Konsep Sistem Among Ki Hajar Dewantara dalam Merdeka Belajar

Authors

  • Lusi Aji Dwi Cahyani Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya

Keywords:

sistem among, Ki Hajar Dewantara, merdeka belajar

Abstract

Sistem pembelajaran saat ini tidak lepas dari pengaruh gagasan Ki Hajar Dewantara yaitu sistem among. Penerapan sistem among bertujuan untuk merubah proses belajar mengajar menjadi lebih baik dan terarah. Pada kebijakan merdeka belajar, pendidikan berkembang sesuai zaman. Merdeka belajar merupakan proses belajar peserta didik dalam menentukan tujuan pembelajaran, cara belajar, refleksi pembelajaran, dan hasil belajar. Inovasi penggabungan sistem among Ki Hajar Dewantara dan kebijakan merdeka belajar menciptakan suatu kebiasaan sekolah yang demokratis dalam belajar dan tetap terarah sesuai dengan tujuan pendidikan.

References

Aditomo, A. (2021). Kajian Akademik: Kurikulum Untuk Pemulihan Pembelajaran. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Pembelajaran Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi.

Haudi & Wijoyo, H. (2020). Dasar-Dasar Pendidikan. Jakarta: Insan Cendekia Mandiri.

Hidayat, R. & Abdillah. (2019). Ilmu Pendidikan: Konsep, Teori Dan Aplikasinya. Medan: Penerbit LPPPI.

Kurniawan, A., dkk. (2022). Dasar - Dasar Ilmu Pendidikan. Padang: PT. Global Eksekutif Teknologi.

Sumantri, M.S., & Yatimah, D. (2015). Pengantar Pendidikan. Banten: Universitas Terbuka – Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi.

Tjahjopurnomo, R. (2017). Ki Hajar Dewantara: Pemikiran dan Perjuangannya. Jakarta: Museum Kebangkitan Nasional – Direktorat Jenderal Kebudayaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Wangid, M. N. (2009). Sistem Among pada Masa Kini: Kajian Konsep dan Praktik Pendidikan. Jurnal Pendidikan Vol 39, No 2.

Wisnujati, N. S., dkk. (2021). Merdeka Belajar Merdeka Mengajar. Medan: Yayasan Kita Menulis.

Yanuarti, E. (2017). Pemikiran Pendidikan Ki Hajar Dewantara dan Relevansinya dengan Kurikulum 13. Jurnal Penelitian Vol 11, No 2.

Yusuf, M. (2018). Pengantar Ilmu Pendidikan. Palopo: Lembaga Penerbit Kampus IAIN Palopo.

Downloads

Published

2023-06-15

How to Cite

Cahyani, L. A. D. (2023). Konsep Sistem Among Ki Hajar Dewantara dalam Merdeka Belajar. PROSIDING NATIONAL CONFERENCE FOR UMMAH, 2(1), 189–193. Retrieved from https://conferences.unusa.ac.id/index.php/NCU2020/article/view/1084