserta didik dengan peserta didik, peserta didik dengan guru, maupun dengan lingkungannya. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Tempat penelitian dilakukan di SD Khadijah Pandegiling. Adapun desain penelitian yang digunakan adalah desain penelitian etnografi dengan pemaparan budaya sekolah di SD Khadijah Pandegiling. Analisis data pada penelitian ini menggunakan konsep reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sumber data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data, yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penguatan nilai-nilai Pancasila dapat dilakukan melalui budaya sekolah yang tercermin dalam aktivitas sehari-hari. Temuan-temuan yang ada di SD Khadijah Pandegiling meliputi adanya penerapan sila pertama melalui kegiatan doa bersama dan sholat berjamaah, sila kedua melalui kegiatan saling menghormati di tengah perbedaan baik dalam lingkungan kelas maupun lingkungan sekolah, sila ketiga melalui kegiatan piket kelas, sila ke-empat melalui kegiatan diskusi kelas, dan sila kelima meliputi sikap saling menghargai dan bersikap adil ketika pembelajaran. Selain itu, adanya pengembangan nilai karakter gemar membaca melalui permainan tebak kata.
References
Amelia, M., & Ramadan, Z. H. (2021). Implementasi Pendidikan Karakter Melalui Budaya Sekolah di
Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(6), 5548-5555. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1701
Aprilia, A., & Nawawi, E. (2023). Penguatan Nilai-Nilai Pancasila Dalam Membentuk Karakter Peserta
Didik Melalui Budaya Sekolah. Jurnal Pengabdian West Science, 2(01), 109-120. https://doi.org/10.58812/jpws.v2i01.157
Course, S. (2014). ELT students’ use of teacher questions in peer teaching. Procedia-Social and Behavioral
Sciences, 158, 331–336. DOI:10.1016/j.sbspro.2014.12.096
Darmawan, D. (2018). Pendidikan Karakter Berbasis Budaya Sekolah di Sekolah Dasar Negeri Kraton
Yogyakarta. Basic Education, 7(39), 3-930.
Handayani, A., & Koeswanti, H. D. (2021). Meta analisis model pembelajaran problem based learning (pbl)
untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif. Jurnal Basicedu, 5(3), 1349-1355. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i3.924
Herlina, S., Suripah, S., Istikomah, E., Yolanda, F., Rezeki, S., Amelia, S., & Widiati, I. (2021). Pelatihan
Desain LKPD dalam Pembelajaran Matematika Terintegrasi Karakter Positif Bagi Guru-Guru Sekolah Menengah/Madrasah di Pekanbaru. Community Education Engagement Journal, 2(2), 27-34. https://doi.org/10.25299/ceej.v2i2.6561
Lestari, D., & Ain, S. Q. (2022). Peran Budaya Sekolah terhadap Pembentukan Karakter Siswa Kelas V
SD. MIMBAR PGSD Undiksha, 10(1). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v10i1.45124
Mulyasa, H. E. (2022). Manajemen pendidikan karakter. Bumi Aksara.
Rachmadyanti, P. (2017). Penguatan pendidikan karakter bagi siswa sekolah dasar melalui kearifan
lokal. JPsd (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar), 3(2), 201-214. http://dx.doi.org/10.30870/jpsd.v3i2.2140
Widat, F., Rozi, F., & Lestari, P. (2022). Pembiasaan Praktek Keagamaan Sholat, Mengaji, Doa, Asmaul
Husna (SMDH) dalam Meningkatkan Pendidikan Moral Anak. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(3), 4766-4775. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i3.2886
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Categories
License
Copyright (c) 2023 Nila Lailatul Khoiro
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.