Model Problem Based Learning (PBL) Berbantuan Video Meningkatkan Hasil Belajar Materi Manfaat Air

Authors

  • Siti Nur Imamatul Khusna Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya
  • Afib Rulyansah Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya
  • Lauhil Mahfudz Isman SDN Jemundo 1 Taman
  • Fatchur Rozi SDN Jemundo 1 Taman

Keywords:

Penelitian, Hasil Belajar, Siswa

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengidentifikasi peningkatan hasil belajar menggunakan pendekatan Problem Based Learning berbantuan video pembelajaran tentang manfaat air bagi kehidupan seperti untuk hewan, tumbuhan dan manusia di SDN Jemundo 1. Penelitian ditujukan untuk Siswa Kelas V SD Negeri Jemundo 1. Jenis penelitian yang diberikan adalah tindakan kelas dan untuk alat penelitian menggunakan lembar evaluasi. Berdasarkan hasil evaluasi terdapat peningkatan dalam setiap pembelajaran. Pada Siklus I diperoleh 37,5 % yang berhasil. Pada siklus II, hasil belajar siswa meningkat sebesar 87,5 %. Hasil belajar siswa dinilai melalui ujian pada akhir periode. Hal ini dapat dibuktikan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran berbasis masalah (PBL) dengan berbantuan video pembelajaran dapat memperbaiki hasil belajar siswa pada materi manfaat air bagi kehidupan di kelasV SD Negeri Jemundo 1.

References

Aliyyah, Rusi Rusmiati, Alfatia Amini, and Iman Subasman. 2021. “Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPA Melalui Penggunaan Media Video Pembelajaran.” Jurnal Sosial Humaniora 12 No 1:57.

Arikunto. 2015. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Askara.

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Firmansyah, Dani. 2015. “Pengaruh Strategi Pembelajaran Dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika.” Jurnal Pendidikan Unsika 3 No 1:36. doi: https://doi.org/10.35706/judika.v3i1.199.

Nurhasanah, Siti, and A. Soebandi. 2016. “Minat Belajar Sebagai Determinan Hasil Belajar Siswa.” Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran 1 No 1.

Rusman. 2011. Mode-Model Profesionalisme Guru. Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada.

Shoimin, Aris. 2014. Model Pembelajaran Inovatif Dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruz Media.

Surahman, Surahman, Ritman Ishak Paudi, and Dewi Tureni. n.d. “Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran IPA Pokok Bahasan Makhluk Hidup Dan Proses Kehidupan Melalui Media Gambar Kontekstual Pada Siswa Kelas II SD Alkhairaat Towera.” Jurnal Kraetif Online 3 No 4.

Downloads

Published

2023-06-15

How to Cite

Khusna, S. N. I., Rulyansah, A., Isman, L. M., & Rozi, F. (2023). Model Problem Based Learning (PBL) Berbantuan Video Meningkatkan Hasil Belajar Materi Manfaat Air. PROSIDING NATIONAL CONFERENCE FOR UMMAH, 2(1), 418–422. Retrieved from https://conferences.unusa.ac.id/index.php/NCU2020/article/view/1081