Praktik Literasi dalam Mewujudkan Pendidikan yang Memerdekakan Peserta Didik

Authors

  • Galih Clarantika Putri Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya

Keywords:

Literasi, Merdeka, Peserta didik

Abstract

Literasi merupakan kemampuan yang sedang digaungkan sebagai fokus utama pendidikan pada semua jenjang. Sekolah dasar sebagai pondasi awal pendidikan seseorang mempunyai peranan penting dalam menumbuhkan kemampuan literasi tersebut. Hal tersebut juga beriringan dengan paradigma baru pendidikan di Indonesia dalam wujud merdeka belajar. Segala macam bentuk pembelajaran yang dilaksanakan di sekolah dasar harus mampu menjembatani pendidikan yang memerdekakan peserta didik. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan peran praktik literasi dalam mewujudkan pembelajaran yang memerdekakan peserta didik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi literatur. Data dalam penelitian ini diperoleh dengan mengumpulkan sumber informasi 7 tahun terakhir dari artikel dan buku yang diperoleh secara online dan offline. Selanjutnya data tersebut dianalisis secara deskriptif. Berdasarkan hasil studi literatur dapat disimpulkan bahwa praktik literasi yang sesuai prinsip literasi dapat mewujudkan pembelajaran yang memerdekakan peserta didik.

References

Abdulah. (2017). Pendekatan dan Model Pembelajaran yang Mengaktifkan Siswa. Edureligi, 1 (1), 45-62

Ahmad, F., & Ibda, H. (2018). Media Literasi Sekolah: Teori dan Praktik. CV. Pila Nusantara.

Astini, N. K. (2022). Tantangan Implementasi Merdeka Belajar pada Era New Normal Covid 19 dan Era Society 5.0. Lampuyang, 13(1), 164-180.

Febriyanti. (2021). Implementasi Konsep Pendidikan menurut Ki Hajar Dewantara. Jurnal Pendidikan Tambusi, 5(1), 1631-1637.

Ginting, P., Hasna, Y., & Hasibuan, S. (2021). PKM Pelatihan Tindakan Kelas (PTK) Berbasis Student Centered Learning (SCL) bagi Guru SMP di Kecamatan Medan Deli. JURNAL PRODIKMA Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 58-72.

Kharizmi, M. (2021). Kesulitan siswa sekolah dasar dalam meningkatkan kemampuan literasi. Jurnal Raga, 2(3), 105-108.

Lisnawati, I., & Ertinawati. (2019). Literat Melalui Presentasi. Jurnal Metedukasi: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 1(1).

Mulyasa, H. (2021). Menjadi Guru Pengerak Merdeka Belajar. Bumi Aksara.

Oktiani, I. (2017). Kreatifitas guru dalam meningkatkan motiv belajar peserta didik. Jurnal kependidikan, 5(2), 216-232.

Purwo, S. (2017). Peran gerakan literasi sekolah dalam pembelajaran kreatif produktif di sekolah dasar. Karya Ilmiah Dosen, 3(1).

Rusmana, F. (2016). Memerdekakan Siswa Melalui Pendidikan: Relevansi Konsep Pemikiran Pendidikan Ki Hadjar Dewantara. Jurnal Pendidikan UNJ.

Rusdiyah, E. F. (2016). Program literasi efektif untuk anak Madrasah Ibtidaiyah. Journal of Islami Elementary School (JIES), 1(1), 29-38.

Sari, S. E. (2022). Mata Kuliah Pilihan Literasi Dasar Cetakan 1. Jakarta: Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.

Satriaman, K., Pujani, N. & Sarini, P. (2018). Implementasi Pendekatan Studen Centered Learning Dalam Pembelajaran IPA dan Relevansinya Dengan Hasil belajar Peserta Didik Kelas VIII SMP Negri 4 Singaraja. Jurnal Pendidikan dan pembelajaran Sain Indonesia, 1, 12-22.

Sibagariang, Sihotang, & Murniarti, E., (2021). Peran Guru Pengerak Dalam Pendidikan Merdeka Belajar Di Indonesia. Jurnal Dinamika Pendidikan, 14 (2).

Tianotak, Salamor, & Baker, R. (2022). Peran Literasi untuk Meningatkan Pemahaman Siswa dalam Pembelajaran PKN di MAN 3 Seram Bagian Timur. Jurnal Pendidikan Tam busai, 6 (2), 11552-11557

Yamin & Syahri (2020). Pembangunan pendidikan merdeka belajar (telah metode pembelajaran). Jurnal ilmiah mandala education. 6(1), 126-136.

Downloads

Published

2023-06-15

How to Cite

Putri, G. C. (2023). Praktik Literasi dalam Mewujudkan Pendidikan yang Memerdekakan Peserta Didik. PROSIDING NATIONAL CONFERENCE FOR UMMAH, 2(1), 296–300. Retrieved from https://conferences.unusa.ac.id/index.php/NCU2020/article/view/1080